November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Strategi Pemasaran Jemput Bola

By admin - Wed Sep 26, 4:40 pm

 

Strategi pemasaran jemput bola akan lebih mempermudah Anda dalam menjaring pasar. Strategi pemasaran jemput bola membuat proses perjalanan bisnis Anda menjadi lebih terarah. Karena persaingan pasar sudah semakin ketat dan banyak sekali para pelaku usaha yang menggunakan berbagai macam strategi pemasaran untuk bisa memenangkan hati para konsumen. Jika pada awalnya para pelaku pasar lebih sering berlaku pasif, yaitu menunggu pasar, maka sekarang sudah banyak pelaku usaha yang mulai aktif mencari konsumen dengan cara menjemput bola untuk menaikkan omsetnya.

Strategi pemasaran jemput bola

Jemput bola merupakan satu strategi dimana para penyedia jasa atau penjual produk melakukan kegiatan pemasaran dengan cara menghubungi atau bisa juga mendatangi langsung sang calon konsumennya. Strategi ini bisa dibilang cukup sukses dan efektif. Karena para pelaku usaha bisa lebih dekat dengan konsumen dan seolah-olah benar-benar “melayani” konsumennya. Dengan strategi ini, para konsumen dan calon konsumen akan merasa dimudahkan untuk memenuhi kebutuhannya. Untuk itulah, mereka akan lebih memilih membeli produk dari pengusaha yang mau jemput bola dengan asalan tidak perlu repot mendatangi tempat usaha sang pengusaha tersebut.

Strategi pemasaran jemput bola juga harus dilakukan berdasarkan beberapa langkah yang menyempurnakan fungsi dari strategi ini. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda praktikkan untuk menjalankan strategi jemput bola.

 

Pertama, dengan memberikan layanan pesan antar. Salah satu langkah yang bisa Anda jalankan untuk menjalankan bisnis dengan cara jemput bola adalah dengan memanjakan para konsumen. Nah, untuk memanjakan konsumen inilah Anda bisa memberikan layanan pesan antar untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Karena dengan adanya layanan pesan antar, maka konsumen tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk memenuhi kebutuhannya. Jadi, tiaklah mengherankan jika strategi jemput bola sudah menjadi strategi marketing paling diminati oleh para pelaku usaha. Anda pasti juga sudah familiar dengan banyaknya restoran-restoran besar yang juga menggunakan layanan pesan antar untuk meningkatkan omset mereka, misalnya KFC, Pizza Hut, sampai layanan jasa seperti delivery isi ulang air gallon, delivery laundery dan lain sebagainya. Jadi, tidak ada patokan produk atau jasa apa yang boleh menggunakan layanan ini, karena semua tipe produk atau jas ajuga bisa asalkan sesuai dengan perencanaan.

 

Strategi pemasaran jemput bola yang kedua, menawarkan produk atau jasa melalui sms, telepon atau email marketing. Walaupun cara ini sudah banyak digunakan untuk memberikan penawaran melalui sales marketing, tetapi cara ini masih efektif untuk digunakan. Cara ini masih bisa untuk membuka kemungkinan adanya sebagian besar prospek yang akhirnya akan tertarik membeli produk dan jasa yang Anda tawarkan. Misalnya Anda mengirimkan catalog produk dan memberikan informasi tentang adanya diskon, dan lain sebagainya.

 

Ketiga, terjun langsung ke lapangan untuk menjaring konsumen. Di sini Anda harus bisa melakukan presentasi produk atau jasa Anda. Jika Anda menganggap strategi door to door kurang efektif, maka Anda bisa memilih berbagai perkumpulan untuk presentasi. Misalnya arisan, event bazaar, pameran, menjadi sponsor di acara social, dan lain sebagainya. Jadi, Anda bisa menjaring banyak calon konsumen di satu tempat, lakukan secara berkala untuk memperbanyak prospek. Sebaliknya, calon konsumen juga akan lebih mudah mengenal produk atau jasa Anda.

 

Semoga ketiga contoh penerapan strategi marketing jemput bola bisa memberikan Anda inspirasi dan ide yang lebih cantik untuk diaplikasikan. Salam sukses.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS