November 18 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Taktik Sukses Berbisnis Kuliner Secara Online

By admin - Thu Jan 30, 12:26 pm

Sukses berbisnis kuliner seharusnya tidak hanya difokuskan secara riil saja tetapi juga secara online. Sukses berbisnis kuliner secara online tentunya mempunyai taktik tertentu yang sedikit berbeda dengan penerapan pada system pemasaran bisnis secara riil. Produk kuliner bisa dibilang bisnis yang sedang menjadi hit. Banyak yang beramai-ramai membuka bisnis kuliner dengan memanfaatkan mudah dan murahnya internet. Bahkan tidak sedikit yang awalnya hanya menerima pesanan dari online kemudian bisa membuka tempat secara offline.

Sukses berbisnis kulinerJika dulunya bisnis kuliner dianggap bisnis dengan modal yang cukup besar, maka sekarang tidak lagi. Anda hanya perlu mempunyai keahlian dan kemauan kuat untuk memulainya. Berikut ini beberapa taktik sederhana yang bisa Anda lakukan untuk membuka atau memperbesar bisnis kuliner Anda:

  • Pikirkan bagaimana caranya agar makanan yang Anda jual terlihat menarik secara visual. Tampilan secara visual adalah modal utama untuk bisa menarik pembeli. Jika tampilan visual produk Anda meyakinkan, dan pastinya ditunjang dengan rasa yang lezat, maka rasa penasaran orang pun akan meningkat. Kalaupun kepercayaan mereka sudah Anda dapatkan, maka pemasaran secara mulut ke mulut akan berjalan dengan sendirinya.
  • Pastikan Anda mempunyai satu menu andalan. Sukses berbisnis kuliner akan semakin mendekat jika Anda menentukan satu menu andalan Anda. Tampilkan foto menu andalan tersebut semenarik mungkin, dan jika perlu, tambahkan aksesoris yang cantik dan menarik di sekelilingnya. Pastikan foto tersebut otentik dan mencolok sehingga menggugah rasa penasaran orang-orang.
  • Tampilkan detail setiap produk. Hal ini karena konsumen yang kita bidik dari dunia maya dan mereka tidak bisa mencicipi langsung produk yang Anda tawarkan. Pastikan detail makanan harus Anda tampilkan, seperti bahan dasar, rasa dan lain sebagainya. Dengan begitu, setelah melihat gambarnya, calon konsumen bisa memperkirakan rasanya dan memutuskan apakah akan lanjut membelinya atau tidak. Siasati juga dengan penambahan kata-kata menggoda di dalamnya dan testimoni konsumen.
  • Buatlah toko online, baik yang berbayar atau gratis (seperti memanfaatkan social media). Pastikan desain yang Anda pilih menarik dan berhubungan dengan jenis usaha Anda.
  • Perhatikan jenis pemasaran yang Anda lakukan. Maksimalkan peran situs jejaring social, seperti Twitter dan Facebook. Anda bisa mengunggah foto-foto maupun promo-promo yang sedang berlangsung dan tag ke teman-teman atau konsumen Anda. Mulailah dari sahabat yang paling dekat terlebih dahulu.
  • Pastikan kualitas rasa. Sukses berbisnis kuliner pastilah selalu tentang rasa. Walaupun calon konsumen tidak langsung mencicipi, tetapi pastikan mereka puas dengan rasa makanan Anda begitu mereka memutuskan untuk membeli.
  • Berikan pelayanan super. Konsumen di dunia maya juga ingin dilayani dengan cepat. Jadi, pastikan Anda meluangkan waktu untuk menanggapi setiap order atau pertanyaan konsumen.

Pastikan Anda menerapkan manajemen professional.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS