October 22 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Strategi Mengontrol Keuangan Bisnis

By admin - Tue Sep 11, 3:58 pm

 

Mengontrol keuangan bisnis sangat penting karena akan berpengaruh pada kelangsungan bisnis Anda. Mengontrol keuangan bisnis membutuhkan strategi yang tepat agar tidak salah langkah. Karena sukses dalam merintis sebuah bisnis ternyata juga belum tentu memberikan jaminan untuk para pelakunya untuk bisa mengantongi keuntungan yang besar setiap bulan. Hal ini karena sebagian besar pelaku usaha belum mampu mengelola keuangan bisnisnya dengan baik, sehingga tidak heran jika masih banyak pelaku usaha, baik pemula maupun senior, belum bisa merasakan keuntungan yang maksimal dari bisnisnya tersebut.nah, itulah sebabnya Anda membutuhkan strategi yang akan membuat keuangan Anda tetap terkontrol dengan baik. Berikut beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk menyelamatkan keuangan bisnis Anda.

Mengontrol keuangan bisnis

Strategi pertama adalah dengan menyusun analisa ekonomi sebelum merintis sebuah bisnis. Jadi, Anda juga sudah harus menyiapkan analisa keuangan atau anggaran sebelum Anda memulai sebuah bisnis. Bahkan untuk bisa melihat seberapa besar prospek bisnis yang akan Anda jalankan, Anda harus mampu untuk menyusun analisa ekonomi terlebih dahulu. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis Anda. Selain itu, dengan membuat analisa ini anda juga akan mempunyai sedikit gambaran tentang modal bisnis yang harus Anda siapkan, berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk bisa balik modal serta besarnya laba usaha yang akan Anda terima nantinya.

Mengontrol keuangan bisnis juga bisa dilakukan dengan strategi yang kedua, yaitu dengan memisahkan buku laporan pengeluaran dan buku pemasukan. Strategi ini sangat penting untuk dilakukan agar Anda tahu langkah yang selanjutnya harus Anda ambil dengan uang bisnis yang sedang diputar tersebut. Strategi ini terbilang cukup praktis yang bisa Anda lakukan untuk mengamati sejauh mana kondisi keuangan bisnis Anda.

Strategi yang ketiga adalah dengan mencatat semua transaksi dengan teliti. Pencatatan sekecil apapun sangat berarti dan sangat penting untuk kelangsungan bisnis Anda. Banyak pelaku usaha yang mengesampingkan dan menganggap remeh proses pencatatan transaksi sehingga keluar-masuknya uang (pendapatan dan pengeluaran) tidak rapid an tidak ketahuan kemana arahnya. Padahal dari laporan dan pencatatan tersebut, para pelaku usaha bisa mengamati secara jelas aktivitas bisnis mereka setiap bulannya. Untuk itulah, jangan pernah menyepelekan proses pencatatan ini. Lakukan penncatatan setiap kali Anda melakukan pembelian atau menerima pemasukan usaha. Bila perlu, lengkapi juga dengan bukti transaksi seperti kwitansi, nota, invoice (surat tagihan) dan lain sebagainya.

Mengontrol keuangan bisnis juga bisa dilakukan dengan strategi keempat, yaitu dengan memisahkan uang laba dengan dana operasional bisnis. Dalam mengelola keuangan sebuah bisnis, Anda juga harus mampu memisahkan antara uang laba dengan uang khusus yang ditujukan untuk operasional bisnis. Dengan adanya pemisahan ini, para pelaku usaha, termasuk Anda, akan bisa lebih mudah mengalokasikan laba yang nantinya diterima untuk pengembangan bisnis atau untuk kepentingan pribadi yang lain. Untuk keperluan operasional bisnis, Anda bisa menggunakan dana anggaran yang memang sudah disiapkan setiap bulannya. Di sini juga seharusnya sudah Anda persiapkan dan rencanakan agar tidak mengganggu aktivitas bisnis yang lain.

Strategi terakhir adalah dengan melakukan rekap laporan keuangan setiap bulan. Strategi ini akan semakin mempermudah para pelaku usaha untuk membuat laporan laba rugi tahunan. Sebaiknya Anda melakukan rekap pengeluaran, penjualan, laporan persediaan barang dan juga hutang setiap bulan. Sehingga Anda akan bisa memantau perkembangan bisnis Anda dnegan lebih mudah. 

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS