November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Sukses Berkarir

By admin - Tue Apr 10, 4:50 pm

Sukses berkarir memang merupakan harapan dan tujuan bagi sebagian besar orang. Sukses berkarir harus segera disiapkan saat pertama kali Anda menapaki dunia kerja, yaitu dengan cara sebagai berikut. Pertama, keterampilan teknis. Tanpa keterampilan ini Anda tidak akan mampu melaksanakan pekerjaan pada bidang-bidang tertentu. Misalnya Anda bekerja sebagai IT staff dalam suatu perusahaan, maka kemampuan teknis dalam hal programmingnetworkinghardware atau database haruslah Anda miliki.

sukses berkarir

Kedua, keterampilan manajerial. Keterampilan manajerial merupakan keterampilan konseptual untuk memberdayakan berbagai sarana dan fasilitas pendukung bidang kerja Anda. Misalnya, Anda seorang kepala unit logistik di sebuah Bank, maka ketika Anda berencana membuka kantor cabang baru, anda harus mampu mengelola dan men-sinergikan sumber daya-sumber daya pendukung seperti kontraktor perencana pembangunan kantor cabang, kontraktor mechanical electrical, Unit Kerja pengelola Sistem TI-nya, Unit kerja pengelola publikasi dsb. Ketiga, keterampilan interpersonal. Hal ini terkait dengan kamampuan Anda yang diperlihatkan secara nyata ketika Anda mengadakan kerjasama, negosiasi, melobi, membangun jaringan kerja, dan lain sebagainya.

Sukses berkarir juga membutuhkan hal keempat, yaitu citra diri yang benar. Keterampilan-keterampilan di atas, mungkin sudah Anda fahami dengan baik. Namun satu bekal lagi yang acap kali dilupakan banyak orang adalah hadir dengan citra diri yang benar (Right Image). Visualisasikan dalam pikiran Anda yang ingin Anda bentuk. Evaluasi diri Anda sendiri di masa sekarang dan lengkapi diri Anda dengan atribut dan kualitas kepribadin yang Anda butuhkan/belum Anda miliki, seperti memberi perhatian kepada rekan kerja, sportifitas terhadap masukan konstruktif (open mind), memberi kepercayaan kepada bawahan, toleransi terhadap peer, hindari sikap-sikap kasar dan kaku.

Untuk tips sukses dalam berkarir dan menjadi karyawan andalan perusahaan, Anda bukan hanya harus mencapai target tapi melebihinya. Satu kunci yang harus Anda pelihara dengan baik yaitu kepercayaan. Memiliki kepercayaan dengan reputasi yang jempolan bisa melancarkan jalan sukses karir Anda. Untuk itu juga ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan lakukan dengan baik-baik. Ada jurus-jurus jitu yang bisa Anda lakukan untuk mengejar cita-cita Anda menjadi karyawan. Pertama, Anda harus punya nilai tambah pada setiap tugas. Sebagai karyawan tentu saja setiap hari Anda harus memenuhi job description yang telah ditetapkan. Ternyata melengkapi semua pekerjaan itu belum cukup membuat anda dianggap sebagai karyawan yang bisa diandalkan. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat pekerjaan Anda berada di atas standar.

Sukses berkarir juga didasari oleh nilai tambah bagi setiap tugas yang Anda berikan. Misalkan Anda seorang fotografer. Bukan hanya syarat tuntutan gambar saja yang harus Anda selesaikan. Tapi coba berikan pilihan ide-ide terbaik Anda kepada atasan. Sehingga Anda dinilai sebagai karyawan yang kreatif. Biasakan berpikir kreatif. Selanjutnya adalah pandai mencari solusi. Untuk hal yang satu ini anda dituntut untuk selalu bersikap proaktif. Carilah solusi sebanyak mungkin untuk semua permasalahan yang ada di kantor. Jangan membawa masalah. Tak perlu berpikir keras untuk mendapatkan solusi terbaik.

Selanjutnya, berpikirlah dengan kepala yang jernih. Anda tak harus hebat tapi cukup sederhana. Karena solusi sederhana akan lebih efisien karena mudah dilakukan dan tak memakan banyak waktu terbuang. Anda tak perlu ragu untuk menerima tugas tambahan. Jangan takut dianggap penjilat atau sok sibuk. Semua yang Anda lakukan sepenuhnya demi kepentingan perusahaan. Siapa yang tidak senang bisa bekerja dalam perusahaan yang kian hari semakin meningkat. Hal ini tentu saja beresiko bagi Anda. Anda harus siap kerja lembur untuk menyelesaikan tugas Anda dan tambahannya. Jangan lalaikan kewajiban Anda.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS