November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Target Transaksi Turis Lokal

By admin - Wed Jan 04, 2:21 pm

Target transaksi turis lokal memang bukan hanya isapan jempol belaka. Target transaksi turis lokal bisa direalisasikan dengan bantuan teknis Pemerintah yang didukung juga oleh infrastruktur terkait. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sudah menargetkan bahwa pada tahun ini potensi wisatawan domestic bisa mencapai 128 juta orang dengan nilai transaksi sebesar Rp 171,5 triliun. Pencapaian tersebut diprediksi dapat diraih pada triwulan ke tiga. Tetapi meski belum ada data secara keseluruhan, Pemerintah optimis bahwa target tersebut akan tercapai.

Di lain sisi, wisatawan asing pada tahun 2012 menargetkan dapat mendatangkan delapan juta orang atau naik dari jumlah wisatawan asing pada 2011 yang mencapai 7,6 juta orang. Nilainya sekitar Rp 8 miliar, tetapi bisa mendekati target Pemerintah di Rp9 miliar. Jika dibandingkan dengan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia, industri pariwisata mempunyai kontribusi langsung terhadap PDB sebanyak tiga persen. Tetapi, kalau kontribusi tidak langsung itu sekitar 8-9 persen. Jadi, itu multiplier effect. Misalnya, kalau ada turis membeli suvenir dapat menghidupkan masyarakat sekitar daerah wisata.

Target transaksi turis lokal pada tahun 2012 saat ini masih belum mencapai double digit. Tetapi cukup besar, yaitu sebesar 8-9%. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga menargetkan jumlah wisatawan mancanegara yang akan datang ke Indonesia pada 2012 mendatang mencapai 8 juta orang. Jumlah wisman yang mengunjungi Indonesia 2011 mencapai 7,6 juta orang.  Target diharapkan optimis wisman menembus 8 juta orang. Target 8 juta orang ini di atas jumlah wisman yang mengunjungi Indonesia pada 2011 lalu yaitu mencapai 7,6 juta turis. Padahal target pemerintah pada 2011 lalu mendatangkan turis asing sebanyak 7,1 juta orang.

Sedangkan untuk turis lokal, ditargetkan pada 2012 mendatang wisatawan domestik mencapai 245 juta perjalanan, naik 2,94 persen dibandingkan jumlah 2011 yang mencapai 238 juta perjalanan. Karena jika target ini terlampui, maka dapat menggerakan ekonomi kreatif. Karena walaupun dunia sedang mengalami krisis global, ternyata sector pariwisata tidak begitu terpengaruh. Dari sini bisa disimpulkan jika sector pariwisata tidak rentan terhadap krisis. Data 2009 menunjukkan, di tengah krisis ekonomi dunia, pariwisata Indonesia naik tipis 0,36 persen. Padahal ekspor turun 14 persen.

Target transaksi turis lokal di Indonesia selalu menorehkan catatan penting. Yakni selalu melebihi target yang ditetapkan sebelumnya dan juga tidak rentan terhadap krisis karena manusia selalu membutuhkan hiburan. Berdasarkan pengalaman 2009 itulah, Pemerintah optimistis jumlah wisatawan baik domestik maupun asing akan terus meningkat pada 2012 mendatang. Hal itu merupakan potensi bisnis yang harus ditangkap oleh pengusaha muda. Berdasarkan tren 2009, wisatawan asing menghabiskan uang sebesar US$1,000 per orang selama liburan. Sedangkan wisatawan nusantara menghabiskan Rp600 ribu per orang.

Wisatawan asing menghabiskan uangnya 30 persen untuk hotel, 28 persen untuk wisata kuliner, 15 persen untuk belanja dan 6,5 persen untuk menonton pertunjukan seni dan budaya. Sedangkan untuk wisatawan nusantara menghabiskan 30 persen belanja, 15 persen untuk wisata kuliner, dan 3,7 persen untuk pertunjukan seni dan budaya. Karena orang Indonesia lebih banyak belanja untuk oleh-oleh. Wisatawan asing terbanyak yang datang ke Indonesia berasal dari Australia, China, Timur Tengah dan Rusia. Wisatawan asal Rusia biasanya menginap selama 2 minggu sedangkan wisatawan asal China biasanya menginap 3-5 hari. Wisatawan Rusia biasanya mencari suvenir yang mahal sedangkan wisatawan China biasanya mencari suvenir yang murah sekali atau sekalian yang mahal. Hal ini merupakan peluang bagi pengusaha Indonesia untuk menggarap industri pariwisata. Banyaknya turis Rusia membuka peluang pengusaha yang ingin membuka restoran Rusia. Potensi pariwisata terbesar berada di daerah Lombok dan Tanjung Lesung. Untuk itu pemerintah mendorong investasi dalam negeri dan asing untuk membangun infrastruktur Indonesia seperti airport, pelabuhan untuk menunjang sektor pariwisata.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on Target Transaksi Turis Lokal