November 23 2014
  • 1
Jakarta, ID - 32 °CPartly Cloudy - Humidity: 62%
Advertisement

Strategi Memulai Usaha Event Organizer (EO)

By admin - Tue Jul 10, 4:22 pm

Strategi memulai usaha event organizer (EO) membutuhkan koordinasi yang tidak main-main. Strategi memulai usaha event organizer (EO) membutuhkan keberanian yang serius. Saat ini, usaha Event Organizer atau Wedding Organizer terbilang sangat cerah. Hal ini karena banyak acara yang diselenggarakan tetapi kebanyakan mereka tidak sempat mengatur segala detailnya sendiri, untuk itulah mereka membutuhkan jasa Event Organizer yang akan menangani semua yang mereka butuhkan. Mereka tinggal menyebutkan apa saja yang mereka inginkan, mulai dari konsep sampai warna setting, dan sang Event Organizer akan mewujudkan keinginan Anda tersebut.

Strategi memulai usaha event organizer (EO)Tidak hanya acara-acara besar pesta pernikahan dan wisuda saja yang membutuhkan jasa Event Organizer, tetapi banyak jenis acar yang lain, diantaranya pameran, festival, perlombaan, konser music, pesta ulang tahun, dan lain sebagainya. Di sinilah kesempatan besar menanti Anda. Jadi, bersiaplah dengan beberapa strategi berikut ini untuk bisa memulai usaha ini. Strategi yang pertama adalah dengan bekal pengalaman. Jika Anda aktif dalam kegiatan di sekolah dulu, maka kegiatan mengatur acara sudah bukan hal yang mengagetkan bagi Anda. Anda bisa menjadikan pengalaman kepanitiaan pada saat sekolah dan kuliah sebagai modal Anda. paling tidak, Anda mempunyai modal untuk mengetahui prosedur dalam mengelola suatu kegiatan, misalnya penyusunan proposal, eksekusi di lapangan dan lain sebagainya.

Strategi memulai usaha event organizer (EO) yang kedua adalah ide kreatif. Ide kreatif merupakan salah satu modal utama yang harus Anda miliki dan kuasai. Karena bisnis EO berhubungan erat dengan bisnis hiburan dan komunikasi, ketertarikan dan kepuasan klien. Semua hal mendetail tersebut harus Anda perhatikan dengan seksama. Jika Anda menyepelekan orisinalitas ide dan kreativitas, maka Anda harus bersiap-siap gigit jari. Walaupun dalam kenyataannya kreatifitas tidak selalu orisinil, tetapi paling tidak Anda mempunyai kemampuan untuk mengembangkan sebuah ide yang sudah ada sebelumnya. Hal inilah yang dimaksud dengan inovasi. Jadi, berani berkreasi dan berinovasi adalah kunci kesuksesan usaha ini.

Strategi ketiga adalah dengan tebar relasi. Relasi merupakan salah satu modal awal yang sangat penting bagi bisnis EO. Hal ini dikarenakan dukungan dari relasi bisnis, baik sponsor maupun klien adalah kunci sukses pada acara yang diselenggarakan dan acara-acara lain yang mengikutinya. Jadi, sebelum Anda memulai bisnis ini, sebaiknya buatlah daftar terlebih dahulu apakah Anda mempunyai relasi yang kuat, baik semasa sekolah, semasa kuliah, dan lain sebagainya yang mempunyai posisi penting di dalam ebuah perusahaan. Karena ketika Anda sudah mempunyai relasi, maka akan banyak yang lebih percaya pada EO Anda dan akan banyak job yang berdatangan dari para relasi tersebut dan bisa berkembang ke relasi-relasi baru yang lain.

Strategi memulai usaha event organizer (EO) yang keempat adalah modal. Modal sangat diperlukan untuk mengawali sebuah usaha. Sedangkan untuk bisnis ini, modal awal yang harus Anda keluarkan adalah untuk menyewa kantor, legalitas usaha (CV atau PT), biaya telekomunikasi, pengadaan alat kantor, biaya persiapan event, biaya perijinan, dan lain sebagainya. Tetapi ada cara lain jika Anda tidak mempunyai cukup modal untuk memulai bisnis ini, yaitu dengan mencari investor. Atau Anda juga bisa memulai bisnis ini di rumah agar lebih menghemat biaya pengeluaran pada awal terbentuk usaha ini.

Strategi kelima adalah tim solid. Perlu diketahui bahwa usaha EO adalah sebuah tim. Dan menemukan tim yang solid itu tidak mudah. Untuk itulah sebaiknya Anda bekerja sama dengan beberapa rekan yang sudah berpengalaman di bidang ini. Dengan begitu, loyalitas dan soliditas tim akan tampak dan kuat. Strategi keenam adalah mitra kerja. Mitra kerja akan membantu Anda mengadakan event, misalnya sound system dan tata lampu, tempat acara, panggung scafholding, dan lain sebagainya.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement