November 15 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Strategi Menentukan Brand Produk

By admin - Thu Jun 28, 5:08 pm

 

Strategi menentukan brand produk harus hati-hati karena brand adalah salah satu ujung tombak yang membuat produk Anda dikenal. Strategi menentukan brand produk sama seperti kerepotan orang tua pada saat memikirkan nama bayinya. Ramainya persaingan pasar dan banyaknya brand-brand internasional yang mulai menguasai konsumen Indonesia, mendorong para pemula untuk lebih selektif dan kreatif dalam menentukan brand produknya. Sebab, tidak hanya keunikan namanya saja yang perlu diperhatikan para pengusaha, namun mereka juga harus menyesuaikan nama tersebut dengan visi dan misi, jenis produk atau jasa yang akan ditawarkan, serta memperhatikan target pasar yang akan dibidik, agar brand tersebut mudah diingat para konsumen dan berhasil mengakar dengan kuat hingga pada akhirnya bisa tercipta sebuah brand positioning.

Strategi menentukan brand produk

Untuk membantu para pemula dalam menentukan brand produk bagi bisnisnya, pekan ini akan kami informasikan beberapa faktor penting yang perlu Anda perhatikan dalam menentukan sebuah nama. Factor pertama adalah brand yang mudah diingat dan dimengerti. Faktor pertama yang perlu Anda perhatikan yaitu menentukan nama atau brand produk yang mudah diingat dan dipahami para konsumen. Hal ini bisa meliputi bahasa dan keunikan nama yang digunakan para pengusaha.

Strategi menentukan brand produk yang pertama tersebut bisa mengakibatkan kemapanan pada produk Anda. Sampai hari ini masih banyak pelaku usaha yang senang menggunakan nama atau brand produk dengan kosa kata yang terlalu unik dan terasa asing ditelinga para konsumen, sehingga tidak sedikit konsumen yang cukup kesulitan dalam mengingat brand tersebut. Karenanya, untuk memanfaatkan celah pasar yang semakin sempit, usahakan untuk memilih nama yang cukup simple agar pesan brand yang Anda tawarkan tidak meleset dan mudah dipahami para konsumen. Contohnya saja seperti fenomena brand “Extra Joss” minuman berenergi asli Indonesia yang sekarang ini telah melekat di hati para konsumen dan berhasil mendunia.

Strategi yang kedua adalah dengan memastikan produk Anda dalam satu naungan brand. Ketika perusahaan Anda mulai berkembang besar dan memproduksi aneka macam produk yang semakin beragam, pastikan bahwa Anda tetap berada dalam satu naungan brand sehingga konsumen tidak sulit mengenali produk Anda dan semakin percaya dengan bisnis Anda karena melihat pertumbuhannya yang semakin hari semakin besar.

Strategi menentukan brand produk yang ketiga adalah dengan mendefinisikan brand Anda. Sebelum memperkenalkan brand produk Anda kepada masyarakat luas, pastikan bahwa Anda telah mendifinisikannya terlebih dahulu sebelum akhirnya meyakinkan para konsumen. Dalam hal ini ada dua cara yang bisa Anda gunakan, yakni yang pertama dengan memberikan sebuah arahan atau penjelasan secara kontinyu kepada para konsumen mengenai definisi produk Anda. Contohnya saja seperti strategi pemasaran apotek K24 yang berusaha memberikan arahan kepada para konsumen bahwa apotek tersebut memiliki koleksi obat yang Komplit dan buka selama 24 jam nonstop setiap harinya. Sedangkan cara yang kedua dengan mempersilahkan konsumen untuk mendefinisikan brand produk Anda.

Strategi manapun yang Anda pilih, pastikan Anda membuatnya “mengena” di hati masyarakat luas. Walaupun produk Anda hanya produk kecil, tetapi pastikan Anda tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk bisa dikenal secara luas sebagai produk yang memasyarakat. Sampai membuat masyarakat sellau terbayang produk Anda. Misalnya Anda mempunyai usaha kedai mie ayam “So mie”. Kemudian masyarakat yang sudah “terhipnotis” produk Anda akan langsung menyebut “so mie” sebagai pilihan yang paling menarik.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS