November 18 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Strategi Memulai Bisnis Kue Kering

By admin - Mon May 07, 4:57 pm

Bisnis kue baik kering maupun basah adalah salah satu usaha atau bisnis yang selalu propsektif menjelang hari raya baik itu Lebaran, Natal atau hari raya dan perayaan agama lainnya. Bisnis kue kering ini pasti sangat menguntungkan dan pangsa pasarnya pun tidak pernah sepi. Karena tidak semua orang bisa meluangkan waktunya untuk membuat kue kering sendiri . Inilah peluang yang harus di manfaatkan untuk memulai bisnis kue kering bagi Anda yang punya waktu luang dan bisa membuat kue. Peluang lain yang terbuka adalah menjadi reseller kue lebaran.

Bisnis kue

Berikut strategi dan tips untuk memulai usaha kue kering. Strategi pertama adalah anggaplah sebagai hobi. Bagi Anda yang sudah hobbi atau Anda yang sudah memiliki keahlian dalam membuat kue kering itu merupakan salah satu modal untuk memulai bisnis ini. Strategi kedua adalah cari banyak informasi. Anda yang belum memiliki keahlian dalam membuat kue kering carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang cara membuat kue kering yang praktis dan murah salah satunya dengan membeli tabloid yang berisi aneka tips dan resep-resep seputar kue kering dengan berbagai jenis dan rasa. Anda bisa mengumpulkan resep-resep kue kering dari beberapa sumber seperti dari koran, majalah dan televisi atau Anda bisa belajar langsung membuat kue kering dari teman atau saudara buatlah catatan kecil untuk mencatat resep tips dan langkah-langkah dalam pembuatannya.

Bisnis kue kering juga bisa menggunakan strategi ketiga yaitu membuat tester. Tester atau contoh kue kering yang akan Anda pasarkan pada kerabat, tetangga dan teman kantor baik teman kantor suami atau teman kantor teman lain. Strategi keempat yaitu dengan melakukan survey pasar. Sebelum memulai bisnis ini, sebaiknya lakukan survey pasar untuk mengetahui daya beli mereka, target pasar atau pemasaran kue kering Anda segmennya pada siapa saja, untuk tahap awal pemasaran bisa Anda lakukan pada tetangga, teman kantor, atau mencoba menitipkannya pada toko-toko makanan.

Strategi keempat yaitu perhatikan kualitas bahan. Anda harus menggunakan bahan-bahan yang berkualitas atau gunakan bahan-bahan yang masa kadaluarsanya masih lama jangan menggunakan bahan-bahan yang sudah kadaluarsa untuk mendapatkan untung yang banyak tetapi bisa membahayakan kesehatan. Strategi kelima yaitu membuat inovasi kue baru. Buatlah kue kering yang belum ada di pasar atau buat kue kering Anda memiliki ciri khas sehingga memiliki perbedaan dari yang lain. Ciri khas bisa kita peroleh dengan mencari ide-ide baru baik dengan penambahan bahan, bentuk yang lucu, dan rasa yang lezat untuk menghasilkan produk yang lebih variatif. Lakukan kontrol dengan ketat terhadap resep dan penggunaan bahan-bahan baku yang Anda gunakan untuk rasa produk yang konsisten.

Bisnis kue kering juga harus mempraktikkan strategi keenam, yaitu dengan memperhatikan kemasan kue. Jika Anda memulai menjalankan usaha kue kering ada hal lain yang penting Anda pikirkan yaitu kemasan yang menarik untuk memberi nilai lebih pada kue kering produksi Anda. Kemasan yang cocok untuk kue kering adalah toples kedap udara atau toples mika dengan penambahan selotip agar toplesnya rapat. Disain atau dengan sedikit penambahan ornament lainnya sehingga bisa lebih terlihat menarik sehingga meningkatkan penjualan.

Strategi terakhir yaitu percaya diri. Percaya diri merupakan hal terpenting dalam memulai suatu usaha, jangan khawatir dan berkecil hati dengan persaingan yang banyak, karena setiap usaha memiliki pasar yang berbeda dan segmen pasar yang luas sehingga usaha kue kering ini masih bisa prospek dan berkembang mengikuti trend yang ada.Bila bisnis ini berkembang dan mendapatkan keuntungan yang lebih, tidak ada salahnya usaha ini bisa Anda lanjutkan dan teruskan tidak hanya berhenti setelah hari raya saja, melainkan bisa lebih berkembang dan berkelanjutan.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS