November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Taktik Merintis Usaha Sampingan

By admin - Mon Sep 17, 5:00 pm

 

Usaha sampingan bisa dirintis secara professional atau dengan cara kekeluargaan sesuai dengan keinginan dan kemampuan Anda. Usaha sampingan bisa menjadi usaha yang menjanjikan untuk bisa menghasilkan penghasilan tambahan. Namun sayangnya, masih banyak masyarakat yang malas atau merasa kecil hati jika diminta untuk mencari usaha sampingan. Masih banyak karyawan, mahasiswa maupun Ibu rumah tangga yang masih kebingungan untuk memulai sebuah usaha sampingan yang menguntungkan dan tidak terlalu banyak menyita waktu. Lalu darimana dan bagaimana cara untuk memulai sebuah bisnis sampingan? Berikut adalah taktik yang bisa Anda lakukan untuk merintis usaha sampingan dengan modal yang kecil.

Usaha sampingan

1)  Mulailah dengan keterampilan Anda. Anda bisa memanfaatkan keterampilan Anda sebagai modal utama. Jadi, Anda tidak perlu terlalu bergantung pada modal uang yang besar. Anda bisa merintis usaha Anda dengan kepiawaian atau keterampilan yang Anda miliki. Anda tidak perlu muluk-muluk untuk membayangkan model usaha yang terlalu besar. Karena Anda bisa menyesuaikan usaha Anda dengan kemampuan keuangan Anda, yaitu mulailah dengan usaha kecil yang bisa Anda rintis dengan modal potensi maupun keterampilan yang Anda miliki. Misalnya, usaha jasa penterjemah, jasa les private, fotografer freelance, penulis artikel media online, broker property, kursus memasak, kursus kecantikan, kursus menjahit, jasa pembuatan website, dan lain sebagainya.

2)  Usaha sampingan bisa dimulai dengan hobi Anda. Karena selain keterampilan, hobi juga bisa Anda pilih sebagai salah satu taktik untuk bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Misalnya untuk Anda yang hobi melukis, Anda bisa memproduksi berbagai macam produk tas lukis, jilbab lukis, sepatu lukis atau kaos lukis. Selain itu, untuk Anda yang hobi masak-memasak, Anda bisa mencoba beragam resep baru yang belkangan ini sedang booming di pasaran dan memasarkannya, misalnya rainbow cake, cupcakes, cookies dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk tetap berkreasi pada produk apapun yang Anda buat.

3)  Mulailah dengan melihat potensi pasar di sekitar Anda. Karena setiap orang dengan aktivitas dan kegiatan yang berbeda-beda juga mempunyai kebutuhan yang berbeda. Misalnya kebutuhan mahasiswa dengan kebutuhan Ibu rumah tangga tentu saja berbeda. Hal inilah yang kemudian bisa Anda angkat sebagai peluang usaha. Anda bisa memulainya dengan mengamati kebutuhan pasar di sekitar Anda dan kemudian penuhi kebutuhan mereka untuk bisa mendatangkan untung besar setiap bulannya. Misalnya jika Anda seorang mahasiswa, Anda bisa menjual buku-buku perkuliahan atau jilbab modis untuk teman-teman kuliah Anda. Kemudian jika Anda seorang karyawan, Anda bisa mencoba usaha fashion untuk kenalan Anda yang kebanyakan berprofesi sama, yaitu sebagai karyawan. Usaha fashion ini bisa berupa tas kerja, sepatu kerja, busana kerja, jilbab kerja, dasi, dan lain sebagainya. Jika Anda Ibu rumah tangga, Anda bisa menjalankan usaha makanan. Bisa catering untuk kantor atau kos-kosan, makanan bayi, membuka tempat penitipan anak, membuka produk fashion untuk anak, warung makan, dan lain sebagainya. Tentu saja Anda harus bisa memilih sesuatu yang bisa membuat Anda lebih menikmati usaha tersebut, pilihlah usaha sesuai dengan hobi atau minat Anda. Sehingga walaupun dilakukan sebagai sampingan, tetap memberikan dampak yang signifikan.

Usaha sampingan yang Anda pilih harus mempunyai passion tersendiri terhadap Anda. Hal ini akan membuat Anda lebih bersemangat dan antusias dalam menjalankannya. Dengan taktik tersebut di atas, mudah-mudahan bisa membantu Anda untuk mendapatkan usaha pilihan Anda dengan lebih mudah.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS