November 18 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Strategi Merealisasikan Ide Bisnis

By admin - Wed Aug 29, 4:25 pm

 

Ide bisnis terkadang terlihat sangat menjanjikan dan sempurna. Tetapi pada kenyataannya, ide bisnis yang tampak sempurna tersebut sulit untuk bisa direalisasikan atau malah membuat Anda takut untuk merealisasikannya menjadi sebuah usaha. Sebenarnya mengapa hal ini bisa terjadi? Mengapa banyak yang mempunyai ide cemerlang tetapi gagal dalam realisasinya? Hal ini bisa disebabkan oleh kurangnya perencanaan yang kompetitif. Ide bisnis yang tidak segera direalisasikan juga akan memberikan dampak buruk bagi Anda karena bisa saja ide yang sama akhirnya malah sudah diambil oleh competitor Anda.

Ide bisnis

Memang tidak bisa dipungkiri jika merealisasikan sebuah ide bisnis bukanlah suatu perkara mudah, terlebih untuk para pemula. Karena harus ada proses trial and error yang harus dilakukan oleh para pemula dalam memulai perjalanan bisnis sampai akhirnya menemuka formula yang pas untuk bisa mewujudkan impian besarnya. Untuk itulah, untuk membantu para pemula untuk merealisasikan ide bisnis dan menemukan formula yang pas, kami sampaikan beberapa strategi yang bisa Anda terapkan untuk membuka usaha yang menjanjikan keuntungan yang cukup besar.

Ide bisnis bisa direalisasikan dengan strategi pertama, yaitu dengan me-review ide bisnis yang ingin Anda jalankan. Sebelum Anda memantapkan diri Anda untuk merealisasikan ide kreatif yang sudah ada, sebaiknya Anda juga melakukan riset pasar. Riset pasar ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar potensi bisnis yang akan Anda jalankan, seberapa tinggi keuntungan yang kemungkinan bisa Anda dapatkan, seberapa besar resiko bisnis yang akan menghadang jalannya usaha Anda, serta seberapa ketat persaingan bisnis yang ada di pasaran. Strategi ini tidak harus mandeg begitu saja di teori, karena jika Anda bersungguh-sungguh ingin mempelajari dan melakukannya, Anda harus yakin dan semangat untuk mereview segala aspek yang akan berpengaruh pada bisnis Anda nantinya.

Strategi yang kedua adalah dengan memulai membuat daftar kegiatan untuk merealisasikan ide bisnis yang sudah Anda buat. Yakinkan diri Anda bahwa ide bisnis yang Anda miliki benar-benar menjanjikan. Karena setelah Anda yakin, Anda harus mulai membuat list kegiatan apa saja yang harus Anda lakukan. Misalnya dengan mempersiapkan peralatan dan bahan baku yang dibutuhkan usaha Anda, memperhitungkan modal usaha yang Anda butuhkan, mencari lokasi usaha yang strategis, serta meningkatkan pengetahuan dan skill Anda untuk menjalankan roda usaha.

Ide bisnis juga bisa direalisasikan dengan strategi yang ketiga, yaitu dengan memperluas jaringan bisnis untuk kemudian membuka peluang pasar yang lebih besar. Ada modal utama lain selain modal dana yang harus Anda cari, yaitu partner bisnis yang handal. Karena walaupun Anda mempunyai modal uang yang melimpah tetapi tidak mempunyai partner yang handal maka akan sulit berkembang. Partner bisnis yang handal akan membantu Anda memperlancar jalannya usaha. Untuk itulah, sangat penting bagi Anda untuk mulai bersosialisasi dengan para pelaku usaha lainnya untuk saling bertukar ide dan pendapat.

Saling bertukar pendapat dan ide dengan para pelaku usaha yang lain tentunya akan membuat Anda lebih optimis dan open minded. Anda bisa menemukan perkumpulan para pelaku usaha dengan bergabung dengan pengusaha lain di bidang yang sama. Atau Anda juga bisa membuka peluang kerjasama bagi para reseller yang tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. Dengan begitu, Anda akan memperoleh banyak sekali masukan dan ide dri beragam para pelaku usaha yang Anda temui. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah memajukan usaha Anda agar lebih diterima oleh masyarakat luas.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS