November 19 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Strategi Marketing yang salah

By admin - Thu Nov 08, 4:50 pm

Strategi marketing memang sangat penting untuk memenangkan pasar. Strategi marketing bahkan dalam proses penyusunannya diibaratkan sebagai sebuah peta harta karun. Jadi, jika Anda mampu menggambarkannya dengan tepat, maka Anda akan lebih cepat mendapatkan harta karun tersebut. Tetapi sebaliknya jika Anda salah menggambarnya, maka Anda akan tersesat di tengah jalan dan hanya akan menghabiskan banyak tenaga tetapi tidak mendapatkan harta karun yang Anda impikan.

Strategi marketingUntuk itulah ketika Anda menjalankan sebuah usaha, Anda selalu dituntut untuk lebih jeli dan juga teliti ketika menyusun strategi pemasaran. Nah jika strategi pemasaran yang sudah Anda susun tidak sesuai dengan kondisi pasar, maka akan lebih sulit untuk masuk ke dalam pasar dan menarik hati para calon konsumen. Tentunya hal ini bukan menjadi tujuan ataupun harapan anda bukan? Nah, agar strategi yang Anda tidak membawa anda pada kegagalan, maka Anda harus lebih bisa berhati-hati. Berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh para pelaku pasar ketika menyusun strategi marketing untuk usahanya. Dan kesalahan-kesalahan ini harus Anda hindari agar marketing yang Anda lakukan bisa berjalan secara maksimal.

Strategi marketing harus menghindari kesalahan yang pertama, yaitu terlalu percaya diri dan juga mengesampingkan strategi marketing yang sudah dibuat. Percaya diri memang bagus tetapi terlalu percaya diri justru akan membuat Anda gagal. Sikap terlalu percaya diri inilah yang seringkali dilakukan oleh para pelaku usaha. Mereka terlalu percaya diri dengan kualitas produknya. Jadi, pada akhirnya mereka hanya menunggu calon konsumen dating dengan sendirinya tanpa mempersiapkan strategi makering apapun. Hal ini tentu saja merupakan sebuah kesalahan besar. Karena konsumen tidak bisa dating dengan senirinya. Mereka harus bisa ditarik dengan strategi marketing yang tepat. Jadi, jangan anggap remeh marketing yang Anda lakukan.

Kedua, kurang melakukan eksplorasi karena sudah terlalu terbiasa dengan cara tradisional. Mereka cenderung lebih terpaku pada cara-cara sederhana dan tradisional yang membuatnya kurang melakukan eksplorasi. Kondisi inilah yang kemudian seorang pelaku usaha kurang bisa bersaing dengan para pelaku usaha yang lain. Jadi, untuk melakukan promosi dan marketing, sebaiknya Anda bisa mulai mencari strategi-strategi baru yang lebih ampuh untuk memenangkan pasar.

Strategi marketing juga harus menghilangkan kesalahan yang ketiga, yaitu strategi yang masih terpaku pada dominasi pasar. Belakangan ini memang bisa kita lihat semakin banyak teknologi dan informasi yang memudahkan para pelaku usaha untuk menjangkau pasar. Tetapi tahukah anda bahwa selama ini masih banyak pelaku usaha yang masih terpaku untuk membuat strategi marketing seperti yang dilakukan oleh para kompetitornya. Mereka hanya terpaku pada pasar yang ada di sekitarnya. Hal ini merupakan kesalahan besar yang harus dihindari. Karena anda harus bisa focus pada usaha dan marketing yang anda jalankan. Misalnya ketika sang pesaing melakukan strategi A, maka Anda juga melakukan strategi yang sama. Hal ini akan mengurangi keefektifan strategi yang Anda jalankan. Karena terlalu banyak strategi yang seragam di pasaran tidak akan mendatangkan penjualan yang memuaskan.

Setelah mengetahui kesalahan-kesalahan tersebut, sebaiknya Anda menghindarinya dan jika strategi marketing yang Anda lakukan sekarang terdapat kesalahan, segera perbaiki. Anda bisa memulai membuat perencanaan dan strategi yang lebih matang dan menghilangkan beberapa kesalahan tersebut agar hasilnya lebih maksimal. Semoga sukses!

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS