December 12 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Strategi Memilih Jenis Usaha Dengan Mudah

By admin - Tue Jul 17, 5:21 pm

 

Memilih jenis usaha dengan mudah akan berpengaruh pada starting point yang nantinya juga akan berpengaruh pada keunggulan bisnis Anda. Memilih jenis usaha dengan mudah juga bisa dilakukan dengan beberapa tips berikut ini. Tips pertama adalah dengan menjadikan hobi sebagai peluang usaha. Sebagai makhluk social, Anda pasti mempunyai hobi. Nah, bedanya Anda sekarang yang akan memulai usaha dan Anda yang dulu masih kecil adalah dengan mengelola hobi tersebut. Tentu Anda harus membiasakan diri untuk tidak hanya sekedar iseng dengn hobi Anda. Anda harus mampu membuat hobi Anda menjadi sesuatu yang bernilai lebih. Ciptakan segmen pasar yang lebih focus dan jelas, yaitu orang-orang yang mempunyai hobi yang sama dengan Anda. Anda bisa memulainya dengan hal-hal ringan dan sedikit demi sedikit mengembangkannya menjadi usaha yang lebih maju dan berkembang.

Memilih jenis usaha dengan mudah

Pastikan Anda menjadi orang yang ahli di bidang tersebut kemudian ajak teman-teman atau target market Anda untuk menjadi konsumen Anda. Jika Anda bahagia dengan hobi Anda, maka Anda juga akan mampu mendapatkan perasaan senang atau tanpa beban ketika menjalankan bisnis ini. Jika Anda bersungguh-sungguh dengan bisnis yang berasal dari hobi Anda, maka tidak akan mustahil untuk menjadi sumber penghasilan.

Memilih jenis usaha dengan mudah juga bisa dilakukan dengan cara yang kedua, yaitu dengan memanfaatkan pengalaman profesi Anda. Karena apa yang dikatakan pepatah tentang “pengalaman adalah guru yang paling berharga” sangat tepat. Pengalaman Anda ketika menekuni suatu pekerjaan akan menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat ketika Anda mulai menjalankan bisnis sendiri. Jangan pernah menyesali apapun yang sudah Anda kerjakan di masa lalu karena semua pelajaran tersebut tidak akan percuma. Rentang waktu dan juga kemauan untuk menekuni suatu usaha tidak boleh Anda lupakan. Karena hal tersebut akan membuat Anda lebih ahli dan terampil di bidang yang Anda geluti tersebut.

Selain itu, ketika Anda masih bekerja di perusahaan terdahulu, Anda pasti mengenal beberapa perusahaan atau pengusaha lain yang sekarang bisa Anda jadikan referensi. Referensi pengusaha-pengusaha yang berkompeten akan sangat membantu Anda menjalankan usaha Anda yang baru. Walaupun tidak secara langsung bisa membangkitkan usaha Anda, tetapi secara perlahan akan menunjukkan hal yang positif.

Memilih jenis usaha dengan mudah juga bisa dilakukan dengan cara yang ketiga, yaitu memilih jalur yang lebih cepat, yaitu waralaba. Bisnis waralaba cocok untuk Anda yang tidak mau repot. Jika Anda sudah menikmati pekerjaan Anda saat ini tetapi masih ingin membuka sebuah usaha, bisnis waralaba bisa menjadi alternative yang sangat menguntungkan. Karena Anda tidak membutuhkan banyak waktu untuk mengurus usaha ini. Selain itu, bisnis waralab mempunyai tingkat resiko yang terbilang rendah. Hal ini akan membuat Anda sebagai pebisnis tidak akan menemui kerepotan untuk berpromosi karena merk dagangnya sudah dikenal oleh masyarakat luas. Tetapi Anda harus bisa melakukan strategi yang mumpuni agar Anda mampu mencapai target yang Anda inginkan. Perhatikan baik-baik pelatihan yang diberikan untuk Anda untuk mampu bersaing dengan pasar dan para pesaing Anda.

Tetapi teori dan prakteknya cenderung tidak sama. Karena pada kenyataannya, praktek tentu lebih susah untuk dilakukan. Anda harus mampu mempunyai strategi yang tidak kalah dengan pesaing lain yang mempunyai  merek waralaba sama dengan Anda. Semoga sukses.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS