November 19 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Strategi Memprediksi Tren Profesi

By admin - Tue Jul 10, 4:23 pm

Strategi memprediksi tren profesi akan bermanfaat bagi Anda yang ingin melihat kesempatan Anda dalam berkarir. Strategi memprediksi tren profesi bisa membuat Anda lebih waspada untuk melihat apa yang akan terjadi nanti, misalnya dalam 5 tahun ke depan. Karena dunia ini bergerak sangat dinamis, sehingga keinginan dan kebutuhan manusia juga semakin beragam. Dan perubahan inilah yang nantinya akan membuat banyak peluang kerja baru yang harus Anda isi dan pahami.

Strategi memprediksi tren profesiContoh dari perubahan ini adalah Wedding Organizer (WO). Peluang usaha ini sekitar 10 tahun yang lalu sama sekali tidak dilirik oleh siapapun. Masyarakat lebih cenderung merasa puas dengan hasil kerja keras mereka sendiri dalam mempersiapkan segala hal untuk pernikahannya. Tetapi seiring waktu berlalu dan banyak sekali pasangan yang akan menikah yang akhirnya masih sangat sibuk dengan pekerjaan mereka di kantor. Lalu apa yang akan terjadi? Mau tidak mau, mereka harus menyewa jasa WO yang akan meng-handle semua keinginan mereka di dalam pesta pernikahan. Dan hal ini menjadi peluang usaha yang sangat diminati dan sangat menjanjikan mengingat dalam satu tahun, ada banyak sekali pasangan yang menikah.

Strategi memprediksi tren profesi harus dilakukan sedini mungkin untuk melihat peluang tren atau kebutuhan masyarakat pada masa mendatang. Berikut ini adalah beberapa bidang profesi yang akan booming di tahun ini dan tahun-tahun mendatang. Bidang pertama adalah bidang cutomer service representative. Bidang pekerjaan ini membutuhkan kemapuan komunikasi yang baik, tanggap, menguasai minimal 2 bahasa (yaitu Bahasa Ibu dan Bahasa Inggris), serta mempunyai kesabaran untuk menghadapi keluhan konsumen. Di Indonesia sendiri, bidang ini sudah banyak menyerap lapangan pekerjaan. Jika Anda ingin melihat buktinya, cek di beberapa website penyedia lowongan pekerjaan, di sana pasti banyak sekali lowongan untuk menjadi CSR.

Bidang yang kedua adalah Network System & Data Communication Analyst. Profesi di bidang ini sangat berkembang mengikuti jaman sekarang yang selalu mengikuti jaringan internet. Selain profesi ini, profesi lain yang juga mempunyai bernaung di bidang yang sama dan mempunyai tren yang bagus adalah tenaga administrator dan web developer. Bidang yang ketiga adalah computer software engineer. Jika terpaku pada masa lalu, maka orang hanya akan berpandangan miring tentang profesi ini, karena di masa lalu masyarakat masih berkutat dengan mesin ketik. Sedangkan sekarang setiap kantor sudah menggunakan computer. Banyak pihak menilai bahwa bidang pekerjaan ini akan terus berkembang sampai 15 tahun mendatang.

Strategi memprediksi tren profesi juga melihat keunggulan pada bidang ke empat, yaitu creative art. Hal ini berhubungan dengan persaingan yang semakin ketat dan semua perusahaan ingin menonjolkan jasa atau produknya dengan promosi yang unik dan menarik. Dan dalam hal ini, creative art mempunyai kontribusi yang besar, yaitu meliputi penulis kreatif, desain grafis, art video dan art photo.

Bidang yang kelima adalah management analyst. Selain iklan, penasehat manajemen juga sangat dibutuhkan untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat dan berbahaya. Jadi, iklan dan penasehat perusahaan adalah dua hal yang sangat terkait satu sama lain. Bidang ketujuh adalah casual dining atau Fast Food Expert. Dari jaman dahulu kala, bisnis makanan merupakan bisnis yang tidak pernah ada matinya. Perbedaan usaha makanan dulu dan sekarang adalah jenis dan besarnya. Jika dulu lebih banyak berbentuk warung-warung makan, sekarang lebih cenderung pada restoran cepat saji.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS