November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Taktik Pemasaran untuk Pengoptimalan Pasar Lokal

By admin - Tue Jul 03, 4:39 pm

 

Pengoptimalan pasar lokal tidak kalah pentingnya dengan mengembangkan pasar baru. Pengoptimalan pasar lokal ini tentu saja tidak bisa dilepaskan dari kegiatan bisnis apapun. Ada banyak media yang bisa dimanfaatkan untuk proses pengoptimalan pasar local sampai akhirnya bisa menembus pasar Nasional dan pasar Internasional. Hal ini merupakan mimpi bagi sebagian besar pengusaha bukan? Karena selain akan memberikan profit yang berlimpah juga akan mengharumkan nama daerah dan Negara.

Pengoptimalan pasar lokal

Untuk langkah awal sebelum Anda melangkah di pasar Nasional dan Internasional adalah menapakkan kaki di pasar local terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa taktik atau strategi yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan pasar lokal dan memperluas pemasaran produk Anda. Taktik pertama adalah dengan memulai memasang iklan di dalam majalah atau surat kabar loka. Taktik ini cukup efektif karena masyarakat sekitar masih membaca majalah dan Koran local setiap hari untuk mencari informasi. Dan pastinya majalah dan Koran local ini mempunyai jumlah pembaca yang cukup besar. Itulah yang membuat kesempatan untuk mendapatkan konsumen lebih besar.

Pengoptimalan pasar lokal juga bisa dilakukan dengan taktik kedua, yaitu dengan memasang iklan di papan reklame. Tidak sembarang papan reklame yang bisa Anda manfaatkan, tetapi harus memilih papan reklame yang terletak di kawasan strategis, misalnya jalan raya dan tempat keramaian. Selain memilih tempat yang strategis, Anda juga harus membuat iklan yang menarik agar para calon konsumen bisa dengan membaca informasi yang Anda berikan sampai timbul ketertarikan untuk mencoba produk Anda.

Taktik ketiga adalah dengan menjadi sponsor untuk kegiatan di lingkungan sekitar. Di beberapa sekolah atau kampus, biasanya sering mengadakan acara seperti konser, jalan sehat, dan lain sebagainya. Dan biasanya mereka juga mencari sponsor bagi acara tersebut. Di sinilah kesempatan Anda. Anda bisa memberikan dana atau produk Anda sebagai bentuk dukungan dan penarik simpati masyarakat. Tentu saja Anda juga harus menyaring proposal pengajuan promosi mana yang sesuai dengan target market Anda. Jika produk Anda mempunyai target market kalangan anak muda, Anda bisa mensponsori kegiatan sekolah atau kampus. Hal ini berfungsi untuk memperkenalkan dan mendekatkan produk Anda kepada khalayak ramai.

Pengoptimalan pasar lokal juga bisa dilakukan dengan taktik yang keempat, yaitu dengan membagikan brosur atau panflet di tempat umum. Membagikan pamflet atau brosur akan lebih memberikan gambaran pada calon konsumen terhadap produk atau jasa Anda. Serta mereka akan mengetahui informasi yang mereka harapkan, misalnya Anda memberlakukan masa promosi, tempat cabang baru, jenis produk, tipe pelayanan, harga, dan lain sebagainya.

Taktik kelima adalah dengan memperkenalkan logo atau slogan produk di setiap kesempatan. Hal ini perlu diterapkan untuk mengambil hati para konsumen maupun calon konsumen. Anda bisa memulainya dengan memakai pakaian maupun perlengkapan lain yang mencantumkan slogan dan logo perusahaan Anda. Misalnya Anda memberikan seragam kepada para pegawai Anda yang ada slogan dan logo usaha Anda. Hal ini selain membuat pemandangan lebih terlihat rapih juga akan membuat pembeda dari para pesaing Anda yang lain. Dari uraian di atas tentang pentingnya mengenakan taktik dalam memenangkan pasar, Anda juga harus mulai mengetahui bahwa sedikit saja taktik yang Anda gunakan akan sangat berpengaruh pada kelangsungan usaha Anda. Jadi, Anda tidak boleh menyepelekan hal sekecil apapun di dalam bisnis. Semangat berbisnis!

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS