December 6 2016
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Tantangan dan Kesalahan dalam Menjalani Usaha Sampingan

By - Mon Sep 22, 4:41 pm

Menjalani usaha sampingan memang masih dianggap sebelah mata. Padahal jika ditekuni dengan serius, menjalani usaha sampingan bisa memberikan hasil yang besar setiap bulannya. Karena usaha sampingan biasanya bermodal kecil maka untuk memutarkan modal dan mengambil keuntungan juga harus lebih bersabar dan berusaha keras. Di sinilah kebanyakan pelaku usaha sampingan mulai merasa mendapat kendala, yaitu mereka mulai melepas usahanya karena merasa kesuksesan yang diharapkan belum juga mendekat.

Menjalani usaha sampinganPelaku usaha sampingan juga harus mempunyai strategi bisnis yang ampuh agar tidak mudah terombang-ambing oleh keadaan dan agar modal yang Anda gunakan tidak habis begitu saja tanpa ada hasil. Nah untuk Anda yang ingin memulai bisnis sampingan, Anda harus mempunyai strategi dan mengetahui kelemahan-kelemahan yang ada pada bisnis ini sehingga Anda bisa menutupinya dan akhirnya selamat sampai menggenggam kesuksesan:

  • Terlalu menyepelekan usaha sampingan. Menjalani usaha sampingan apapun bentuknya tidak boleh disepelekan. Karena walaupun keuntungannya belum lah sebesar gaji pokok Anda sebagai pegawai, tetapi lama-kelamaan akan menunjukkan peningkatan dan bahkan bisa menjadi bisnis utama Anda di masa yang akan datang. Sebenarnya hal ini merupakan masalah psikologis, dimana keyakinan seseorang akan berpengaruh pada sikap dan sifat seseorang terhadap sesuatu. Jika Anda optimis dan yakin suatu saat akan berhasil dengan bisnis ini, maka yakinlah. Yakinlah bahwa suatu saat bisnis Anda akan membesar dan keuntungan yang Anda dapatkan juga tinggi. Jadi, jangan menyerah jika menghadapi rintangan sekecil apapun. Terus semangat dan berjuang.
  • Salah memilih jenis usaha. Pemerintah memang sudah mulai aktif dalam memberikan dukungan berupa modal untuk mereka yang ingin membuka usaha. Tetapi kemudahan ini juga bisa menjadi kendala pada para pelaku usaha. Di luar sana masih banyak orang yang hanya ikut-ikutan saja untuk mendapatkan modal bantuan dari pemerintah dan hanya ikut-ikutan bisnis yang sedang menjadi trend saat itu tanpa mempelajari bisnis yang akan dijalaninya. Padahal sekali Anda salah memilih bisnis yang tepat, maka modal yang Anda keluarkan juga kemungkinan besar bisa hilang begitu saja. Untuk menjadi pelaku usaha, sekalipun itu usaha sampingan, Anda harus bisa melakukan analisis yang kuat baik terhadap pangsa pasar maupun kemampuan Anda sendiri. Satu kesalahan dalam memilih bisnis bisa merembet dan menyebabkan kesalahan- kesalahan yang lain. Jadi sebelum Anda memulai sebuah bisnis, sebaiknya Anda memilih dan menimbang terlebih dahulu bisnis mana yang paling cocok dengan keuangan, bakat dan kemampuan Anda.

Perencanaan strategi usaha yang salah. Menjalani usaha sampingan harus mempunyai strategi yang sesuai dengan SOP atau Standar Operasional Prosedur dari bisnis yang akan Anda kerjakan. Strategi bisnis ini akan memberikan gambaran dan panduan tentang apa saja yang harus Anda lakukan dan keputusan apa yang harus Anda tentukan. Ada banyak hal yang masuk dalam strategi ini, meliputi siapa supplier Anda, jenis produk apa yang akan Anda jual, kapan waktu Anda membuka bisnis Anda, dimana lokasi bisnis yang akan Anda pilih, bagaimana sistem promosi yang akan Anda pilih, dan lain sebagainya.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • 0 Comments

  • Fatal error: Call to undefined function the_ratings() in /home/infoduit/public_html/wp-content/themes/peluangbisnis/lib/hooks.php on line 513