November 19 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Strategi Promosi di Musim Lebaran

By admin - Tue Jun 26, 4:41 pm

 

Promosi di musim Lebaran atau di masa-masa liburan memang harus dirancang seefektif mungkin. Promosi di musim Lebaran biasanya membutuhkan strategi tersendiri yang bisa meningkatkan penjualan. Momen-momen istimewa seperti ini akan mendatangkan keuntungan yang sangat besar apabila dilakukan dengan seefektif mungkin. Beragam jurus dan stratei pemasaran harus Anda pasang untuk mengantisipasi ledakan konsumen. Hal ini tentu saja juga dialami oleh para pesaing Anda. Mereka juga pasti akan menyambut baik lonjakan konsumen ini dengan memberikan berbagai macam diskon, voucher belanja, dan lain sebagainya.

Promosi di musim Lebaran

Diskon besar-besaran memang masih menjadi salah satu strategi yang ampuh untuk mendatangkan banyak sekali konsumen. Bagi Anda yang masih bingung dalam mempersiapkan masa Lebaran yang tinggal kurang dari  bulan lagi, berikut adalah beberapa strategi yang bisa Anda praktikkan untuk menarik banyak sekali pelanggan. Strategi pertama adalah dengan memanjakan konsumen Anda. Cara memanjakan konsumen bisa dengan memberikan penawaran yang paling menarik dan lain sebagainya. Hal ini bisa dilihat dari beberapa perusahaan otomotif yang memberikan layanan service gratis selama bulan Puasa dan Lebaran. Selain itu, banyak sekali perusahaan otomotif ternama yang membuka service gratis di sepanjang titik strategis untuk memperlancar perjalanan mudik para pelanggan. Ada juga perusahaan provider yang memberikan layanan mudik bareng gratis dengan hanya menunjukkan logo operator di handphone, dan lain sebagainya. Anda bisa meniru beberapa cara tersebut untuk perusahaan Anda Lebaran tahun ini.

Promosi di musim Lebaran juga bisa dilakukan dengan strategi kedua yaitu dengan memenuhi kebutuhan konsumen. Ketika Lebaran datang, perputaran uang akan semakin cepat dan melonjak tajam. Jangan takut atau ragu untuk memanfaatkan moment tersebut untuk meningkatkan omset penjualan bisnis Anda. Anda bisa melihat apa saja kebutuhan masyarakat pada saat Lebaran. Misalnya kue kering, rental mobil, tiket pesawat, tiket kereta api, baju Muslim, dan lain sebagainya. Tingginya angka kebutuhan konsumen dan loyalnya para consumen di hari Lebaran harus Anda manfaatkan dengan baik.

Strategi ketiga adalah dengan memberikan diskon besar-besaran. Hal ini yang paling ramai dipraktikkan di berbagai mall. Menjelang Lebaran, setiap mall yang ada pasti ramai diserbu oleh para konsumen. Karena banyak sekali diskon besar-besaran yang ditawarkan dan banyaknya barang didiskon menjadi daya tarik tersendiri. Bagi konsumen yang mungkin malas untuk berdesak-desakan pun pada akhirnya mau menyambangi mall pada saa menjelang Lebaran karena kebutuhan untuk Hari Raya Idul Fitri tersebut harus dibeli di sini. Tidak hanya mall yang diserbu para pembeli, tetapi juga pasar tradisional. Banyak sekali masyarakat yang mulai membeli bahan kebutuhan pokok yang akan dimasak pada saat Lebaran karena biasanya pas Lebaran akan sangat sepi penjual.

Promosi di musim Lebaran harus Anda pastikan bisa memancing minat pembeli. Anda bisa mengikuti jejak mall-mall tersebut yaitu dengan memberikan program cuci gudang di tempat usaha Anda. Strategi ini sangat efektif bagi para pengusaha butik, factory outlet, distro dan lain sebagainya.

Melalui 3 strategi tersebut di atas, diharapkan Anda akan mampu mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan penjualan usaha Anda. manfaatkan momen yang hanya 1 kali setahun ini. Manfaatkan setiap peluang yang Anda miliki. Jangan sampai Anda membuang kesempatan ini. Karena masih ada watu kurang dari 2 bulan, Anda harus sudah mulai mempersiapkan promosi apa yang akan Anda lakukan. Semoga sukses.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS