September 17 2014
  • 1
Jakarta, ID - 25 °CHaze - Humidity: 78%
Advertisement

Telur Asin Aneka Rasa: Peluang Menjanjikan

By admin - Tue Dec 04, 3:11 pm

Telur asin yang sangat terkenal adalah dari daerah Brebes. Telur asin dari Brebes merupakan produsen yang terbesar di pulau Jawa. Produk ini sudah menjadi produk unggulan dan menjadi sebagian besar mata pencaharian warganya. Telur asin dari Brebes terkenal dengan kuning telurnya yang masir, kelezatannya dan rasa asinnya yang pas. Ketika telur dibelah, kuning telurnya akan mengeluarkan lelehan minyak seperti madu. Dan warna dan penampilan telur asin dari Brebes ini pasti menggugah selera mereka yang melihatnya. Karena banyaknya masyarakat yang suka sekali dengan jenis telur ini, tidak ada salahnya Anda meraihnya menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Telur asinTelur asin yang berkualitas selalu dibuat dari telur bebek/itik. Karena telur itik atau bebek mempunyai bau yang lebih amis jika dibandingkan dengan telur ayam, maka penggunaannya untuk membuat membuat berbagai jenis makanan lebih sedikit. Padahal kandungan gizi tang terkandung di dalamnya cukup baik. Kandungan yang ada di dalam telur bebek atau itik adalah protein, energy, lemak dan karbohidrat yang lebih tinggi daripada telur ayam. Selain itu, telur bebek juga mengandung banyak vitamin, antara lain vitamin B-12, vitamin B-6, vitamin A, vitamin E, riboflavin, thiamin, folate dan niacin.

Telur asin dari telur bebek atau itik juga mempunyai masa simpan yang lebih panjang, bisa mengurangi bau amis dan juga bisa menambah citarasanya. Selain itu, telur itik juga mempunyai pori-pori yang lebih besar dan hal ini akan semakin membuat proses penetrasi garam akan berlangsung lebih baik. Selain itu, ukuran kuning telurnya juga lebih besar daripada telur ayam dan warnanya juga lebih menarik.

Telur sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang, orang yang sedang sakit dan sedang dalam masa penyembuhan, ibu hamil dan menyusui dan juga para lansia. Telur cocok untuk dikonsumsi oleh semua kelompok umur dari juga dari semua lapisan masyarakat. Jadi, bisa dikatakan jika peminatnya cukup besar. Dan melihat kenyataan ini, maka peluang ini cukup menjanjikan dan sangat menarik untuk ditekuni.

Telur asin Brebes ini bisa Anda jadikan peluang usaha dengan anek macam rasa yang menjadi keunikan tersendiri bagi Anda. Misalnya telur asin rasa buah, rasa seafood, rasa bawang, dan lain sebagainya. Anda bisa mengembangkan sendiri aneka ragam rasa dan aroma telur asin. Nah, untuk bisa membuat telur asin dengan aneka macam rasa ini, dibutuhkan 3 tahap, yaitu pembersihan, pengasinan dan pembakaran dengan oven:

  • Tahap awal, bersihkan telur itik atau telur bebek dengan cara mencuci atau dilap dengan air hangat. Kemudian keringkan dan amplas seluruh permukaan telur agar pori-porinya terbuka. Jadi, rasa yang dihasilkan bisa meresap dengan lebih mudah.
  • Tahap selanjutnya adalah tahap pengasinan. Telur yang sudah bersih kemudian diasinkan dengan cara direndam dalam larutan serbuk batu bata halus atau abu gosok. Kemudian simpan di dalam tempat tertutup selama 1-2 minggu. Untuk tambahan bumbu di dalam serbuk batu bata atau abu gosok, Anda bisa menambahkan bumbu seafood, jus buah, bawang, atau bumbu lain yang sudah dihaluskan.
  • Langkah terakhir adalah dengan membakar atau memanaskan telur asin di dalam oven sekitar 2 jam. Proses ini berfungsi untuk mematangkan dan mengurangi rasa asin yang berlebihan.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement