November 25 2014
  • 1
Jakarta, ID - 26 °CFog - Humidity: 89%
Advertisement

Strategi Meningkatkan Penjualan Usaha Kecil

By admin - Fri Apr 27, 5:08 pm

Strategi meningkatkan penjualan memegang peranan penting dalam menunjang kesuksesan usaha Anda. Strategi meningkatkan penjualan bisnis skala kecil pun tentu saja berbeda dari bisnis yang sudah mapan. Berikut ini beberapa strategi yang bisa Anda praktikkan. Strategi pertama adalah jangan beriklan seperti bisnis besar. Bisnis besar beriklan untuk mengukuhkan merek dan penjualan di masa depan. Bila bisnis Anda baru saja dimulai dalam skala yang kecil, lebih baik fokuskan iklan untuk mendongkrak penjualan. Caranya, cantumkan alamat lengkap atau nomor kontak yang jelas dalam iklan yang Anda buat, agar konsumen mudah menghubungi Anda.

Strategi meningkatkan penjualan

Strategi kedua adalah tawarkan versi hemat. Menghadapi produk baru yang belum dikenal, biasanya konsumen cenderung memilih yang murah harganya. Jadi, usahakan menjual dengan harga yang lebih rendah daripada produk sejenis yang lebih dulu terkenal. Bila kualitas produk Anda lebih baik dari produk pesaing, dengan harga yang lebih murah, konsumen pasti akan beralih ke Anda. Strategi ketiga adalah tawarkan versi premium. Selain versi murah meriah, Anda bisa mendiversifikasi produk dengan menawarkan versi premiumnya. Anda bisa menggabungkan beberapa produk atau jasa dalam tawaran satu paket premium spesial, dengan harga yang lebih mahal.

Strategi meningkatkan penjualan keempat adalah gunakan cara pemasaran kreatif. Selain beriklan di media massa, rajin mengikuti bazar, Anda bisa meningkatkan penjualan dnegan berpromosi secara langsung kepada target market Anda. Contoh, buatlah leaflet dan kirimkan ke calon konsumen sesuai target. Strategi kelima adalah iklan kecil dan online. Kurangi ukuran iklan sehingga Anda dapat memasang iklan lebih banyak dengan biaya yang sama. selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan internet untuk mengiklankan bisnis Anda.

Strategi keenam adalah kerjasama dengan pebisnis kecil lainnya. Hubungi beberapa pebisnis kecil yang bukan kompetitor Anda. Tawarkan untuk bekerjasama dalam mempromosikan produk. Dengan demikian, area promosi Anda bisa lebih luas. Strategi ketujuh adalah manfaatkan konsumen. Konsumen yang loyal akan membantu perkembangan bisnis Anda. Manfaatkan mereka sebagai agen promosi tak resmi. Misalnya, dengan memberikan tawaran-tawaran khusus untuk mereka sebelum diberikan kepada khalayak umum. Pastikan pelanggan Anda setia, karena penguatan testimonial dari mereka jauh lebih efektif ketimbang iklan-iklan Anda di media massa.

Strategi meningkatkan penjualan juga bisa dibangun dengan mengkomunikasikan posisi merk melalui situs. Jangan lupa untuk mencantumkan informasi kontak Anda, termasuk layanan email yang mudah digunakan dan mudah dihubungi. Situs bisnis Anda sebaiknya mudah diakses, tidak lambat saat dibaca, mudah dijelajahi dan sebagainya. Dengan begitu orang akan kembali mengunjunginya terus menerus. Berikan pemahaman pada konsumen yang berkunjung bahwa merek Anda memiliki keunggulan tersendiri dalam ceruk yang digarapnya.

Dalam situs, kita sering kesulitan untuk bertukar pandangan. Saat membuat sebuah blog dan menyampaikan pesan tentang merek kita, kita bisa mengetahui komentar positif dan negatif yang orang lain miliki tentang merek yang kita bangun. Saat seseorang meninggalkan komentar dalam blog, adalah sebuah kewajiban untuk membaca dan menanggapi pesna tersebut karena tidak tertutup kemungkinan masukan yang diberikan akan berkontribusi positif bagi merek dan bisnis secara umum. Serta jangan lupa daftarkanlah bisnis ke direktori gratis yang relevan dengan merek Anda. Selalu manfaatkan sumber daya gratis yang bisa ditemukan di sekitar Anda. Jika Anda bisa temukan layanan-layanan direktori gratis untuk mencantumkan merek Anda, jangan ragu untuk melakukannya.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement