November 19 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Strategi Memulai Usaha Catering

By admin - Tue Jul 10, 4:19 pm

Strategi memulai usaha catering harus disusun bahkan pada saat Anda baru sekedar berangan-angan untuk memutuskan usaha ini. Strategi memulai usaha catering bisa juga dilakukan berdasarkan pertimbangan untuk mencapai kesuksesan dari bidang catering yang sangat Anda gemari. Jika Anda sangat menyukai dunia masak-memasak, maka usaha jenis ini harusnya membangkitkan passion Anda sendiri. Ketika Anda sudah mempunyai passion di dalam sebuah bisnis atau usaha yang Anda rintis, maka keberhasilan akan menyusul Anda segera.

Strategi memulai usaha cateringLalu apakah dalam membangun sebuah bisnis hanya membutuhkan passion? Tentu saja tidak. Karena Anda juga membutuhkan beberapa strategi yang matang agar passion Anda juga menghasilkan kesuksesan yang maksimal. Berikut ini adalah beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk bisnis Anda. Strategi yang pertama adalah dengan menyusun perencanaan menu. Terlebih jika Anda hobi memasak dan kuliner, Anda pasti akan sangat bersemangat untuk merencanakan menu apa saja yang akan menjadi menu andalan Anda. Perencaan menu ini tentunya juga membutuhkan target pasar yang Anda bidik, apakah itu pesta pernikahan, pesta ulang tahun, arisan, pesta wisuda atau jenis yang lainnya. Masing-masing target market tersebut tentunya membutuhkan pertimbangan tersendiri untuk Anda.

Strategi memulai usaha catering yang kedua adalah dengan memastikan Anda menghubungi beberapa pihak berwenang untuk melihat persyaratan apa saja yang dibutuhkan untuk memulai sebuah usaha catering. Hal ini mencakup inspeksi, izin, lisensi dan juga asuransi. Beberapa hal ini tidak bisa Anda abaikan begitu saja karena ini merupakan salah satu kewajiban Anda sebagai warga Negara yang baik. Walaupun ada beberapa diantara hal tersebut yang membutuhkan biaya mahal, tetapi Anda akan mendapatkan kenyamanan dan kemapanan yang akan membuat usaha Anda semakin berkembang.

Strategi ketiga adalah dengan menentukan apakah Anda membutuhkan ruang kerja tambahan selain rumah Anda. Hal ini pastinya akan menjadi ganjalan di dalam diri Anda ketika Anda mempunyai target market yang besar tetapi lokasi usaha masih terbatas di rumah. Untuk bisa menangani hal ini, Anda tidak harus langsung membeli dapur yang lebih luas, tetapi cukup sewa saja ruangan yang sekiranya cukup untuk memasak dalam jumlah besar. Tetapi jika modal Anda masih belum terkumpul, sebaiknya mulailah dari rumah Anda. Setelah usaha Anda berkembang, mulailah menyewa tempat yang lebih besar untuk memasak dan menyimpan beberapa perlengkapan yang Anda butuhkan. Dan ketika usaha Anda sudah sangat berkembang, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli ruangan khusus untuk usaha Anda, sehingga tidak mengganggu kegiatan di dalam rumah tangga Anda.

Strategi memulai usaha catering yang keempat adalah dengan menentukan jenis makanan apa saja yang ingin Anda jual. Misalnya apakah Anda memilih masakan tradisional, Internasional, atau campuran. Pastikan Anda juga memberikan penawaran menu special dan unik. Menu special dan unik ini bisa Anda ambil dari campuran menu kesukaan Anda sendiri dan bisa Anda modifikasi. Strategi kelima adalah dengan menyiapkan beberapa piring saji, serbet, gelas, dan perlengkapan penunjang lainnya. Fasilitas untuk mengangkut beberapa item tersebut juga harus Anda pikirkan. Strategi ini merupakan modal terbesar dalam usaha catering.

Strategi kelima adalah dengan menyiapkan iklan terbaik. Iklan terbaik adalah iklan dari mulut ke mulut atau mouth to mouth. Misalnya Anda selesai memberikan pelayanan kepada salah seorang customer, maka Anda bisa meminta referensi kepadanya. Strategi yang kedelapan adalah dengan menyiapkan brodur atau halaman kuning untuk iklan. Anda tidak perlu memasang iklan di televise karena tentunya akan sangat mahal. Strategi kesembilan adalah dengan memastikan kualitas makanan Anda.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS