November 21 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Strategi Persaingan Bisnis dengan Konsep Blue Ocean

By admin - Mon Feb 20, 3:50 pm

Strategi persaingan bisnis akan sangat dibutuhkan untuk tetap eksis di dunia bisnis. Strategi persaingan bisnis yang tepat bahkan akan sangat menguntungkan Anda. Untuk itulah yang sering diupayakan pelaku bisnis adalah mengambil langkah-langkah strategis agar menang dalam persaingan itu. Adagium siapa yang kuat dia akan menang berlaku dalam persaingan bisnis. Tentu kuat disini bisa dimaknai dari beberapa sudut pandang, bukan semata-mata kuat modal, tetapi juga kuat beradaptasi terhadap perubahan lingkungan bisnis. Strategi agar menang dalam persaingan bisnis tidak stagnan seiring dengan perubahan lingkungan bisnis.

Selayaknya persaingan dalam bidang lain, persaingan bisnis senantiasa menghasilkan winner dan losser. Persaingan semacam ini sangat menguras energi dan menyakitkan bagi pihak yang kalah. Karena satu pasar yang sempit diperebutkan oleh semua pelaku bisnis yang jumlahnya banyak. Pendekatan baru dalam strategi memenangkan bisnis adalah konsep Blue Ocean. Blue Ocean mendorong pelaku bisnis untuk memasuki pasar baru yang potensial dan yang selama ini “dilupakan” oleh para pesaing. Hal ini berbeda dengan strategi red ocean, dimana semua kompetitor memberikan tawaran fitur produk yang seragam, sama, dan semua saling memperebutkan pasar yang juga sama. Sehingga terjadi pertarungan yang berdarah-darah, lantaran arena persaingan diperebutkan oleh para pemain yang menawarkan keseragaman produk dan pendekatan. Jika hal ini bisa dihindari mengapa tidak?

Strategi Persaingan Bisnis

Strategi persaingan bisnis kuncinya adalah menciptakan ruang pasar tanpa pesaing. Selain itu juga membiarkan kompetisi tidak lagi relevan. Yang dituntut untuk menjalankan strategi persaingan ini adalah kemampuan melakukan inovasi. Pasar Anda adalah pasar baru yang belum dimasuki orang lain. Pasar yang sudah establish dimasuki orang lain tidak terganggu oleh kehadiran Anda karena segmen pasar, atau fitur yang ditawarkan berbeda. Strategi ini menjadikan bisnis Anda bukan tipe follower tetapi leader dalam pasar. Selain itu energi Anda bisa difokuskan pada kualitas produk bukan menghabiskan resource menghadapi pesaing.

Contoh sukses dalam menerapkan strategi tanpa pesaing ini pernah dilakukan oleh Apple dengan iPod-nya, yaitu drama kemenangan produk iPod dari Apple yang merebut habis pasar musik digital. Produk iPod ini sungguh inovatif, dan sama sekali berbeda dengan produk sebelumnya, seperti walkman atau CD music player yang dikuasai oleh Sony. Digitalisasi musik adalah fitur kunci dari iPod, selain kemudahan penggunaannya. Dengan segera iPod menguasai pasar baru musik digital, dan jauh meninggalkan Sony yang terpuruk dalam debu keterpurukan dan luka kekalahan. Nampaknya dalam persaingan bisnis perlu menerapkan strategi blue ocean ini, karena strategi ini relatif low cost dan menjadikan perusahaan menjadi perusahaan yang kreatif dan inovatif. Selain itu tidak memunculkan “musuh” meski sama sama bersaing dalam sebuah produk yang sama.

Strategi persaingan bisnis dengan strategi Blue Ocean itulah yang membuat para pelaku Blue Ocean Strategy kemudian bisa menciptakan ruang pasar baru, menjangkau new market demand dan sekaligus membuat kompetisi menjadi tidak relevan. Atau mungkin lebih tepatnya mereka kemudian bisa meninggalkan para pesaingnya dalam rintihan kekalahan. Misalnya, iPod membuat produk audio Sony tergeletak sekarat dalam ambang kehancuran.

Strategi blue ocean tak pelak merupakan salah satu siasat yang barangkali mesti dilakukan manakala sebuah perusahaan hendak terus memenangkan kompetisi bisnis yang kian keras. Sebab dengan inilah, mereka kemudian bisa terus menciptakan produk inovatif yang akan digemari para pelanggannya. Dengan cara ini pula, para pelanggan akan senantiasa bisa jatuh hati dengan beragam produk yang ditawarkan.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS