November 19 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Strategi Sederhana Marketing Online

By admin - Mon Apr 30, 5:02 pm

Marketing online tentu mempunyai strategi yang sangat berguna agar tepat sasaran ketika dilepaskan. Marketing online akan membantu Anda meningkatkan penjualan usaha Anda. Karena internet merupakan media yang digunakan oleh para advertiser dan marketers untuk terhubung dengan customers. Peraturan komisi perdagangan federal iklan di internet sama dengan iklan tradisional, termasuk fakta bahwa semua isi iklan harus mendeskripsikan yang sebenarnya tanpa menyesatkan konsumen, setiap pernyataan dalam isi iklan harus dibuktikan. Di Indonesia sendiri sudah mulai diberlakukan Undang-Undang untuk mengatur pengusaha yang menjalankan bisnisnya melalui internet, hal ini juga untuk menhindari kejahatan internet ( cyber crime ).

Marketing online

Berikut ini adalah strategi pemasaran melalui internet agar tidak melanggar undang-undang pemerintah yang berlaku. Strategi pertama adalah email marketing. Pemasaran online melalui email merupakan salah satu cara yang paling efektif. Belakangan ini banyak penyedia database email yang dijual di Internet, Anda bisa membeli database email data pengusaha atau perusahaan di Jakarta bahkan Indonesia. Namun, untuk meminimalisir biaya, Anda bisa lakukan dengan cara mengikuti Mailing List dengan mengikuti group di mailing list yang sesuai dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Marketing online dengan strategi pertama ini akan membuat Anda mendapatkan email-email member group tersebut yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk promosi produk atau jasa yang kita tawarkan. Kekurangan dari email yang didapat dari mailing list adalah validasi bahwa pemilik email adalah calon konsumen yang kita targetkan hanya 40 %. Biasanya, member dari mailing list adalah advertiser sama halnya dengan Anda. Untuk pemasaran melalui email, deskripsikan produk atau jasa Anda sejelas mungkin dengan menambahkan beberapa promosi seperti diskon atau potongan penjualan sehingga dapat menarik minat pembacanya, jangan lupa sertakan alamat perusahaan, informasi kontak, dan alamat website supaya pengunjung yang ingin mendapatkan informasi yang lebih detail bisa mengakses ke website atau kantor Anda.

Strategi kedua adalah search engine marketing. Yang dimaksud Search Engine Marketing adalah memanfaatkan layanan iklan dari mesin pencari seperti google, yahoo, atau MSN. Misalkan google adwords, kita bisa memanfaatkan jasa google adwords untuk mempromosikan website/produk/jasa. Dengan mengikuti program google adwords maka setiap orang yang mengetik keyword di google yang sesuai dengan produk/jasa anda maka iklan anda akan muncul di side bar atau bagian paling atas di hasil pencarian. Dengan demikian calon konsumen akan mudah untuk menemukan website anda di mesin pencari. Kekurangannya adalah kita harus mengeluarkan biaya, biasanya kita bayar per klik.

Marketing online juga bisa menggunakan strategi ketiga, yaitu directory listing marketing. Directory Online adalah salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan jumlah pengunjung website Anda. Ada beberapa direktori bisnis yang dapat Anda gunakan secara gratis. Contoh website direktori online adalah Google Business Center, Yahoo Local, Yellowpages, Yelp, dll. Khusus di Indonesia kita bisa memanfaatkan situs iklan baris gratis yang jumlah mencapai ribuan.

Strategi keempat adalah online video marketing. Menggunakan video online untuk mempromosikan bisnis Anda merupakan strategi Internet Marketing. Posting video Anda di situs-situs yang menyediakan space untuk upload video seperti YouTube. Buatlah sebuah video yang menarik yang berisikan tentang produk/jasa Anda. Jangan lupa sertakan URL website Anda dalam video atau deskripsi agar pengunjung yang berminat dan ingin mengetahui lebih detail mengenai produk/jasa Anda bisa langsung mengakses website Anda.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS