October 25 2014
  • 1
Jakarta, ID - 33 °CPartly Cloudy - Humidity: 55%
Advertisement

Strategi Persaingan Bisnis Kuliner

By admin - Thu Feb 16, 3:39 pm

Strategi persaingan bisnis harus dipersiapkan untuk memasuki dunia bisnis. Strategi persaingan bisnis bukan hanya untuk perusahaan besar, tetapi usaha kecil juga membutuhkan strategi yang matang agar tetap eksis di dunia bisnis. Apalagi jika berbicara mengenai bisnis kuliner, sudah pasti persaingan yang kini ada semakin banyak dan ketat. Konsumen disuguhkan berbagai jenis makanan dengan bermacam-macam keunikan dan keistimewaannya.

Maka dari itu, agar bisnis yang kita bangun atau usaha yang sudah berjalan tidak tenggelam di tengah persaingan, maka ada beberapa strategi bisnis kuliner dalam menghadapi persaingan. Pertama, tentukan pesaing. Sebelum melangkah menjalankan bisnis, ada baiknya Anda menentukan pesaing. Karena siapa pesaing Anda, akan menentukan bagaimana Anda menghadapinya. Pesaing bisa dari usaha lebih kecil seperti warung tegal atau lebih besar seperti restoran dan café atau bahkan dari bisnis yang berbeda jenis dengan bisnis yang akan Anda jalankan. Kedua, konsentrasi pada kelebihan bisnis Anda. Jika bisnis telah berjalan dan banyak konsumen yang datang, jangan terlalu sibuk memikirkan pesaing, harus tetap konsentrasi dengan kelebihan yang dimiliki bisnis Anda. Pertahankan dan tingkakan kualitas produk dan pelayanan yang mungkin telah menjadi kelebihan bisnis Anda.

Strategi persaingan bisnis

Strategi persaingan bisnis yang ketiga adalah manfaatkan kelemahan pesaing. Jika Anda telah mengetahui apa saja kelemahan pesaing, maka manfaatkan keadaan tersebut sebagai kelebihan bisnis Anda. Sediakan apa yang pesaing tidak sediakan, dan lakukan apa yang pesaing tidak lakukan. Keempat, pengalaman adalah guru terbaik. Belajarlah dari pengalaman, jika Anda belum memiliki pengalaman dalam dunia bisnis kuliner, Anda dapat belajar dari orang lain baik yang belum lama menggeluti dunia bisnis maupun yang sudah banyak makan asam garam. Karena menghadapi persaingan tidak selalu berhubungan dengan strategi dalam bertindak tetapi juga bagaimana menjaga sikap dan mental Anda. Jadi carilah guru dimana saja.

Kelima, out of competition. Keluar dari persaingan tidak berarti kalah dan menutup bisnis. Anda bisa mencari cara lain seperti menciptakan inovasi baru atau mencari target pasar yang berbeda. Selain kelima strategi tersebut, Anda juga jangan ragu untuk mempromosikan bisnis makanan yang Anda jalankan. Karena hal ini sering diabaikan para pelaku usaha dalam mengembangkan bisnisnya, sehingga tidak heran bila banyak bisnis restoran atau rumah makan yang akhirnya bangkrut dan tutup karena gagal dalam hal pemasaran. Karenanya, mulailah aktif mempromosikan bisnis Anda ke area publik, seperti melalui media online, pemasaran produk dengan brosur, memasang spanduk dan neonbox di depan lokasi usaha, atau mempromosikan bisnis Anda melalui billboard yang terpasang di sepanjang jalan raya.

Strategi persaingan bisnis hendaknya juga dilengkapi dengan standard operational procedur (SOP). Jika bisnis kuliner yang Anda jalankan sudah berkembang besar, maka tidak ada salahnya bila Anda melengkapinya dengan SOP yang baku. Hal ini penting sebelum akhirnya Anda membuka cabang baru atau menawarkan bisnis makanan tersebut sebagai peluang investasi waralaba. Dengan SOP yang jelas, maka bisnis makanan yang dijalankan bisa semakin terarah dan memiliki kualitas pelayanan yang terjaga.

Berusaha membentuk persepsi konsumen juga ikut memegang peranan penting. Membentuk persepsi konsumen menjadi salah satu strategi bagi Anda untuk mengenalkan bisnis makanan yang sedang dijalankan. Strategi ini juga membantu Anda untuk menanamkan citra merek atau ciri khas tertentu di hati para konsumen. Jadi, sebisa mungkin berikan pelayanan terbaik bagi para konsumen, ciptakan inovasi baru dalam mengemas produk makanan, serta sajikan menu baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement