November 15 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Strategi Mencari Tahu Keinginan Pelanggan

By admin - Mon Jul 02, 4:41 pm

 

Keinginan pelanggan terkadang tidak bisa ditebak. Keinginan pelanggan merupakan salah satu factor penting untuk bisa melangkah kedalam kesuksesan berbisnis. Secara riil harus benar-benar diketahui apa saja yang dinginkan dan dibutuhkan oleh para konsumen Anda. karena dengan mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumen, Anda bisa memastikan target pasar yang Anda rencanakan berjalan dengan lancer dan sesuai dengan karakter produk Anda. Setelah Anda menawarkan produk atau jasa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh konsumen, maka setelah mereka membeli produk atau jasa Anda, mereka pun akan berubah menjadi pelanggan. Sehingga biaya pemasaran Anda akan menurun.

Keinginan pelanggan

Sebelum Anda memutuskan untuk launching produk atau jasa Anda tidak ada salahnya Anda melakukan survey pasar untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan pasar. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui keinginan pelanggan. Walaupun beberapa langkah ini penuh ketelitian dan cukup rumit, tetapi akurasi data akan membantu Anda menemukan jalan terbaik untuk produk atau jasa Anda. Langkah pertama adalah dengan bertanya kepada pelanggan. Langkah ini merupakan langkah sederhana yang sangat efektif. Jadi, Anda sebagai penjual tidak harus selalu yakin pada asumsi Anda sendiri tanpa memperdulikan keinginan calon konsumen. Walaupun sederhana, banyak penjual yang melupakan langkah ini. Salah satu contoh sederhana dari langkah ini adalah seorang hairstylist bertanya pada pelanggan tentang potongan rambut seperti apa yang diinginkan. Walaupun nantinya hairstylist tersebut mmeberikan saran, tetapi yang menjadi pertimbangan utama adalah keinginan konsumen.

Keinginan pelanggan juga bisa dilihat dengan langkah kedua yaitu menjadi pelanggan dari bisnis Anda sendiri. Dengan memposisikan diri Anda sendiri sebagai pelanggan, Anda bisa memahami apa yang sedang konsumen Anda pikirkan tentang produk atau jasa Anda. Dari sini Anda akan belajar tentang apa yang konsumen inginkan dan butuhkan, tentu saja dari sudut pandang konsumen.

Langkah ketiga yaitu dengan focus group. Focus group merupakan representasi dari para konsumen Anda secara keseluruhan. Mereka membawa tugas untuk mengidentifikasi berbagai macam kebutuhan dan keinginan para konsumen. Langkah keempat adalah dengan questioner dan survey. Cara ini adalah salah satu cara yang popular di kalangan para pebisnis. Cara ini dinilai efektif karena bisa mengetahui keinginan para konsumen. Bentuk tertulis daru survey dan questioner ini adalah cara yang dilakukan dengan menyebarkan questioner dan kemudian hasil yang didapat dibuat analisa.

Keinginan pelanggan juga bisa dilihat dari statistic pelanggan. Dari sini Anda bisa melakukan analisis apakah konsumen Anda puas terhadap produk yang Anda jual, apakah mereka hanya membeli produk Anda satu kali atau berkelanjutan dengan pembelian selanjutnya, dan lain sebagainya. Jika jawabannya positif, misalnya mereka membeli produk Anda lebih dari sekali dan merasa puas dengan produk Anda, maka produk Anda sudah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Anda hanya perlu berinovasi lebih lanjut agar tidak mudah ditiru oleh para pesaing Anda.

Langkah keenam adalah dengan Front Line Staff. Front Line Staff adalah orang-orang yang paling mengerti apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen Anda. Anda harus menjadikan front line officer sebagai pembangun kekuatan untuk menjembatani usaha Anda dengan para konsumen. Dengan mengikuti keinginan dan kebutuhan masyarakat, maka Anda akan mampu mempererat hubungan dengan para konsumen. Sehingga, usaha Anda akan berada dala tingkat kepercayaan yang tinggi di mata masyarakat atau konsumen Anda.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS