November 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Strategi Meningkatkan Daya Saing

By admin - Mon Oct 01, 5:45 pm

Meningkatkan daya saing membutuhkan strategi yang bisa memberikan nilai tambah maksimal. Meningkatkan daya saing merupakan salah satu strategi marketing yang harus dilakukan dengan baik. Karena dalam menekuni dunia bisnis, pasti selalu muncul yang namanya persaingan. Persaingan sudah menjadi hal yang wajar terjadi dan tidak bisa dielakkan lagi. Seperti halnya peribahasa “ada gula ada semut”, maka dimana ada usaha maka di sana juga pasti ada pesaing yang ikut mengerumuni untuk bisa ikut menikmati peluang manis tersebut. Untuk itulah anda juga harus mampu memikirkan persaingan ini apabila akan memulai sebuah usaha.

Meningkatkan daya saingNah, untuk mengantisipasi gempuran persaingan pasar dari sudut manapun, Anda bisa mempraktikkan beberapa strategi marketing berikut ini. Berikut adalah strategi marketing yang Anda perlukan untuk keluar dari cengkeraman para pesaing dan untuk meningkatkan daya saing.

 

Pertama, bergerak aktiflah dalam mengamati perkembangan pasar dan juga melakukan evaluasi produk atau jasa yang Anda tawarkan. Karena perubahan minat dan juga kebutuhan para konsumen tentunya juga menjadi salah satu faktor penting yang harus Anda perhatikan. Untuk itulah, agar bisa memberikan nilai tambah bagi para konsumen Anda, seharusnya Anda juga melakukan survey pasar secara rutin. Survey pasar ini dilakukan untuk mengupgrade kualitas produk dan jasa yang Anda tawarkan. Misalnya sekarang Anda sedang berbisnis kuliner, maka Anda juga tetap harus mengetahui kebutuhan dan keinginan pasar. Sekarang, pasar selalu ingin mendapatkan pelayanan yang cepat, mudah dan murah. Nah, dengan begitu, Anda bisa memberikan layanan delivery service untuk usaha Anda. Delivery service ini bisa menjadi pancingan untuk memancing minat konsumen dan untuk meningkatkan daya saing bisnisnya di tengah tingkat persaingan yang semakin tinggi.

 

Meningkatkan daya saing juga bisa dilakukan dengan strategi yang kedua, yaitu dengan aktif mempromosikan brand bisnis yang Anda miliki. Karena seperti yang kita ketahui bersama, kepopuleran sebuah brand bisnis yang Anda usung akan memberikan nilai tambah terendiri untuk perkembangan bisnis Anda. Karena ketika bisnis Anda sudah mulai dikenal oleh masyarakat luas, maka tingkat kepercayaan konsumen juga akan semakin tinggi. Nah, jika tingkat kepercayaan konsumenn sudah tinggi, mereka tidak akan segan-segan untuk loyal terhadap brand Anda.

 

Ketiga, dengan mencari tahu tentang kelemahan dan juga kelebihan para pesaing. Karena selain aktif dalam mengevaluasi faktor internal di perusahaan Anda, Anda juga harus mengenali kelemahan pihak eksternal, yaitu para pesaing Anda. Dengan begitu, Anda akan mengetahui berapa kekuatan dan kelemahan Anda. Setelah mengetahui hal ini, Anda akan lebih mudah menaikkan kelebihan produk Anda.

 

Meningkatkan daya saing juga bisa dilakukan dengan cara yang keempat, yaitu dengan mempertahankan kekuatan produk Anda. Nah, setelah Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan para competitor Anda, sekarang saatnya Anda mempertahankan keunggulan yang Anda miliku untuk menjaring konsumen baru dan menjaga loyalitas para planggan. Karena jika produk Anda sudah mengena di hati para konsumen, maka peluang mereka untuk berpaling dari produk Anda juga semakin kecil. Contoh produk yang sudah sangat menguasai pasar walaupun diserbu para competitor adalah Pepsodent. Sekian tahun dan dikelilingi oleh produk competitor yang semakin banyak juga tidak menggoyahkan keloyalitasan konsumen terhadap produk ini. Itulah yang membuat Pepsodent berhasil menguasai pasar sampai hari ini.

 

Yang kelima, berani mengambil tantangan. Nah, untuk menarik minat konsumen, banyak sekali yang dilakukan untuk bisa meningkatkan daya saing bisnisnya, termasuk dengan mengambil beberapa tantangan di depan mata. Misalnya adalah dengan menawarkan inovasi-inovasi baru yang belum pernah ditemui oleh para konsumen.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS