December 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Strategi Mempertahankan Pelanggan Online

By admin - Wed Jun 20, 4:44 pm

Pelanggan online tentu saja lebih kompleks dan lebih susah di”atur” daripada pelanggan yang tampak nyata di depan kita. Tetapi jika kita berhasil menaklukkan para pelanggan online kita, maka yakinlah bahwa kemungkinan untuk bisa sukses akan lebih besar. Pelanggan di dunia maya tentu saja lebih beragam dan lebih banyak karena tidak terbatas pada tempat dan waktu. Jadi, apapun produk atau layanan yang Anda tawarkan di website Anda, Anda harus “memancing” calon-calon pelanggan untuk sekedar mau berkunjung ke “toko” Anda agar mengetahui keunikan yang Anda tawarkan.

Pelanggan online

Ketika Anda sudah mempunyai visitor yang mengunjungi website Anda, Anda tidak boleh menyia-nyiakannya begitu saja. Anda harus terus mengkonversi para visitor ini agar menjadi pelanggan online Anda. Hal ini sangat penting agar merekatidak berpaling ke para pesaing Anda. Lalu bagaimana caranya agar para visitor ini menjadi calon pelanggan prospek yang mau membeli produk dari website Anda, bukannya dari para pesaing?

Pelanggan online harus ditarik dengan website yang professional, ramah dan mudah untuk dinavigasikan. Anda harus menghindari membuat website yang membingungkan, yaitu yang semrawut, tidak jelas apa yang ditawarkan dan membuat orang bingung apa yang harus dinavigasikan. Hindari tipe website yang seperti ini jika tidak ingin kehilangan prospek pelanggan. Waktu merupakan hal utama yang tidak bisa dipisahkan dari bisnis online. Anda tidak bisa membiarkan para visitor Anda menghabiskan waktu yang lebih lama untuk sekedar membuka produk Anda di website karena terlalu banyak video dan gambar berukuran besar. Hindari yang seperti ini karena kemungkinan besar akan membuat visitor pergi dari website Anda, bahkan sebelum melihat produk Anda.

Anda bisa menempatkan “Frequently Asked Questions” di website Anda untuk memberikan penjelasan lebih lanjut tentang web Anda atau layanan produk yang Anda tawarkan. Untuk mengkonversi produk dan website Anda, pastikan bahwa website Anda mempunyai banyak manfaat. Tips dan informasi gratis yang Anda suguhkan setiap hari tentu akan memberikan nilai tambah bagi website Anda. tentu saja Anda harus menyuguhkan beragam informasi dan tips yang berhubungan dengan produk atau jasa Anda. Jika para visitor sudah menghargai tips yang Anda suguhkan dan merasa tertarik serta percaya dengan website Anda, maka mereka akan dengan senang hati menjadi pelanggan Anda.

Pelanggan online harus dipancing dengan website yang komunikatif, kreatif, gratis dan cepat. Karena website Anda adalah “toko” yang beroperasi selama 24/7. Anda harus memudahkan mereka untuk menghubungi Anda, bisa melalui email, sms atau nomor telepon. Dan Anda harus menanggapinya dengan cepat.

Selanjutnya Anda harus memastikan bahwa Anda mudah berhubungan dengan para pelanggan Anda. Ketika Anda sudah mempunyai beberapa pelanggan, pastikan Anda tetap menjalin komunikasi dengan mereka. Misalnya Anda mempunyai produk baru, Anda bisa memberitahukan produk tersebut ke beberapa pelanggan yang sesuai. Tetapi ingat, tidak semua pelanggan berminat dengan produk yang Anda tawarkan. Nah, di sinilah fungsi komunikasi. Sebelumnya, Anda harus mengerti apa keinginan dan kebutuhan masing-masing pelanggan agar Anda bisa menginformasikan produk yang tepat. Misalnya Anda membuka online shop baju bayi. Ada 10 pelanggan Anda yang mempunyai bayi usia 1 bulan dan 5 pelanggan yang mempunyai bayi usia 2 minggu. Ketika Anda mempunyai produk baru untuk bayi usia 1 bulan, Anda harus menginformasikannya pada 10 pelanggan tersebut. Segala bentuk perhatian dari Anda tentu akan membawa dampak yang luar biasa untuk kesuksesan usaha Anda. Selamat mencoba.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS