December 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Strategi Memulai Bisnis Laundry

By admin - Thu Jun 07, 5:21 pm

Memulai bisnis laundry terkadang menimbulkan dilemma antara pihak penyelenggara. Memulai bisnis laundry harus diperhatikan dari perincian-perincian terkecil agar tidak terjadi kesalahan kedepannya. Perician harus dilakukan mulai dari modal, perincian biaya untuk membeli alat dan fasilitas sampai perkiraan pengeluaran per bulan dalam bisnis ini, serta jangan lupa untuk memperkirakan keuntungan yang akan didapatnya. Selain itu, Anda juga memperkirakan apakah Anda ingin membagi usaha ini bersama seorang partner atau ingin membukanya secara mandiri.

Memulai bisnis laundry

Lalu bagaimana caranya jika seandainya kita tidak mempunyai cukupmodal untuk membeli mesin cuci atau perlengkapan lainnya? Apa yang harus dilakkan agar bisnis ini tetap berjalan. Pada kenyataannya, di Indonesia ada beberapa jenis usaha laundry yang berkaitan dengan masalah cuci-mencuci baju. Anda bisa melihatnya mulai dari laundry sederhana yang melayani cuci-setrika atau yang biasa dikenal dengan sebutan laundry kiloan sampai laundry dry cleaning. Untuk pemilihan jenis laundry mana yang cocok di daerah Anda, Anda harus melakukan survey terlebih dahulu.

Memulai bisnis laundry harus dimulai dengan melakukan survey lapangan. Untuk laundry kiloan, lebih cocok dibuka di daerah kos-kosan atau kontrakan. Karena sebagian besar penyewa kos atau kontrakan tidak mempunyai banyak waktu untuk mencuci pakaian mereka. Biasanya mereka tidak sempat atau tidak bisa melakukan cuci dan setrika baju sendiri. Ada kalanya pemilik kos atau kontrakan juga menyediakan fasilitas ini. Jika Anda mempunyai kos-kosan atau kontrakan, Anda bisa menambahkan laundry kiloan dalam kos yang dioperasikan oleh pembantu atau penjaga kos. Hal ini mmebuka dua peluang yang sangat menggiurkan, yaitu usaha kos atau kontrakan dan juga usaha laundry.

Selain usaha laundry kiloan, ada juga laundry & dry clean yang lebih canggih dan dahulu dikenal dengan istilah binatu. Usaha ini untuk laundry pakaian dicuci menggunakan mesin cuci, sedangkan untuk dry clean pakaian dibersihkan dengan cairan kimia khusus yang bisa membersihkan dan merontokkan kotoran di pakaian tanpa dicuci secara biasa. Usaha laundry & dry clean ini dulunya hanya digunakan untuk hotel-hotel mewah, apartemen mewah dan lain sebagainya. Kemudian bisnis ini mulai menjamur pada tahun 1990-an sejak adanya franchise dari luar negeri. Dan Anda bisa dengan mudah menemuinya di sekitar perumahan mewah. Jika Anda tertarik untuk mendirikan laundry jenis ini, Anda juga sebaiknya berhati-hati dalam memilih lokasi.

Memulai bisnis laundry untuk kelas menengah, Anda bisa memilih laundry kiloan. Jadi, laundry ini tidak dihitung per baju, tetapi per kilogram. Untuk meulai bisnis ini, berikut adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan dengan matang. Pertama, modal untuk investasi yang dibutuhkan untuk lokasi penjualan (outlet tempat menerima pelanggan atau cucian), lokasi mencuci, dan peralatan berupa mesin-mesin yang dibutuhkan, serta instalasi air, listrik, dan buangan air kotor. Lokasi tempat menerima cucian dan tempat mencuci bisa dilakukan di tempat yang sama atau terpisah, mengingat dibutuhkan instalasi air yang memerlukan ruang dan biaya yang juga besar.

Kedua adalah mesin yang dibutuhkan, yaitu: cash register (mesin hitung uang), mesin cuci baju kapasitas besar/ industri, mesin pengering baju kapasitas besar, mesin setrika press besar, dan setrika tangan. Mesin cash register digunakan di lokasi penerima cucian untuk mencatat dan menerima transaksi keuangan. Mesin cuci digunakan untuk mencuci pakaian yang bisa dicuci dengan mesin biasa, sedangkan pakaian yang tak bisa dicuci dengan mesin cuci biasa harus dicuci secara terpisah. Sedangkan untuk biaya operasional sehari-hari komponennya: biaya sewa tempat deterjen dan pelunak cucian, air, bahan kimia untuk dry-clean, dan SDM (pekerja). Untuk lokasi bisa di rumah sendiri, terutama lokasi untuk tempat mencuci. Sedangkan air, bisa pakai air tanah, tapi usahakan disaring lebih dulu karena air tanah yang kotor bisa merusak pakaian.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS