November 21 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Strategi Menghadapi Persaingan Pasar

By admin - Thu Jun 28, 5:15 pm

 

Strategi menghadapi persaingan pasar bukanlah sesuatu yang mudah. Strategi menghadapi persaingan pasar harus mampu menghadapi berbagai macam tantangan dan persaingan. Bagus atau tidaknya peluang yang ada di pasar diukur dari tingginya permintaan pasar. Itulah yang menyebabkan sekarang tingkat persaingan semakin ketat. Anda bisa dikatakan berhasil di dalam pasar apabila Anda mempunyai kemampuan untuk bertahan dan menjadi pemain sukses yang berhasil menjual produk dan meraup profit yang tinggi.

Strategi menghadapi persaingan pasar

Bagi Anda pemain baru yang tidak tahu bagaimana harus berjalan melewati persaingan yang semakin ketat, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk bisa memenangkan pasar. Strategi pertama adalah dengan mengamati pasar dan mengenali para pesaing Anda. Di dalam menghadapi persaingan, Anda harus melihat potensi pasar yang sudah ada untuk kemudian Anda analisis. Jangan lupa untuk mencari tahu pesaing yang paling kompeten sehingga Anda tidak akan salah langkah dalam menentukan strategi apa yang akan Anda lakukan. Karena logikanya, jika Anda sudah tahu para pesaing Anda dan bagaimana mereka berlari, maka Anda pun juga akan lebih mudah untuk menghadapinya.

Strategi menghadapi persaingan pasar yang kedua adalah menciptakan produk yang berbeda. Karena dengan menciptakan produk yang unik dan belum pernah digunakan sebelumnya akan menambahkan nilai lebih pada produk Anda. para konsumen juga akan memandang produk Anda lebih mengena di hati mereka dan akan lebih mudah diingat. Anda harus menciptakan ciri khas dan daya tarik tersendiri bagi para konsumen Anda. Jadi, jika suatu saat konsumen hanya sekilas saja mendengar salah satu cirri dari produk Anda, maka dia akan langsung teringat pada produk Anda. yang pada akhirnya mereka tetap akan memilih produk Anda dibandingkan dengan produk yang lain.

Strategi ketiga adalah dengan menonjolkan keunggulan produk Anda. fokuskan pemasaran Anda untuk menonjolkan keunggulan produk Anda. Misalnya dengan memberikan pelayanan prima dan juga mempertahankan kualitas produk Anda pada produk yang selama ini Anda tawarkan ke konsumen. Hal ini nantinya akan menciptakan loyalitas konsumen terhadap produk Anda. Dan semakin hari tingkat loyalitas ini akan semakin meningkat apabila Anda terus menerus mempertahankan kualitas produk Anda. Strategi keempat adalah dengan mempelajari kelebihan dan kelemahan pesaing. Dengan cara inilah Anda akan tahu kelebihan yang dimiliki oleh para pesaing Anda. dnegan begitu, Anda bisa memanfaatkan celah berupa kelemahan pesaing untuk menjadi pemenang di persaingan pasar. Ciptakanlah produk yang tidak diciptakan oleh para pesaing. Berikanlah pelayanan yang tidak diberikan oleh para pesaing Anda dan tawarkan apa yang tidak dimiliki oleh pesaing. Dengan begitu, peluang Anda untuk memenangkan persaingan lebih terbuka.

Strategi menghadapi persaingan pasar yang kelima adalah dengan menawarkan harga yang bersaing. Memberikan harga yang bersaing bukan berarti Anda membanting harga sehingga tidak mendapat profit. Yang dimaksud dengan memberikan harga bersaing adalah dengan memberikan bonus atau diskon untuk pembelian tertentu. Diskon merupakan tawaran yang paling banyak ditawarkan, dan Anda bisa menggunakan strategi yang lain, misalnya menawarkan buy one get one.

Strategi keenam adalah dengan membuat event untuk mempromosikan produk Anda. Cara ini seringkali digunakan oleh para pelaku bisnis di dunia. Karena dengan cara ini akan sangat mampu meningkatkan profit dan daya beli masyarakat. Selamat mencoba.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS