November 19 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Strategi Mengelola Bisnis Keluarga

By admin - Fri Sep 07, 4:55 pm

 

Mengelola bisnis keluarga tentu saja menjadi penting untuk mempertahankan eksistensi bisnis tersebut. Mengelola bisnis keluarga membutuhkan strategi yang tepat agar tidak salah langkah dan mengorbankan bisnis yang udah ada sejak lama. Dan mempertahankan eksistensi ini tidaklah mudah seperti yang kita bayangkan. Dalam mengelola bisnis keluarga, dibutuhkan generasi yang cukup handal serta penanganan usaha secara professional agar bisnis tersebut semakin matang dan berkembang di tangan penerusnya. Untuk itulah sebelum memilih atau menentukan calon pewaris, sebaiknya perhatikan beberapa strategi berikut.

mengelola bisnis keluarga

Sedini mungkin persiapkan calon penerus

Ibaratkan saja seperti sebuah kerajaan dimana perintis usaha sudah harus mempersiapkan calon penerusnya sebelum bisnis tersebut benar-benar diserahkan secara keseluruhan. Hal ini sangat penting untuk segera membangun mental dan keahlian sang penerus agar lebih matang. Sehingga untuk kedepannya diharapkan bisnis keluarga yang dilimpahkan pada generasi berikutnya bisa semakin besar dan tidak kalah bersaing dengan bisnis lain yang sudah ada di pasaran.

 

Mengelola bisnis keluarga juga bisa dilakukan dengan membedakan urusan pribadi dengan urusan bisnis

Walaupun bisnis yang ada sudah dikembangkan oleh keluarga, tapi sebisa mungkin pisahkan antara urusan pribadi dengan kepentingan operasional bisnis. Langkah ini harus benar-benar ditetapkan agar bisnis Anda dikelola secara professional dan segala permasalahan pribadi tidak boleh dicampuradukkan. Cara ini bisa dimulai dengan memisahkan antara waktu keluarga dan waktu kerja, keuangan keluarga dan keuangan bisnis, serta lokasi usaha dan lokasi rumah.

 

Mempertahankan cirri khas bisnis

Karena kunci kesuksesan bisnis keluarga ada pada kekuatan ciri khas atau cita rasa yang terus terjaga dari setiap generasi, mulai dari generasi perintis sampai generasi penerusnya. Untuk itulah jika Anda melakukan sebuah inovasi untuk memperluas sayap bisnis Anda, jangan lupa untuk tetap mempertahankan cirri khas yang ada. Hal ini akan menjaga loyalitas konsumen yang sudah terbangun dari beberapa generasi sebelumnya.

 

Membangun komunikasi yang efektif

Untuk memperlancar jalannya bisnis keluarga dan menghindari adanya perselisihan antar anggota keluarga, sebaiknya Anda menciptakan komunikasi yang efektif. Hal ini bertujuan untuk membangun hubungan kerja dan ikatan persaudaraan yang semakin kompak dan kuat. Jika komunikasi antar anggota keluarga berjalan dengan lancer, maka semua permasalahan yang ada akan bisa diselesaikan dengan kekeluargaan dan bersama untuk perkembangan bisnis.

 

Mengelola bisnis keluarga tidaklah terlalu membingungkan jika Anda mampu melakukan strategi yang tepat. Bukannya menggampangkan, tetapi jika Anda mampu menjaga kerukunan antar anggota keluarga dan menjalankan bisnis ini dengan professional, maka Anda akan lebih mudah dalam menjalankannya. Bersama dengan anggota keluarga lainnya, Anda bisa berjalan bergandengan tanpa pertentangan yang saling menjatuhkan. Bahkan seharusnya sejak sebelum sang pewaris ini dewasa, harus sudah sudah dipersiapkan. Misalnya mental dan pendidikannya. Seorang peneru akan mampu membawa sebuah bisnis tua menjadi bisnis baru dengan cita rasa yang sama. Hal inilah yang nantinya akan membuat sebuah bisnis keluarga lebih berani berkoar di dunia bisnis yang semakin ketat.

Kerukunan antar anggota keluarga juga memberikan peranan penting bagi para pelaku usaha untuk mempertahankan eksistensi bisnis keluarga yang sudah sejak lama didirikan. Jangan sampai hanya karena salah satu anggota keluarga terlibat masalah menjadikan bisnis keluarga sebagai korban yang akhirnya tidak bisa bertahan lebih lama lagi. Untuk itulah, sedini mungkin, rangkul semua anggota keluarga dan jalankan bisnis keluarga bersama-sama, walaupun hanya ada satu pewaris utama.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS