August 30 2014
  • 1
Jakarta, ID - 32 °CPartly Cloudy - Humidity: 62%
Advertisement

Tarik Malaysia Sebagai Pangsa Pasar

By admin - Fri Nov 30, 11:52 am

Malaysia sebagai pangsa pasar ternyata menjanjikan keuntungan yang sangat besar. Malaysia sebagai pangsa pasar tidak begitu sulit ditembus jika Anda mampu melihat jalan yang tepat. Masyarakat dan pengusaha negeri jiran itu menyukai kerajinan yang unik, khas dan juga sulit ditiru dari Indonesia. Jika Anda mempunyai usaha jenis ini, maka bersiaplah untuk meraup keuntungan di negeri tetangga. Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan ekspor Indonesia ke Malaysia.

Malaysia sebagai pangsa pasarJika Anda berpikir bahwa daya beli masyarakat Malaysia yang besar menjadi satu-satunya alas an mengapa pasar ini berpotensi besar, maka Anda masih salah menyikapinya. Ada hal lain yang bisa memuluskan jalan Anda ke pasar Negara ini, yaitu kesesuaian selera masyarakat Malaysia dengan produk fashion, kerajinan dan produk lifestyle di Indonesia. Inilah yang menjadi kunci utamanya. Ditambah lagi, masih banyak Tenaga Kerja Indonesia yang bekerja di banyak bidang di Malaysia, misalnya di perusahaan multinasional sampai di perkebunan dan kilang. Hal inilah yang menjadikan produk Indonesia masih mendominasi pasar di Malaysia.

Malaysia sebagai pangsa pasar walaupun sangat besar kemungkinannya, Anda tetap harus memperhatikan beberapa hal dan kendala yang seringkali muncul. Pertama adalah selera pasar. Produk Indonesia memang digemari masyarakat Malaysia tetapi Anda sebagai pelaku bisnis juga harus mampu mencermati selera pasar secara lebih detail. Misalnya busana Muslim. Walaupun produk fashion dan busana muslim dari Indonesia sangat digemari, tetapi tidak semuanya laku terjual. Karena mereka lebih menyukai model kaftan dan abaya, sedangkan untuk model celana panjang dan tunik mereka tidak menyukainya. Untuk pemilihan warna yang cerah dengan detail payet dan manik juga mempunyai peminat yang banyak. Untuk mukena juga sangat digemari tetapi hanya yang berwarna putih. Nah, detail-detail seperti itu yang harus Anda perhatikan.

Malaysia sebagai pangsa pasar juga tetap harus diperhatikan hal kedua, yaitu penetapan harga. Di Indonesia, masyarakat Malaysia terkenal suka belanja dalam jumlah yang besar, terutama di daerah Bandung dan tanah Abang. Jadi, mereka tahu harga. Nah jika Anda menawarkan produk Indonesia di sana, Anda juga harus menetapkan harga yang tepat, jangan asal menaikkan harga jual. Perhitungan harga jual dengan merinci biaya produksi, pengiriman dan juga keuntungan. Jangan menjual barang terlalu mahal karena mereka juga akan menghitung.

Ketiga, manfaatkan pameran. Untuk memperkenalkan produk Anda di pasar Malaysia, ikuti pameran yang ada. Karena di ajang seperti ini biasanya kerjasama bisnis terjadi. Jadi, Anda juga bisa meneukan distributor atau agen yang tepat. Jadi, nantinya Anda bisa dengan mudah memasok produk dari Indonesia ke Malaysia dan meraih keuntungan besar. Orang Malaysia tidak mempunyai produk kerajinan tapi mereka mempunyai National Craft Day setiap tanggal 22 Maret. Jadi slama dua minggu mereka melakukan kegiatan yang berhubungan dengan kerajinan. Momen seperti inilah yang harus Anda manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement