July 24 2014
  • 1
Jakarta, ID - 26 °CPartly Cloudy - Humidity: 85%
Advertisement

Strategi Sukses Menjalankan Marketing

By admin - Mon Jul 02, 4:35 pm

 

Sukses menjalankan marketing merupakan impian semua marketer. Sukses menjalankan marketing akan membangkitkan usaha Anda, baik usaha skala kecil, sedang maupun besar. Karena di dalam bisnis apapun, marketing atau pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting. Istilahnya, sebagus apapun produk atau jasa yang Anda miliki, jika tidak ditunjang dengan strategi pemasaran yang tepat maka tidak akan bernilai apa-apa. Untuk itulah Anda harus memastikan strategi yang Anda inginkan adalah strategi marketing yang sangat sesuai dengan usaha Anda.

Sukses menjalankan marketing

Walaupun Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk sukses di dunia marketing, tetapi hasil yang akan Anda dapatkan juga akan lebih besar daripada pengeluaran. Berikut adalah beberapa kiat yang bisa Anda praktikkan untuk meraih kesuksesan di bidang marketing. Kiat pertama adalah dengan sikap yang optimis. Optimis berarti Anda tidak boleh takut dalam menghadapi prospek dan juga persaingan yang ada di luar. Anda harus positif thinking dan tetap yakin bahwa produk atau jasa Anda memang layak dijual. Jangan mudah menyerah walaupun Anda ditolak pada awalnya. Tetap pantang patah semangat dan selalu mencoba yang terbaik agar produk atau jasa Anda bisa diterima pada akhirnya.

Sukses menjalankan marketing juga bisa dilakukan dengan kiat yang kedua yaitu mempunyai good attitude. Ketika mempromosikan produk atau jasa Anda, harus harus mempunyai good attitude yaitu perilaku yang baik dan terpuji. Hindari berkata kasar, bermuka masam atau menunjukkan kekesalan apabila usaha Anda belum menuai hasil, terlebih jika di depan klien atau calon konsumen baik bertatapan langsung atau berbicara melalui telepon. Anda harus mampu memperlakukan calon konsumen seperti raja. Karena apabila mereka bersimpati pada Anda, maka mereka juga sedikit demi sedikit akan menaruh kepercayaan terhadap Anda dan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Kiat ketiga adalah harus bisa menyesuaikan diri. Anda harus mampu beradaptasi dengan situasi yang ada. Sebagai seorang marketer, Anda harus mampu mengenali calon konsumen Anda dan juga mampu menempatkan diri dengan baik. Memperlakukan calon konsumen yang satu dengan yang lain tentu saja berbeda. Untuk itu Anda harus banyak belajar tentang macam-macam calon konsumen yang menjadi target market Anda agar tidak salah memperlakukan mereka. Kiat yang keempat adalah sabar dan rendah hati. Walaupun terkadang sebagai marketer harus berhadapan langsung dengan kemarahan calon konsumen, tetapi Anda harus menghadapinya dengan kepala dingin. Karena yang perlu kita ingat bahwa kita membutuhkan partisipasi calon konsumen untuk membeli produk atau jasa dari kita.

Sukses menjalankan marketing juga harus dilakukan dengan kiat yang kelima, yaitu tanggung jawab. Anda harus mampu bertanggung jawab pada produk atau jasa yang Anda tawarkan. Seorang marketer bisa dikatakan sukses apabila dia mampu memperjuangkan kepentingan konsumen, mempunyai loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan dan juga bertanggung jawab untuk merawat dirinya sendiri dengan cara berpenampilan selalu rapid an baik. Karena untuk menarik simpati masyarakat, penampilan adalah nomor satu. Kiat yang keenam adalah komitmen. Anda harus mempunyai komitmen yang tinggi terhadap perusahaan untuk mencapai target yang sudah ditetapkan.

Kiat ketujuh adalah berani berkorban. Anda harus berani berkorban untuk kesejahteraan konsumen. Karena pada akhirnya, kesejahteraan konsumen akan berdampak positif pada pertumbuhan usaha Anda. Dari sini Anda akan mendapatkan keuntungan dari cara-cara yang lurus dan benar. Kiat yang kedelapan adalah tetap semangat. Semangat pantang menyerah harus Anda miliki untuk mampu menghasilkan konsumen yang banyak. Karena sejatinya semangat merupakan pendorong yang kuat untuk mencapai keberhasilan. Kiat kesembilan adalah disiplin. Anda harus disiplin pada aturan yang telah ditetapkan dan juga disiplin waktu. Karena setiap waktu yang Anda miliki akan berpotensi mendatangkan jumlah konsumen yang lebih banyak.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement