December 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Strategi Memilih Lembaga Keuangan yang Tepat Untuk Kartu Kredit

By admin - Fri Jun 22, 8:42 pm

Lembaga keuangan yang tepat akan mempengaruhi kinerja kartu kredit Anda. Lembaga keuangan yang tepat sangat penting untuk menghindari kasus penipuan. Karena masyarakat yang cenderung konsumtif, banyak sekali lembaga keuangan atau bank yang kemudian menawarkan kartu kredit dengan beragam kemudahan dan penawaran. Di sisi lain, sang nasabah juga harus hati-hati dalam memilih. Jangan sampai menimbulkan polemic di akhir bulan ketika terjadi pelunasan tagihan.

Lembaga keuangan yang tepatUntuk memilih lembaga keuangan yang bagus, ada baiknya Anda mengikuti beberapa langkah berikut ini. Langkah pertama adalah dengan memilih bank yang bonafide. Bonafid artinya memenuhi standar kesehatan dari Bank Indonesia dan memberikan fasilitas yang memuaskan bagi para nasabahnya. Selain itu, bank yang bonafid juga akan memberikan tingkat bunag deposito yang kompetitif. Langkah kedua yaitu jangan mudah tergiur oleh tawaran undian berhadiah. Langkah ketiga yaitu jangan mudah tergiur pada bunga yang tinggi. Langkah keempat yaitu mengetahui peraturan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia tentang suku bunga. Yaitu bank Indonesia hanya membolehkan sebuah bank memberikan suku bunga deposito maksimal atau dibawah suku bunga penjaminan bank Indonesia.

Lembaga keuangan yang tepat untuk menerbitkan kartu kredit adalah lembaga yang terpercaya dan tidak pernah ada masalah dari nasabah. Karena sekarang banyak sekali bank baru yang muali bermunculan dan menawarkan kartu kredit dengan sangat mudah tetapi mencekik di akhir penagihan. Jangan sampai Anda juga menjadi salah satu korban. Perkembangan bank dan card holder di Indonesia bahkan menjadikan Indonesia sebagai anggota big five Negara yang masyarakatnya merupakan pengguna kartu kredit terbanyak. Sebelum memilih bank atau lembaga keuangan mana yang akan Anda percaya, sebaiknya Anda juga mengetahui tentang fungsi bank itu sendiri. Bank berfungsi sebagai:

  • Pencipta uang.
  • Mendukung kelancaran mekanisme pembayaran.
  • Penghimpun dana simpanan masyarakat.
  • Penyimpan barang-barang berharga.
  • Pemberian jasa-jasa lainnya.

Yang harus diperhatikan dalam sebuah bank adalah sebagai berikut:

  • Asal-usul bank tersebut jelas atau tidak.
  • Kualitasnya maksimal atau tidak.
  • Kualitas apa saja yang mampu diberikan untuk konsumennya.

Lembaga keuangan yang tepat akan mampu menjamin kepuasan konsumen. Mereka tidak akan menjerumuskan nasabahnya dengan berbagai macam tawaran yang menggiurkan tetapi justru menjerumuskan. Karena kartu kredit merupakan salah satu instrument pinjaman yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Kartu kredit sejatinya hanyalah pengganti uang tunai yang tidak bisa kita bawa kemana-mana. Anda akan mengetahui saat yang tepat untuk menggunakannya dengan baik dan benar. Kartu kredit juga bisa digunakan untuk penunda pembayaran dan tagihannya ditetapkan di akhir bulan. Tetapi jika Anda terlambat melakukan pembayaran atau hanya melakukan pembayaran senilai minimum payment, maka Anda akan dikenakan bunga.

Kartu kredit di dunia diterbitkan oleh beberapa lembaga keuangan internasional, diantaranya Visa Inc., MasterCard International, American Express Co, dan Diners Club International.  Di Indonesia, yang berhak menerbitkan kartu kredit adalah bank dan lembaga keuangan lainnya. Agar kartu kredit di negara kita dapat diterima di seluruh dunia, maka harus melakukan kerjasama dengan penerbit kartu internasional. Umumnya penerbit kartu kredit di Indonesia bekerja sama Visa dan MasterCard. Penerbit kartu kredit di Indonesia adalah bank dan lembaga keuangan yang mampu dan memenuhi persyaratan untuk menerbitkan kartu kredit. Hal ini diperlukan agar kartu kerdit tersebut dapat digunakan di seluruh dunia karena hanya jaringan internasional yang mampu melakukan hal itu.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS