November 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Strategi Menjadi Pengusaha Produktif

By admin - Tue Jun 26, 4:41 pm

 

Pengusaha produktif akan mengahsilkan profit yang tinggi. Pengusaha produktif berbeda dengan pengusaha biasa, karena menjadi sekedar pengusaha biasa tidak akan cukup kuat untuk mendapatkan kesuksesan. Anda harus menjadi seorang pengusaha yang mampu bersaing dan menciptakan inovasi baru untuk kemudian berkarya sebaik-baiknya untuk bisa memenangkan persaingan yang ada. Ketatnya persaingan yang ada sekarang mengharuskan Anda untuk menjadi pengusaha yang tahan banting. Dan banyak sekali tantangan yang menghadang harus Anda jadikan sebagai motivasi untuk terus berkarya dan menciptakan produk atau jasa yang berbeda.

Pengusaha produktif

Jika Anda adalah pengusaha yang tidak tahan banting, maka sudah bisa dipastikan bahwa usaha Anda akan kehilangan arah dan tenggelam menghadapi ganasnya persaingan yang saling bergesekan. Untuk memenangkan pertarungan dan persaingan, ada beberapa strategi yang harus Anda lakukan. Menjadi pengusaha produktif yang efektif dalam mempertahankan eksistensi bisnis adalah syarat mutlak yang harus Anda miliki. Berikut adalah beberapa strategi untuk menjadi pengusaha produktif agar mampu bertahan di dunia persaingan. Strategi pertama adalah dengan memulai mengatur skala prioritas. Beragam kewajiban dan rutinitas harus Anda jalankan dengan baik walaupun tentunya akan menyita banyak waktu, tenaga dan pikiran Anda.

Pengusaha produktif harus mampu mengatur semuanya agar berjalan seimbang dan lancar, yaitu dengan mengatur skala prioritas kegiatan Anda. artinya, Anda harus mengatur untuk mengerjakan tugas-tugas yang paling penting dan mendesak terlebih dahulu sebelum mengerjakan tugas yang lain. Urutan skala prioritas yang harus Anda atur adalah paling penting, peting dan yang belum penting. Strategi ini sangat efektif untuk membuat Anda tetap focus pada tugas dan kewajiban Anda sampai tuntas.

Strategi kedua adalah dengan berpikir efisien dan efektif. Seorang pemimpin harus mampu menjadi problem solver (pemecah masalah) bagi para karyawannya. Bagi usaha yang Anda bangun, Anda harus mampu menjadi pimpinan yang bijak dan mampu menjadi teladan yang baik. Untuk itulah Anda dituntut untuk bekerja dengan efektif dan efisien. Hal ini akan membuat setiap masalah yang menghadang dapat segera terselesaikan dengan baik. Contoh kasusnya adalah sebagai berikut. Apabila Anda mempunyai usaha sabun dan Anda mendapati ada keluhan bahwa sabun yang Anda produksi ada yang tidak ada isinya atau kotak sabun tersebut kosong. Jika hal ini terjadi apa yang akan Anda lakukan? Apakah Anda akan membeli sinar X untuk mensortir satu per satu bungkus yang sudah dibungkus kotak atau Anda bisa membeli kipas angin berukuran besar. Jadi, kotak sabun yang kosong akan tersingkir sedangkan kotak sabun yang ada isinya akan dipasarkan. Manakah solusi yang lebih efektif dan efisien? Pastinya adalah solusi yang kedua karena biaya yang dikelarkan lebih murah.

Pengusaha produktif juga harus melakukan strategi ketiga, yaitu tetap produktif di luar jam kerja. Seorang karyawan memang hanya produktif pada jam kerjanya, tetapi seorang pengusaha unggulan akan produktif kapanpun. Anda juga harus memanfaatkan waktu luang Anda untuk memperdalam ilmu bisnis dan skill entrepreneurship. Karena kedua hal ini akan menjadi modal utama untuk menjalankan sebuah bisnis.

Carilah ide-ide segar untuk menciptakan inovasi baru dan strategi baru untuk kekuatan bisnis Anda. Hal ini bertujuan untuk pengoptimalan pendapatan usaha Anda. Karena waktu sangat berharga dan walaupun Anda sudah menjadi seorang pengusaha sukses, jangan pernah terlena. Tetap pasang kuda-kuda untuk berinovasi lebih lanjut.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS