October 22 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Strategi Marketing untuk Usaha Sampingan

By admin - Thu Aug 30, 3:54 pm

 

Strategi marketing yang bagus tidak hanya bisa dilakukan untuk usaha besar saja. Karena strategi marketing juga sangat dibutuhkan untuk usaha sampingan yang baru mulai sekalipun. Karena memang menekuni dua peran yang berbeda tentu akan membawa permasalahan sendiri dan tidak mudah untuk dijalankan bagi sebagian besar masyarakat. Tantangan ini juga lah yang kemudian membuat para pemula yang ingin membuka usaha sampingan nyalinya menciut dan juga menyerah di tengah jalan. Karena setiap orang, baik mahasiswa, ibu rumah tangga, karyawan atau pelajar pasti juga mempunyai tuntutan untuk menjalankan rutinitasnya setiap hari, sehingga untuk mengembangkan usaha sampingan, benar-benar harus pintar membagi waktu, pikiran dan tenaga agar keduanya bisa berjalan seimbang.

usaha sampingan online

Nah, untuk memudahkan para pemula dalam menjalankan bisnis sampingan, berikut ini strategi yang bisa Anda praktikkan agar usaha sampingan menjadi maksimal dan tanpa mengganggu rutinitas harian Anda. Strategi pertama adalah dengan promosi ke orang-orang terdekat. Sebagai awal usaha sampingan Anda, sebaiknya Anda mempromosikan usaha tersebut kepada orang-orang yang ada di sekitar Anda. Misalnya Anda menawarkannya ke keluarga, tetangga, rekan kantor, dan teman-teman. Karena dengan strategi word of mouth ini usaha Anda akan mudah dikenal oleh banyak orang dan juga akan mendatangkan banyak keuntungan nantinya.

Strategi marketing yang kedua adalah dengan memanfaatkan social media untuk memperluas proses marketing. Dengan melihat perkembangan dunia online yang sekarang sudah sangat mendominasi kehidupan sehari-hari masyarakat dunia, tidak ada salahnya Anda juga ikut memanfaatkannya untuk mengembangkan usaha sampingan Anda. Karena dengan social media, jangkauan pasarnya tidak terbatas jarak dan waktu. Selain itu, akses internet di sekitar kita juga sudah sangat mudah. Hal ini tentu saja akan membuat Anda lebih mudah memasarkan usaha sampingan Anda di sela-sela padatnya jadwal dan rutinitas harian Anda.

Strategi ketiga adalah dengan menjalin kerjasama dengan para reseller. Jangan pernah remehkan manfaat reseller bagi usaha Anda. Karena walaupun Anda hanya mengambil keuntungan lebih sedikit daripada jika menjual secara langsung ke konsumen, tetapi kehadiran para reseller ini akan membuat usaha Anda tetap berjalan dan Anda juga bisa lebih menghemat tenaga, waktu dan pikiran. Reseller berfungsi sebagai sambungan tangan untuk memasarkan produk unggulan yang Anda miliki. Dalam hal ini, Anda bisa membuka peluang kerjasama dengan para reseller di berbagai daerah untuk kemudian mengoptimalkan penjualan produk Anda. Semakin banyak reseller yang Anda miliki, maka akan semakin besar pula tambahan penghasilan yang masuk ke kantong Anda.

Strategi marketing yang keempat adalah system konsinyasi (titip jual). Ketika Anda mencari reseller di berbagai macam daerah, Anda juga bisa menginbanginya dengan memberlakukan system konsinyasi atau titip jual (konsinyasi) ke beberapa pusat perbelanjaan, kantin, warung dan toko yang ada di sekitar rumah Anda. Dengan menjalankan system ini, kedua belah pihak sama-sama diuntungkan sehingga banyak toko yang bersedia menerima barang titipan dari Anda. Hal ini disebabkan mereka tidak menanggung resiko kerugian jika barang tersebut tidak laku dijual, serta mereka bisa mengembalikan barang tersebut jika tidak laku.

Strategi kelima adalah dengan mengisi waktu libur untuk membuka lapak di lokasi yang strategis. Strategi ini bisa dilakukan saat Anda sedang dalam waktu libur, misalnya weekend. Misalnya dengan membuka lapak di pasar kaget sekitar rumah Anda, berjualan di depan rumah Anda, mengikuti pameran UKM dan bazaar, dan lain sebagainya.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS