November 19 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Strategi Promosi Terbaik

By admin - Tue Jun 26, 4:33 pm

 

Strategi promosi terbaik bisa dipilih berdasarkan keinginan Anda. Strategi promosi terbaik harus mencakup unsur cerdas agar Anda tidak salah sasaran. Karena tanpa adanya strategi promosi yang cerdas dan tepat, produk atau jasa tidak bisa optimal sampai di masyarakat. Terlebih di era cyber seperti sekarang, banyak sekali pengusaha yang menggunakan berbagai macam strategi untuk mampu bersaing di pasar dan mendapatkan perhatian masyarakat.

Strategi promosi terbaik

Kegiatan mempromosikan ini tidak selamanya membutuhkan biaya yang besar. Itulah yang dimaksud dengan berpromosi dengan cerdik. Karena walaupun Anda hanya mempunyai dana yang terbatas untuk kegiatan promosi, Anda tetap bisa menampilka kreativitas Anda di beberapa jejaring social yang bsa dijadikan iklan gratis. Tetapi jika penjualan sudah meningkat dan dana untuk promosi sudah lebih besar, Anda harus menggunakan taktik promosi yang lain, yang tentunya bisa menarik lebih banyak konsumen dan respon pasar yang lebih optimal.

Strategi promosi terbaik yang pertama adalah dengan menyusun daftar rencana promosi. Daftar promosi ini bisa berupa target pasar, tujuan promosi, besaran anggaran dana yang digunakan, nilai lebih produk yang akan ditawarkan dan daftar kegiatan yang harus Anda lakukan. Strategi kedua adalah dengan menentukan konsep promosi sebelum memulai usaha. Sebelum Anda memulai usaha, pastikan Anda sudah mengantongi target market dan besarnya minat konsumen terhadap produk yang akan Anda buat. Kemudian buatlah logo atau slogan yang menarik dan mudah diingat.

Strategi ketiga adalah dengan memilih sasaran pasar yang tepat. Jika Anda mempunyai anggaran yang terbatas, Anda bisa focus kepada target market, yaitu Anda bisa memfokuskan promosi pada kelompok atau komunitas tertentu. Tentu saja Anda harus memilih komunitas yang kira-kira akan membutuhkan dan tertarik pada produk Anda. Strategi keempat adalah dengan focus kepada pelanggan. Di sini Anda harus focus untuk membantu konsumen dalam menyelesaikan masalah mereka dan menonjolkan manfaat produk Anda. strategi kelima adalah dengan memenuhi permintaan pelanggan. Konsumen pasti sangat tahu pada apa yang mereka butuhkan dan inginkan. Itulah sebabnya Anda harus mendengarkan permintaan mereka dan penuhi kebutuhan mereka dengan menciptakan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Strategi promosi terbaik yang keenam adalah dengan memberikan informasi gratis. Informasi gratis ini akan sangat membantu konsumen untuk mengetahui tentang produk atau jasa Anda secara detail. Misalnya Anda membagikan brosur, surat, website, email dan lain sebagainya yang memberikan informasi gratis dan tentu saja berhubungan dengan produk atau jasa Anda. Strategi ketujuh adalah dengan menggunakan online marketing. Anda bisa mengirimkan email kepada para konsumen sebagai bentuk komunikasi dua arah. Dan mereka juga bisa memberikan saran kepada Anda, bisa melalui facebook, twitter, email dan lain sebagainya.

Strategi kedelapan adalah dengan memanfaatkan relasi media. Anda harus memastikan bahwa produk atau jasa dibuat di Koran atau radio local. Perluas jaringan agar Anda mendapatkan relasi media yang bisa diajak kerja sama. Strategi kesembilan adalah dengan memasuki komunitas. Jika Anda berhasil memasukkan produk Anda di dalam komunitas, maka kegiatan prmosi Anda akan berjalan dengan sendirinya. Strategi kesepuluh adalah dengan memasang papan iklan. Pasang papan iklan di tempat yang strategis agar bisa dengan mudah dilihat dan dibaca oleh orang banyak. Strategi kesebelas adalah dengan melakukan hal-hal kecil yang berdampak besar. Misalnya senyum, salam dan sapa atau minuman gratis. Hal ini akan menjadi nilai tambah bagi usaha Anda. Selamat mencoba.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS