November 15 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Strategi untuk Mengambil Hati Konsumen

By admin - Tue Jul 03, 4:36 pm

 

Strategi untuk mengambil hati konsumen merupakan salah satu kunci sukses berbisnis. Strategi untuk mengambil hati konsumen akan membantu Anda untuk memuaskan konsumen terhadap produk atau jasa Anda. Karena di dalam bisnis apapun, peran konsumen sangat besar. Karena jika tidak mempunyai konsumen, usaha sebesar apapun pasti akan gulung tikar. Untuk itulah Anda tidak hanya harus menjaring konsumen sebanyak-banyaknya, tetapi Anda juga harus mempertahankan mereka dengan kualitas produk dan layanan yang sangat baik.

Strategi untuk mengambil hati konsumen

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan maupun hal-hal yang harus Anda hindari dalam memenangkan hati para konsumen. Untuk hal-hal yang harus Anda perhatikan adalah sebagai berikut. Pertama, ciptakan kesan pertama yang menyenangkan. Sebelum mereka mengkonsumsi produk atau menikmati jasa Anda, sambutlah mereka dengan sopan dan friendly. Buatlah mereka senang dengan sambutan yang Anda berikan. Prinsip 3S+1A (senyum, salam, sapa, dan antusias) harus benar-benar diterapkan dalam bisnis Anda setiap kali mereka datang atau menelpon. Hal ini akan memberikan kesan positif di hati para konsumen yang akan membuat mereka nyaman membeli produk atau jasa Anda. jadi, kemungkinan besar mereka akan datang lagi ke bisnis Anda.

Strategi untuk mengambil hati konsumen yang kedua adalah dengan memberikan nilai lebih untuk para konsumen. Anda tidak hanya harus memberikan apa yang mereka inginkan tetapi berilah nilai lebih pada apa yang mereka harapkan. Mulai sekarang, mulailah berinisiatif untuk memberikan nilai lebih kepada para konsumen Anda, misalnya dengan memberikan produk, ide, atau jasa yang lebih daripada yang mereka harapkan sebelumnya. Hal ini pasti akan memberikan tambahan kepercayaan bagi mereka.

Strategi yang ketiga adalah dengan memandang konsumen sebagai orang penting. Jika Anda sering mendengar istilah “pembeli adalah raja”, maka istilah tersebut sangat tepat. Hal ini akan membuat konsumen merasa dihargai dan nyaman. Sehingga mereka tidak akan berpindah ke produk para pesaing Anda yang lain. Strategi yang keempat adalah dengan menjadikan konsumen sebagai teman. Dengan tidak mengurangi rasa hormat, Anda harus menjadi teman yang baik bagi para konsumen. Hal ini akan membantu Anda mendapatkan loyalitas konsumen. Jadi, mereka akan tetap merasa nyaman dan semakin dekat. Sehingga mereka akan lebih loyal untuk berlangganan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Strategi untuk mengambil hati konsumen juga mencakup beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan karena akan merusak kepercayaan dan kenyamanan konsumen Anda. Hal pertama yang tidak boleh Anda lakukan adalah berdebat dengan konsumen. Hindari perdebatan karena selain tabu, juga akan membuat konsumen merasa tidak dihargai. Jika konsumen Anda sudah merasa tidak dihargai, maka mereka akan memberikan catatan hitam bagi bisnis Anda. Hal kedua yang harus Anda hindari adalah membuat konsumen menunggu. Para konsumen tidak akan senang menunggu untuk mendapatkan produk atau jasa yang mereka inginkan. Untuk itulah, usahakan Anda melayani konsumen sesegera mungkin.

Hal ketiga yang harus Anda hindari adalah melayani konsumen seperti mesin. Walaupun pelayanan dengan mesin lebih teratur, tetapi seringkali para konsumen lebih suka dilayani oleh Anda secara social. Hal keempat yang harus dihindari adalah menyamaratakan setiap konsumen. Anda harus mengerti karakteristik masing-masing konsumen dan Anda harus melayaninya sesuai dengan karakteristik mereka masing-masing. Karena setiap konsumen membutuhkan solusi yang berbeda sesuai dengan masalah yang mereka hadapi. Hal kelima yang harus Anda hindari adalah dengan mengesampingkan kepentingan konsumen. Hal ini tentu saja akan membunuh bisnis Anda sendiri secara perlahan, karena konsumen adalah kunci utama bagi kelangsungan bisnis Anda. Semoga sukses.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS