November 14 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Strategi Mengelola Karyawan bagi Pengusaha UKM

By admin - Tue Jun 26, 4:36 pm

 

Strategi mengelola karyawan bagi pelaku UKM juga bisa mempengaruhi tingkat kesuksesan Anda. Strategi mengelola karyawan ini akan menciptakan loyalitas karyawan yang kemudian akan semakin menguatkan hubungan Anda dengan mereka dan memperlancar pergerakan bisnis. Sehingga produktivitas perusahaan akan semakin maksimal dan lancar. Sebelum mengelola karyawan, tentu saja Anda diwajibkan untuk merekrut karyawan yang produktif dan kreatif. Sehingga untuk kedepannya bisa diharapkan mempunyai kinerja yang baik.

Strategi mengelola karyawan

Walaupun terhitung masih usaha kecil menengah, mengatur karyawan tetaplah bukan perkara mudah. Karena setiap karyawan yang Anda rekrut pasti mempunyai kemampuan dan karakter yang berbeda-beda. Sehingga Anda sebagai pemimpin usaha harus mampu menjadi pemimpin yang baik dan pintar untuk membangun komitmen para karyawannya. Berikut adalah beberapa strategi yang bisa Anda gunakan untuk mengelola UKM dan para karyawannya.

Strategi mengelola karyawan yang pertama adalah dalam membangun komitmen karyawan, Anda membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal inilah yang harus dipahami oleh Anda sebagai pemimpin. Komitmen dan loyalitas karyawan tidak bisa dibangun dalam sehari. Anda membutuhkan beberapa waktu untuk mampu membangun semua itu. Anda pun dituntut untuk mampu mengamati perkembangan karyawan Anda setiap hari dan setiap kali mengerjakan pekerjaan. Anda sebagai pemimpin juga harus memberikan teladan yang baik agar nantinya bisa membuat mereka semakin loyal terhadap Anda dan usaha yang Anda jalankan. Karena walaupun Anda memberikan fasilitas dan gaji yang baik tetapi jika Anda tidak bisa menjadi teladan yang baik, maka banyak karyawan yang akan meninggalkan usaha Anda.

Strategi kedua adalah dengan melakukan pendekatan secara personal. Hal ini akan membangun kondisi lingkungan kerja yang menyenangkan dan nyaman. Walaupun Anda sebagai pemimpin, jangan hanya bisa mengkritik atau membentak saja, Anda harus mampu menjadi “orang tua” bagi para karyawan Anda. Sehingga mereka juga akan merasa hormat dan loyal kepada Anda. Apabila ada karyawan yang sudah lama bekerja di usaha Anda, Anda bisa melakukan pendekatan yang lebih personal lagi. Misalnya misalnya ada karyawan Anda yang melahirkan, Anda bisa menjenguknya dan memberikan bingkisan. Hal ini akan membuat karyawan tersebut semakin nyaman dan aman berada di usaha Anda.

Strategi mengelola karyawan yang ketiga adalah dengan membekali karyawan Anda dengan pelatihan dan orientasi tentang usaha Anda. Hal ini akan membantu meningkatkan kreativitas dan kinerja mereka. Karena setiap karyawan pasti membutuhkan pelatihan dan orientasi tentang profit usaha dan budaya kerja yang ada di usaha Anda. Jadi, jangan pernah ragu untuk memberikan bekal berupa pelatihan dan orientasi kepada para karyawan Anda. Hal ini akan membuat mereka merasa lebih berkualitas dan kinerjanya juga akan lebih meningkat. Jika sudah begitu, maka keuntungan yang akan Anda dapatkan juga akan lebih besar.

Strategi keempat adalah dengan memberikan supervise untuk menjaga kualitas kerja karyawan. Supervisi atau pengawasan ini yang akan menjada kinerjanya. Terkadang karyawan yang tidak diawasi akan merasa lebih bebas dan seenaknya sendiri dalam mengerjakan tugasnya. Jadi, Anda harus memperhatikan factor pengawasan langsung agar kinerjanya tetap terjaga. Kondisi ini juga kemudian yang menuntut Anda untuk turun langsung untuk survey dan melihat kinerja karyawan Anda. Tetapi pastikan kehadiran Anda tetap menjaga kinerja para karyawan dengan baik. Salam sukses UKM Indonesia.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS