November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Strategi Meningkatkan Penjualan di Online Shop

By admin - Mon Jun 25, 9:06 pm

Penjualan di online shop tentu saja akan mempengaruhi tingkat kesuksesan Anda. Penjualan di online shop juga dipengaruhi oleh usaha yang Anda terapkan. Karena online shop tidak hanya toko online yang hanya menunggu konsumen datang. Karena Anda juga harus mempromosikannya agar banyak orang yang mau melirik dan akhirnya mau menjadi pelanggan Anda. Online shop saat ini memang sangat digemari dan banyak sekali media yang bisa digunakan sebagai sarana untuk berpromosi, misalnya jejaring social, dan lain sebagainya. Alasan yang membuat banyak orang tertarik membuat online shop adalah karena menjanjikan keuntungan yang maksimal tetapi dengan modal yang minim.

Penjualan di online shopSelain itu, dari segi pembeli, keuntungannya adalah efektif waktu. Para pengguna yang ingin membeli barang via online shop tidak perlu pergi ke tempat atau toko penjualnya karena mereka hanya duduk di depan PC dan sudah bisa mendapatkan barang kesukaan yang akan diantar. Selain itu, sebagai penjual juga tidak perlu menyewa tempat maupun menyewa karyawan untuk menjaga toko. Karena banyak sekali peminat online shop, Anda harus menerapkan strategi yang cerdas untuk mampu bertahan di tengah persaingan yang sangat ketat.

Penjualan di online shop membutuhkan strategi yang brilliant sebagai berikut. Strategi yang pertama adalah target konsumen. Anda harus mempunyai target konsumen yang bersedia membeli barang-barang Anda. Misalnya Anda menjual sepatu yang harganya minimal Rp 500.000, maka Anda harus menargetkan konsumen wanita berusia 20 tahun ke atas. Karena dengan menargetkan konsumen Anda, Anda akan mampu mendalami karakter para planggan dan apa yang mereka butuhkan.

Strategi kedua adalah product knowledge. Anda harus mengetahui produk yang Anda jual dengan baik, meliputi manfaat barang, spesifikasi barang, kekurangan barang, kelebihan barang, pemakaian produk, cara penggunaan maupun cara merawat produk. Karena logikanya, jika Anda tidak mengerti tentang barang yang Anda jual, tentu saja Anda tidak bisa melayani calon pembeli dengan baik dan membuat mereka ragu untuk membeli barang dari Anda. Strategi ketiga adalah layanan penjualan. Karena pada online shop biasanya antara penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung, maka Anda juga harus membuat online shop Anda touchable. Artinya, Anda harus mencantumkan cara menghubungi Anda, misalnya nomor telepon, YM, BBM, dan lain sebagainya. Tata cara pembayaran juga harus Anda cantumkan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi konsumen Anda. Selain itu, Anda juga harus memberikan rasa aman dengan memberikan garansi dan layanan purna jual produk Anda.

Penjualan di online shop juga harus melakukan strategi keempat, yaitu gaya bahasa yang memikat. Cara mengolah kata harus Anda perhatikan. Karena hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri. Misalnya, Anda harus membedakan tata bahasa untuk target market wanita dewasa dengan remaja. Strategi kelima adalah menulis deskripsi lengkap. Hal ini sangat penting karena akan memberikan informasi lengkap agi calon konsumen Anda. Deskripsi ini bisa mencakup keunggulan barang, spesifikasi barang, manfaat barang, tips-tips perawatan, tanggapan konsumen lain, dan review.

Strategi keenam adalah menambahkan video dan foto. Foto dan video yang menarik tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi produk Anda karena calon konsumen Anda bisa melihat visualisasi produk Anda. Video dan foto ini juga akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen untuk aktif bertanya dan ingin mengetahui produk Anda lebih jauh. Strategi ketujuh adalah promosi yang bagus. Promosi yang Anda lakukan haruslah mampu memikat banyak konsimen dan membuat mereka penasaran dan tertarik untuk mmebeli. Misalnya Anda bisa memberikan diskon, buy one get one, dan lain sebagainya. Strategi kedelapan adalah cepat merespon pelanggan. Pertanyaan yang diajukan oleh konsumen Anda pasti ingin segera dijawab. Untuk itulah, jika Anda tidak ingin kehilangan pelanggan, sebaiknya jangan tunda memberikan respon. Strategi kesembilan adalah pilih kata kunci yang sesuai dengan pemikiran konsumen. Kata kunci sangat penting agar konsumen Anda dengan mudah bisa melihat produk yang sesuai dengan kata kunci yang diharapkan. Misalnya “Baju Anak”, “Baju Tidur Anak”, “Dress Bayi”, dan lain sebagainya.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS