November 19 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Strategi Merintis Usaha Sampingan Online

By admin - Thu Aug 30, 3:54 pm

 

Usaha sampingan online adalah salah satu jenis usaha yang sangat diminati oleh banyak orang di Indonesia dan di sebagian besar dunia. Usaha sampingan online memang menjadi alternative yang efektif untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan bagi para mahasiswa, karyawan, pelajar sampai Ibu rumah tangga. Ada banyak sekali jenis usaha sampingan yang bisa dipilih. Tetapi jika Anda hanya mempunyai modal yang relative kecil, maka sebaiknya Anda memilih bisnis online.

Strategi marketing

Usaha online bisa dijalankan tanpa mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Itulah sebabnya belakangan banyak sekali masyarakat yang meminati usaha online, dengan beragam jenis. Usaha secara online mempunyai operasional waktu yang tidak terbatas dan jangkauan wilayah yang sangat luas. Sehingga masyarakat yang memanfaatkan usaha online ini akan mempunyai peluang kesuksesan lebih besar dan lebih menggiurkan selain mudah dijalankan. Jadi, apakah Anda tertarik menjalankan usaha online? Berikut adalah beberapa ulasan strategi untuk memulai usaha sampingan di dunia online.

Usaha sampingan online bisa dimulai dengan strategi yang pertama, yaitu dengan memulai dari hobi yang Anda miliki. Ketika Anda menekuni sebuah usaha, Anda harus memastikan benar-benar menyukainya. Karena dengan begitu, Anda akan mempunyai gambaran tentang bisnis yang akan Anda jalankan. Dan hal ini tentu saja akan memudahkan Anda dalam mempersiapkan modal. Misalnya ANda mempunyai hobi fotografi, Anda bisa menawarkan jasa fotografi secara online untuk pernikahan, wisuda, dan lain sebagainya.

Strategi yang kedua adalah dengan mempunyai ilmu dan pengalaman di bisnis online sebagai dukungan. Karena setelah Anda menemukan ide usaha sampingan apa yang akan Anda jalankan, maka Anda akan memasuki tahapan selanjutnya, yaitu dengan memperluas wawasan dan juga pengalaman Anda di dalam bisnis online. Anda bisa memulainya dengan mempelajari fungsi internet, mengenal media online apa saja yang akan Anda jadikan sebagai ladang untuk berbisnis, dan juga mencari beberapa strategi jitu untuk bisa mempromosikan usaha sampingan Anda via online. Anda bisa mempelajari semua hal tersebut di majalah, buku, maupun pelatihan dari para pakar bisnis online.

Usaha sampingan online selanjutnya bisa disempurnakan dengan strategi yang ketiga, yaitu jangan sungkan mempublikasikan produk Anda. Hal ini berlaku sama dengan bisnis konvensional (offline) dimana sang pemilik usaha harus aktif mempublikasikan produknya. Untuk memulai aktif mmeperkenalkan produk Anda, Anda bisa mengupload foto, video dan juga melengkapi konten tersebut dengan deskripsi. Sehingga tidak menyesatkan dan membuat konsumen percaya dan tertarik untuk membeli produk Anda.

Strategi yang keempat, yaitu dengan aktif di forum online. Anda bisa menyisihkan waktu 3-4 jam sehari untuk bersosialisasi di forum online. Langkah ini berfungsi untuk memperluas jaringan usaha yang Anda miliki, berbagi pengetahuan dan pengalaman dan juga memperkenalkan produk dan usaha Anda kepada khalayak ramai. Strategi yang kelima adalah dengan memperbaharui toko online secara rutin. Karena walaupun Anda berhasil membuka online shop, bukan berarti Anda sudah aman dan tinggal ongkang-ongkang kaki saja. Karena Anda juga tetap harus rutin meng-update online shop Anda untuk menunjukkan eksistensi bisnis Anda. Misalnya Anda rutin menambahkan foto produk, melengkapi deskripsi produk, merevisi harga barang, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk selalu melayani dan menanggapi pertanyaan konsumen agar mereka tidak merasa diabaikan. Cukup mudah bukan? Tetapi Anda tetap harus menjalankannya dengan senang hati dan penuh tanggung jawab. Semoga sukses.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS