December 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Strategi Membangun Bisnis Sukses

By admin - Tue Jun 05, 5:10 pm

Membangun bisnis sukses merupakan harapan seluruh pebisnis. Membangun bisnis sukses harus sudah disiapkan bahkan sejak masih persiapan memulai bisnis Anda. Tetapi jangan khawatir, bagi Anda yang sudah mempunyai usaha dan belum tahu cara atau strategi untuk membangun bisnis Anda, Anda bisa mulai membangunnya sekarang. Idealnya, sebuah bisnis tidak bisa dinilai tahan lama atau berhasil sebelum usia 5 tahun. Tetapi untuk mempertahankan suatu bisnis agar tetap berjalan bahkan berkembang, diperlukan beberapa usaha yang memang tidak mudah. Berikut adalah beberapa strategi yang bisa Anda praktikkan.

Membangun bisnis sukses

Strategi pertama adalah siap mental. Resiko membuka usaha sebenarnya lebih besar daripada Anda menjadi karyawan suatu perusahaan. Salah resiko yang bisa Anda dapatkan adalah kehilangan modal yang sudah Anda investasikan, bisa sebagian bisa juga semuanya. Karena itu, Anda harus mempersiapkan mental yang kuat. Karena bisnis yang Anda miliki kemungkinan bisa mengalami sukses besar, dan kemungkinan juga mengalami gagal total. Walaupun begitu, keberhasilan tetap ada di tangan Anda.

Membangun bisnis sukses juga bisa dilakukan dengan tips yang kedua, yaitu selektif. Di luar sana ada beragam jenis usaha yang bisa Anda pilih dan jalankan. Anda harus memilih satu yang menurut Anda paling baik untuk Anda. Fokuskan pikiran dalam membuat keputusan. Anda bisa mencari peluang-peluang tersebut di sekitar Anda, misalnya di pasar, di supermarket, dan lain sebagainya. Dari situ nanti Anda bisa memutuskan apakah Anda akan mengikuti pasar atau Anda membuat pasar Anda sediri. Jika Anda memilih untuk mencari peluang, maka Anda harus tanggap dalam memperhatikan apa yang masyarakat atau pasar butuhkan. Misalnya jika di lingkungan di sekitar Anda banyak sekali Ibu-Ibu yang kesulitan membuat makanan sehat untuk bayinya karena sibuk. Nah Anda bisa membuat usaha catering makanan bayi yang sehat. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan, apalagi jika Anda sudah mempunyai pelanggan tetap.

Contoh lain adalah ketika di lingkungan Anda adalah lingkungan mahasiswa. Anda bisa membuka kafe kaki lima yang menyajikan beragam menu makanan berat dengan harga mahasiswa. Hal ini menimbang banyak sekali mahasiswa yang kos, sehingga untuk makan harus beli di luar. Anda bisa memilih untuk membuka usaha kafe ini pada malam hari saja atau sepanjang hari. Hal ini tentu tergantung pada menu makanan yang Anda sajikan. Karena pangsa pasarnya adalah mahasiswa, maka Anda harus berkreasi dengan interior kafe Anda. Sebaiknya pilih desain yang tidak mewah tetapi artistic, cocok untuk jiwa muda.

Membangun bisnis sukses juga bisa dilakukan dengan tips ketiga, yaitu perencanaan bisnis. Perencanaan ini sangat penting karena akan membantu Anda dalam menganalisis apakah usaha Anda maju atau mengalami kemunduran atau kerugian. Perencanaan ini sangat penting baik untuk bisnis kecil, menengah maupun besar. Jadi, dengan perencanaan yang baik, Anda tidak akan membuat bisnis Anda mengambang tidak jelas. Rencana bisnis ini juga akan bermanfaat untuk pengajuan kredit di bank.

Tips keempat adalah sering melakukan evaluasi. Evaluasi bermanfaat untuk memantapkan bisnis Anda. evaluasi yang teratur akan mempertahankan dan meningkatkan mutu usaha Anda. Tips kelima adalah mengembangkan bisnis secara terus-menerus. Hal ini sangat berkaitan dengan kreativitas Anda. Sehingga bisnis Anda akan menampilkan sesuatu yang beda setiap beberapa waktu sekali. hal ini tentu akan menarik lebih banyak pelanggan. Tips keenam adalah cerdik dalam menghadapi competitor. Pesaing atau competitor adalah hambatan untuk berhasilnya suatu usaha. Untuk itu Anda harus cerdik dalam mencari perbedaan produk Anda dengan produk mereka. Sehingga Anda mempunyai nilai lebih.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS