November 14 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Strategi Membidik Peluang Usaha Saat Lebaran

By admin - Mon Jul 23, 4:40 pm

 

Strategi membidik peluang usaha saat Lebaran akan membuat Anda lebih efektif dalam menjalankan jenis bisnis mana yang Anda inginkan. Strategi membidik peluang usaha saat Lebaran akan sangat bermanfaat untuk mendapatkan profit yang lebih tinggi. Mungkin Anda sudah mengamati fenomena yang terjadi setiap menjelang Idul Fitri dimana mulai bermunculan pedagang dengan beragam produk yang ditawarkannya. Jika selama ini Anda hanya mengamati, maka sekarang saatnya Anda maju dan membuktikan bahwa Anda juga bisa meraup kesuksesan seperti mereka yang sudah lebih dahulu memburu bisnis musiman ini.

Strategi membidik peluang usaha saat Lebaran

Menjalankan sebuah usaha musiman di musim Lebaran memang menjanjikan untung besar karena selalu saja konsumen berdatangan, baik dari dalam kota maupun dari para pemudik yang tidak sengaja melewati daerah tersebut. Mulai dari usaha di bidang makanan, konveksi sampai usaha di bidang jasa selalu ramai diminati oleh para konsumen. Untuk menentukan jenis mana yang tepat di usaha musiman ini juga tidak terlalu sulit untuk ditebak dan kemudian dijalankan.

Strategi membidik peluang usaha saat Lebaran bisa dilakukan dengan menentukan peluang usaha yang Anda inginkan. Untuk menentukan peluang ini, Anda bisa mempelajari dan memahami tiga poin utama berikut ini. Poin pertama adalah dengan menentukan target pasar yang akan Anda bidik. Anda juga harus mengetahui bahwa setiap lapisan masyarakat mempunyai minat dan kebutuhan yang berbeda. Untuk itulah, Anda harus mampu menentukan target mana yang akan Anda bidik sebelum akhirnya memproduksi barang atau jasa untuk kemudian dilemparkan ke pasar. Misalnya jika Anda membidik konsumen menengah ke bawah, sebaiknya Anda membuat parcel Lebaran yang berisi tiga toples kering dengan harga terjangkau daripada membuat parcel dengan kualitas tinggi dan harganya lebih mahal.

Poin kedua adalah dengan mengikuti perkembangan minat pasar. Karena selera pasar berubah setiap tahunnya, sebaiknya Anda juga melakukan survey tentang gambaran produk atau jasa apa yang diminati pasar pada tahun ini. Misalnya model busana muslim. Jika tahun lalu banyak diminati baju muslim kaftan, maka tahun ini akan berbeda lagi modelnya. Hal ini juga berlaku pada jilbab dan mukena. Jadi, jangan tutup telinga dari trend yang sedang in di Indonesia, dan khususnya di daerah Anda. Trend yang sedang terjadi harus dilakukan untuk mendatangkan profit yang besar bagi usaha Anda.

Strategi membidik peluang usaha saat Lebaran juga harus dilakukan dengan mempraktikkan poin ketiga, yaitu dengan memenuhi kebutuhan konsumen. Selain Anda melihat trend dan keinginan masyarakat, Anda juga harus mengerti kebutuhan apa yang ada di masyarakat. Kebutuhan-kebutuhan ini dapat dilihat dari permasalahan-permasalahan yang timbul di masyarakat menjelang Lebaran. Karena jika Anda berhasil menemukan permasalahan yang sering membelit masyarakat dan kemudian menawarkan strategi efektif untuk mengelola permasalahan tersebut, maka masyarakat akan lari kepada Anda. Contoh sederhananya adalah dengan memenuhi kebutuhan masyarakat akan kendaraan mudik. Kemudian Anda bisa membuka jasa rental mobil atau menjadi EO “paket mudik bareng” agar masyarakat bisa mudik ke kampong halaman dengan tenang dan nyaman.

Selain contoh tersebut di atas, Anda juga bisa melakukan survey tentang apa saja yang dibutuhkan masyarakat sekitar Anda. Apakah itu parcel Lebaran, mukena, jilbab, dan lain sebagainya? Semua hal kecil yang Anda perhatikan akan menciptakan sesuatu yang sangat bernilai dan berharga nantinya. Karena di sini Anda dituntut untuk lebih jeli dalam memilih jenis kebutuhan dan keinginan masyarakat. Jadi, bersiaplah berburu pasar.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS