November 21 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Teknik Pemasaran untuk Bisnis Jamur

By admin - Tue Jul 03, 4:35 pm

 

Pemasaran untuk bisnis jamur dibutuhkan untuk membuat usaha ini lebih meluas. Pemasaran untuk bisnis jamur yang baik harus mengerti strategi-strategi yang tepat. Karena sejatinya, memutuskan untuk terjun ke dalam bisnis bukanlah perkara mudah, terlebih usaha jamur. Di luar sana sudah banyak sekali para pesaing yang mengusung tema jamur sebagai bahan utama bisnis mereka. Itulah sebabnya Anda harus berjuang ekstra keras untuk bisa bertahan dan bersaing dengan para pesaing yang sudah ada.

Pemasaran untuk bisnis jamur

Jamur merupakan salah satu sumber makanan yang sangat diminati oleh konsumen. Budidayanya yang relative mudah juga menjadikan jamur sebagai salah satu jenis usaha yang paling digemari. Untuk itulah Anda membutuhkan beberapa teknik pemasaran yang tepat. Teknik pertama adalah penetrasi pasar. Anda bisa memperluas pangsa pasar yang sudah ada dengan teknik pertama ini. Realisasi dari teknik ini adalah Anda bisa melakukan promosi besar-besaran untuk menarik minat konsumen yang lebih besar. Hasilnya, mereka akan lebih memilih untuk mengkonsumesi produk jamur Anda daripada produk pesaing. Walaupun kuantitas yang utama, tetapi Anda juga harus ingat bahwa kualitas juga memegang peranan yang sangat penting. Jadi, pastikan kualitas produk Anda sesuai dengan standar pasar dan juga harga yang sesuai dengan target market.

Pemasaran untuk bisnis jamur juga membutuhkan teknik kedua, yaitu pengembangan pasar. Selain penetrasi pasar untuk mengembangkan pasar, Anda juga harus memperluas jangkauan yang sudah Anda miliki sebelumnya. Realisasinya adalah dengan memperluas jalur distribusi, yang biasanya hanya di satu kawasan tertentu, cobalah dengan mencari pasar di luar kawasan awal. Misalnya sebelumnya Anda memasarkan jamur Anda di sekitar Jawa Tengah, maka Anda juga harus mulai mencari celah untuk memasarkannya ke Jawa Barat, Jakarta, dan juga luar pulau Jawa.

Teknik ketiga adalah dengan pengembangan produk. Teknik ketiga ini akan mempengaruhi pengembangan pasar yang sudah dilakukan. Karena dengan beberapa produk baru yang lebih variatif, Anda akan mendapatkan hati para konsumen baru yang tadinya hanya ingin coba-coba produk Anda. Berikanlah nilai lebih pada produk baru Anda kepada para konsumen. Misalnya awalnya Anda hanya menjual jamur segar, tetapi sekarang Anda bisa berinovasi dengan mengembangkan produk jamur olahan. Contohnya adalah jamur crispy, keripik jamur tiram, burger jamur, sate jamur, dan lain sebagainya. Karena tidak semua orang bisa mengolah jamur segar, maka produk olahan jamur ini akan menutup celah tersebut. Dapat dipastikan bahwa konsumen Anda akan meningkat dari hari ke hari dnegan inovasi ini.

Pemasaran untuk bisnis jamur juga bisa dilakukan dengan teknik keempat, yaitu dengan diversifikasi produk. Diversifikasi produk bisa menjaring lebih banyak konsumen baru. Realisasi dari teknik ini adalah dengan membuka paket wisata agrobisnis jamur, pelatihan budidaya jamur, restoran serba jamur, dan lain sebagainya. Diversifikasi ini akan memperkuat jangkauan brand usaha Anda di tengah semakin ketatnya persaingan pasar. Strategi ini bermanfaat untuk meningkatkan ketertarikan dan minat para konsumen terhadap produk jamur. Dengan diversifikasi, maka Anda akan mengarahkan para konsumen untuk lebih mengenal manfaat jamur. Sehingga keinginan dan kegemaran mengkonsumsi jamur pada konsumen akan semakin meningkat, yang artinya akan meningkatkan omset penjualan Anda.

Teknik-teknik tersebut di atas tidak boleh langsung Anda telan mentah-mentah. Artinya, Anda juga harus menggunakan kreatifitas Anda untuk memberikan pelayanan yang terbaik dengan kualitas unggulan. Sehingga inovasi dan bisnis jamur Anda akan berkembang semakin besar dan dikenal oleh banyak orang. Semoga sukses.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS