November 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Strategi Menjual Produk Incaran Konsumen

By admin - Thu Oct 04, 5:10 pm

 

Produk incaran para konsumen merupakan salah satu produk yang akan sangat menguntungkan jika dijual. Produk incaran juga membutuhkan strategi yang tepat untuk bisa menjualnya dengan lebih optimal. Strategi jitu dalam pemasaran akan berpengaruh pada kesuksesan sebuah produk dalam merambah pasar. Nah, dari sekian banyak strategi marketing yang ditawarkan, Anda bisa memilih strategi yang paling tepat untuk usaha Anda. Anda boleh mengembangkan produk baru atau apapun tetapi harus tetap mempunyai perencanaan dan strategi yang matang sebelum di lempar ke pasar. Ada beberapa hal yang harus Anda ingat ketika melempar produk atau jasa Anda ke pasar, sebagai berikut:

Produk incaran

Pertama, dengan mengenali kebutuhan. Saat Anda pertama kali menemukan produk yang ingin Anda jual, Anda harus mampu menjelaskan apakah produk tersebut dibutuhkan oleh pasar atau tidak. Misalnya Kilgore yang memproduksi teknologi Microwobbleboard ™ untuk alas kaki FitFlop. Dia memproduksi dan menciptakannya bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan solusi beralas kaki untuk perempuan. Koleksi awal yang dikeluarkannya juga untuk perempuan. Jadi, tujuan dan target marketnya memang jelas. Walaupun ide menciptakan produknya adalah dari Kilgore sendiri, tetapi pendapat calon pengguna produk lebih penting dari sekedar ide jenius yang dimiliki oleh produsen. Anda selalu berpikir bahwa ide kita sangat bagus, tetapi kita juga membutuhkan masukan dari orang lain. Selain itu berdasarkan pengalaman pribadi, kemauan untuk mendengarkan keluhan orang lain mengenai rasa sakit saat mengenakan alas kakimenjadi motivasi tersendiri bagi Kilgore untuk berinovasi. Jadi, dia menyuguhkan solusi pada sesuatu yang dikeluhkan oleh perempuan. Kemampuan membaca kebutuhan pasar harus berangkat dari pemikiran sederhana Anda. Jadi intinya, jangan menjual apa yang tidak akan Anda beli.

 

Produk incaran juga bisa sukses dijual dengan melakukan tes pasar. Saat Anda sudah menciptakan sebuah produk, maka sekarang saatnya berjualan. Anda bisa menjajal pasar dengan sebuah tes. Ketika Anda melakukan tes pasar, Anda tidak perlu mengkhawatirkan hasilnya. Karena apapun respon yang akan Anda terima, pokoknya Anda harus tetap melakukan tes pasar. Mulailah melakukan tes pasar kepada orang-orang terdekat, keluarga dan teman.

Nah, pada saat Anda melakukan tes pasar ini, ada hal penting yang harus Anda perhatikan. Yaitu Anda harus menjelaskan ide bisnis Anda dalam satu kalimat jelas. Karena orang akan terlalu sibuk dan tidak memperhatikan jika kalimat yang Anda usung tidak jelas atau terlalu bertele-tele. Berikan penjelasan dengan relevansi dan obyektif. Untuk itulah, Anda harus benar-benar memahami produk Anda dan apa yang Anda tawarkan dengan memberikan kelebihan produk Anda ke khalayak ramai. Dengan melihat respon dari masyarakat ketika Anda melakukan tes pasar, Anda kemudian bisa mengantisipasi apa saja kekurangan dan kelebihan produk Anda yang kemudian bisa Anda tonjolkan atau perbaiki.

Produk incaran juga akan berhasil dijual jika Anda mempunyai kemauan untuk mendengar. Jika Anda ingin produk Anda berkembang, jangan pernah berhenti untuk mendengarkan pelanggan maupun calon pembeli. Anda bisa membaca email atau surat konsumen dan sedapat mungkin berikan apresiasi dengan membalasnya. Hal ini akan membuat Anda merasa lebih dekat dengan konsumen dan Anda akan lebih mengetahui apa saja yang mereka inginkan dan butuhkan. Dengan begitu, aka nada hubungan timbale balik yang saling menguntungkan.

Mendengarkan kemauan dan juga kebutuhan orang lain juga bisa Anda dapatkan dari travelling. Karena ketika Anda travelling, Anda tentunya akan bertemu dengan banyak orang dan bisa menambah masukan dari orang yang Anda temui.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS