October 25 2014
  • 1
Jakarta, ID - 26 °CPartly Cloudy - Humidity: 78%
Advertisement

Strategi Meningkatkan Penjualan

By admin - Mon Apr 02, 4:13 pm

Strategi meningkatkan penjualan sangat penting karena omset berbanding lurus dengan profit yang didapat. Strategi meningkatkan penjualan akan semakin membuka pemikiran Anda bahwa semakin besar omset penjualan, semakin besar keuntungan yang diperoleh. Untuk meningkatkan omset penjualan, biasanya pebisnis mencari hal-hal besar yang bisa memicu peningkatan omset dalam sekejap. Tidak ada salahnya memang. Tapi seringnya peningkatan omset itu bisa dimulai dari hal-hal yang kecil yang mungkin sering diabaikan, dan justru itu yang bisa meningkatkan omset secara berkelanjutan dalam jangka panjang.

Berikut empat cara meningkatkan omset penjualan bisnis Anda. Pertama, lihat harga jual. Bagaimana dengan harga jual produk Anda? Apakah sudah waktunya naik, tetap, atau turun? Anda bisa nilai dari perkembangan penjualan Anda. Ketahui harga ideal saat ini dengan mencoba beberapa opsi harga jual. Dengan begitu, Anda akan tahu harga ideal untuk produk Anda. Sehingga Anda akan lebih mudah untuk meningkatkan omset penjualan Anda. Kedua, kenali kapan prime time bisnis Anda. Prime time bisnis artinya saat penjualan banyak terjadi. Di waktu tersebut Anda harus optimalkan kinerja penjualan Anda misal dengan menggencarkan program pemasaran. Segenap resource yang Anda miliki, harus fokus penuh pada saat prime tersebut.

Strategi meningkatkan penjualan

Strategi meningkatkan penjualan yang ketiga adalah lihat database konsumen Anda. Kalau Anda punya data konsumen, coba lihat dan analisa kembali apa yang menyebabkan mereka menjadi konsumen Anda. Sebaiknya anda kategorikan juga konsumen tersebut ke dalam beberapa daftar konsumen. Sehingga Anda bisa melakukan pendekatan marketing yang sesuai untuk setiap daftar konsumen tersebut. Keempat, jalankan strategi pemasaran untuk meningkatkan omset. Untuk meningkatkan omset penjualan, jangan ragu untuk menjalankan strategi pemasaran seperti dengan memberikan penawaran yang super heboh. Bentuknya bisa seperti memberikan ukuran produk yang lebih besar, diskon, atau memperpanjang masa penggunaan produk. Bisa juga dengan menjalankan program booking order atau sejenisnya. Intinya, jangan ragu untuk action dengan ide pemasaran yang hendak Anda lakukan.

Strategi meningkatkan penjualan tidak hanya bisa dilakukan untuk menjalankan bisnis offline saja tetapi juga bisnis online. Misalnya, jika Anda mempunyai online shop, maka Anda juga harus mempunyai rencana dan strategi untuk meningkatkan nilai penjualan. Untuk online shop, strategi pertama yang harus Anda lakukan adalah terus update produk yang ada di situs Anda. Inilah salah satu poin terpenting dalam toko online, Anda harus terus dan sering meng-update produk yang ada di website Anda sehingga pengunjung yang datang ke situs Anda akan merasa kalau situs Anda benar-benar hidup, sehingga memberi kesan Fresh, Up to date dan yang paling penting lebih terpercaya. Kalau perlu Anda bisa meng-update 2-3 kali dalam sehari. Strategi kedua, jual produk yang lain daripada yang lain (unik). Strategi ketiga adalah lakukan promosi menarik pada saat-saat tertentu. Pemberian harga atau diskon khusus ini untuk meningkatkan penjualan, misal pemberian harga khusus dalam rangka hari valentine, tahun baru, idul fitri dll.

Strategi keempat, berikan alternatif barang tambahan untuk dibeli. Misalkan pembeli melakukan transaksi pembelian iPhone atau Blackberry di toko online Anda.  Anda bisa memperlihatkan list produk yang berhubungan dengan produk tersebut (related product that you may interested) misalkan sarung soft silicone Blackberry, Handsfree, dll. Strategi kelima, pemberian bonus atau fasilitas gratis. Strategi keenam, pembayaran yang lebih mudah. Pembayaran bisa dilakukan transfer bank, kartu kredit, paypal dsb. Semua pembayaran yang membuat pembeli merasa lebih nyaman dan aman dalam bertransaksi. Bila perlu sediakan fasilitas rekening bersama atau bank garansi. Strategi ketujuh, sederhanakan formulir pemesanan. Jangan terlalu banyak form yang harus diisi dan membuat pusing calon pembeli. Usahakan pegisian secara singkat dan cepat saja, dan mohon dibantu dengan pelayanan customer service anda secara online tentunya. Strategi kedelapan, pelayanan pelanggan dengan ramah dan professional. Strategi kesembilan, design header yang menarik. Dan strategi yang ke sepuluh adalah multi language and currency. Gunakan design web yang bisa Multi Bahasa dan Kurs 2 Mata Uang minimal Rupiah (Rp) dan Dollar Amerika (US$).

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement