November 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Strategi Memilih Lokasi Bisnis yang Menguntungkan

By admin - Fri Jun 22, 8:52 pm

Lokasi bisnis yang menguntungkan juga mempengaruhi keuntungan bisnis Anda. Lokasi bisnis mempunyai peran yang sangat penting dalam menentukan jumlah penghasilan yang akan Anda dapatkan. Masalah lokasi merupakan masalah yang harus diselesaikan dengan ketelitian ekstra. Apabila Anda bisa menangani masalah permodalan dengan mengajukan kredit usaha, maka lain halnya dengan memilih lokasi. Karena Anda harus turun langsung dan melakukan survey kelayakan agar hasilnya juga sebanding dengan modal yang sudah dikeluarkan.

Memilih Lokasi BisnisLokasi bisnis tidak bisa ditentukan hanya mengandalkan perkiraan atau aji mumpung saja. Misalnya Anda mempunyai tanah di lingkungan perumahan kelas atas yang para penghuninya jarang ada di rumah karena sibuk. Dan Anda ingin membangun sebuah usaha warnet. Tentu saja ini tidak akan berhasil karena target market Anda tidak sampai ke tujuan. Begitupun sebaliknya, jika Anda mempunyai tanah di lingkungan sekolah yang ramai. Kemudian Anda ingin membangun sebuah warnet. Apakah akan berhasil? Tentu saja. Karena para siswa-siswi sekarang sudah harus mahir menggunakan internet. Jadi, di sini pengaruh lokasi sangat besar terhadap kesuksesan usaha Anda.

Lokasi bisnis juga merupakan salah satu modal utama yang membutuhkan banyak sekali dana. Merupakan suatu keuntungan jika Anda sudah mempunyai tanah atau rumah yang strategis untuk usaha. Tetapi jika tidak? Tentu saja Anda harus mencari lokasi yang cocok untuk usaha Anda. Jangan sampai Anda memilih lokasi yang bertentangan dengan target market Anda karena tergiur harga yang murah. Memang harga untuk lokasi di kawasan elit atau stategis biasanya lebih mahal, tetapi jika usaha Anda laris manis, maka modal untuk menyewa lokasi bisa ditutup dengan segera, bukan?

Berikut adalah beberapa strategi yang bisa Anda terapkan untuk memilih lokasi usaha yang paling tepat untuk Anda. Strategi pertama adalah dengan mencari tahu sejarah calon lokasi Anda tersebut. Strategi kedua adalah dengan memastikan bahwa lokasi pilihan Anda mudah terjangkau dan juga dekat dengan pasar atau target sasaran usaha Anda. Strategi ketiga adalah dengan memilih lokasi dengan pola lalu lintas yang akan memudahkan konsumen Anda. Strategi yang keempat adalah selalu pikirkan tentang parkir lokasi. Hal ini merupakan aspek yang kadang terlupa. Padahal banyak sekali calon konsumen yang tidak jadi berkunjung ke suatu tempat karena tempat parkirnya tidak mudah dan sempit.

Lokasi bisnis juga bisa dipilih dengan mempertimbangkan strategi keempat, yaitu dengan memperhatikan keamanan lokasi. Anda bisa mendapatkan kepastian hal ini dengan bertanya pada masyarakat sekitar dan sumber yang terpercaya, misalnya polisi. Strategi kelima adalah mencari tahu tentang keadaan toko-toko di sekitar lokasi. Serta tanyakan tentang iklim bisnis di area tersebut, apakah berprospek untuk usaha Anda atau tidak. Karena jika Anda memaksakan kehendak untuk menyewa sebuah lokasi yang atmosfer bisnisnya tidak berprospek, maka usaha Anda tidak akan berkembang dengan baik atau bahkan akan tergilas persaingan.

Strategi keenam adalah dengan mengecek kelengkapan kebutuhan, misalnya telepon, air, listrik dan lain sebagainya. Kelengkapan ini akan memudahkan operasional Anda nantinya. Strategi ketujuh adalah dengan memastikan bahwa lokasi usaha tersebut dekat dengan tempat untuk memperoleh pasokan usaha Anda. Jika ternyata lokasinya jauh, maka Anda harus memperhitungkan modal transport yang akan Anda habiskan. Strategi kedelapan adalah dengan memastikan bahwa di sekitar lokasi tersebut mudah dicari tenaga kerja. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mencari karyawan untuk usaha Anda. Semoga sukses dengan bisnis Anda.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS