November 18 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Strategi Memulai Usaha Kecil

By admin - Fri Jul 13, 12:47 pm

 

Memulai usaha kecil tidak boleh dilakukan dengan sekenanya. Memulai usaha kecil membutuhkan ide usaha yang cukup brilliant untuk bisa bersaing di tengah persaingan usaha kecil yang semakin menjamur. Belasan atau puluhan ide usaha ini sudah banyak yang memakainya, lalu ide apa lagi yang bisa Anda jalankan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda bisa mencari informasi tentang kewirausahaan di majalah, internet, tabloid, surat kabar, televisi, radio, saudara, teman, kenalan dan berbagai macam sumber yang lain.

Memulai usaha kecil

Tetapi Anda harus bisa menyaring mana saja yang bisa Anda andalkan karena masalahnya, terlalu banyak informasi juga malah akan semakin membingungkan. Jika banyak kalangan yang berkata bahwa bisnis yang Anda pilih sebaiknya yang sesuai dengan passion atau hobi Anda, hal tersebut memang ada benarnya tetapi harus dengan pengertian yang tidak sempit. Hobi di sini harus diperluas pemaknaannya yaitu sesuatu yang Anda gemari. Sesuatu yang membuat Anda semangat ketika mengerjakan hal tersebut. Karena semakin Anda percaya dan bersemangat untuk menjalankan produk atau jasa Anda, maka konsumen juga akan semakin percaya dan berdatangan ke usaha Anda tersebut. Jadi, peluang untuk menjadi sukses dan berhasil akan semakin terbuka.

Memulai usaha kecil harus dimulai dengan apa yang Anda sukai. Apapun jenis usaha yang Anda pilih, selalu pastikan bahwa Anda menyukainya. Lalu untuk memilih usaha mana yang cocok untuk Anda, ada 3 faktor utama yang harus Anda perhatikan. Faktor pertama adalah dengan mengenali pribadi Anda. Tentu saja kenali pribadi Anda yang berhubungan dengan usaha. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang tinggi dan cepat, tentunya toko kelontong bukan menjadi pilihan. Pilihan yang sesuai dengan tipe seperti ini adalah proyek. Karena walaupun proyek hanya ada sesekali saja, tetapi sekali jalan keuntungan yang didapat sangat tinggi. Untuk mengenali pribadi Anda, Anda juga bisa meminta pendapat orang-orang terdekat Anda. Setelah Anda mempunyia gambaran tentang pribadi Anda, Anda harus menemuka alasan mengapa Anda membuka usaha tersebut. Kemudian jadikan alasan tersebut sebagai motivasi dalam berusaha. Yang tidak kalah penting adalah dengan mengenali kemapuan dan bakat Anda.

Faktor yang kedua adalah penentuan jenis usaha. Anda harus mengenali karakter usaha yang ada dan buatlah analisis apakah usaha yang sudah ada tersebut akan berlanjut di masa yang akan datang. Misalnya warung makan, rental computer, konter handphone, toko kelontong, dan lain sebagainya. Atau ada juga usaha yang bersifat temporer, misanya penyewaan tenda, event organizer, jasa terjemahan, dan lain sebagainya. Pilihlah jenis usaha mana yang Anda sukai, apakah kontinyu atau temporer.

Memulai usaha kecil juga harus memperhatikan faktor kunci yang ketiga, yaitu memperkirakan kemampuan Anda saat ini untuk menjalankan usaha tersebut. Kemampuan ini meliputi keahlian aspek teknis dalam menjalankan sebuah usaha, modal usaha, bagaimana mengantisipasi persaingan, pengelolaan keuangan, dan lain sebagainya.

Jika ada peribahasa yang mengatakan “tak kenal maka tak sayang”, maka peribahasa ini juga cocok jika diaplikasikan ke dalam ranah bisnis. Bagaimana mungkin? Karena ketika Anda memutuskan untuk membuka sebuah usaha (walaupun usaha kecil), Anda harus mengetahui seluk beluk usaha yang akan Anda geluti tersebut. Karena pemahanan ini akan berpengaruh pada tingkat resiko yang akan Anda hadapi nantinya. Jadi, semakin Anda mengenal usaha yang akan Anda jalankan, maka semakin kecil resiko yang menghadang. Sebaliknya, semakin sedikit pemahaman yang Anda miliki, akan semakin besar pula resiko yang akan menghadang Anda. Maka, untuk mengantisipasi besarnya resiko, sebaiknya Anda mengenal usaha yang Anda pilih lebih dalam.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS