December 12 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Strategi Marketing Untuk Jamur

By admin - Wed Sep 26, 4:40 pm

 

Strategi marketing jamur memang sudah lama dikenal oleh masyarakat. Tetapi ada strategi marketing jamur yang lebih baru yang lebih cocok untuk diterapkan di jaman sekarang, dimana masyarakat sudah mulai disibukkan dengan berbagai produk lain. Tetapi perlu diketahui juga bahwa sampai sekarang, potensi pasar jamur masih terbuka lebar. Nah, ini berarti bagi Anda pengusaha jamur tidak perlu resah karena takut pamor jamur semakin meredup. Pamor jamur tetap ada dan hal ini akan lebih mempermudah para pelaku usaha jamur untuk memasarkan produk mereka kepada khalayak ramai. Karena selain memasarkan produk jamur dalam keadaan segar di pasar tradisional atau supermarket, Anda juga bisa memperluas jangkauan pasar dengan membangun usaha rumah makan atau restoran serba jamur.

Strategi marketing jamur

Nah, sekarang yang menjadi perhatian para pelaku usaha haruslah tentang cara memperluas pemasaran bisnis jamur dan juga memperkenal betapa nikmatnya olahan berbahan dasar jamur ke semua lapisan masyarakat. Sudah banyak pengusaha jamur yang merasa strategi ini efektif untuk mengambil hati para calon konsumen. Jadi, tidak salah jika banyak kedai jamur, rumah makan dan restoran serba jamur yang masih ramai diserbu oleh konsumen dan berbagai kalangan masyarakat.

Strategi marketing jamur dengan cara membuka rumah makan atau restoran menciptakan kesuksesan tersendiri untuk para pelaku usahanya. Seperti yang sudah dilakukan oleh pengusaha kuliner jamur, seperti Kebun Jamur, Jejamuran Resto, dan lain sebagainya. Usaha kuliner jamur tersebut memang sengaja dibangun oleh pemiliknya untuk meningkatkan pemasaran jamur yang mereka panen. Jadi, mereka mendapatkan double keuntungan, yaitu keuntungan dari budidaya jamur dan juga keuntungan dari bisnis kuliner jamur. Income yang didapat juga sangat mengejutkan dan menggiurkan. Sangat menguntungkan bukan?

Nah, untuk Anda yang tertarik menekuni bisnis budidaya jamur, tidak ada salahnya Anda juga meningkatkan kepuasan pelanggan dan meningkatkan income dengan membuka rumah makan atau restoran olahan jamur. Sehingga pemenuhan kebutuhan jamur di pasar juga tetap Anda supply dan Anda juga memenuhi kebutuhan masyarakat akan wisata kuliner khas jamur. Dengan begitu, Anda juga tidak akan bingung bagaimana menghabiskan stock jamur yang masih tersisa ketika masa panen tiba. Jangan lupa untuk memberikan nama yang komersil untuk kedua usaha Anda agar konsumen mengetahui bahwa Anda mempunyai dua bisnis yang berbeda. Hal ini akan menimbulkan ketertarikan dan rasa penasaran dari konsumen akan masing-masing bisnis yang Anda jalankan.

Strategi marketing jamur untuk meningkatkan kepuasan konsumen bisa dijalankan dengan beberapa tips berikut:

  • Ciptakan kepuasan pelanggan dengan menawarkan beraneka ragam produk kuliner serba jamur. Anda bisa mulai menciptakan menu-menu istimewa yang berbahan dasar jamur dengan nama-nama yang unik dan menarik. Misalnya nugget jamur, sate jamur, keripik jamur, burger jamur, yoghurt jamur, bakso jamur dan lain sebagainya. Jika Anda merasa tidak mampu untuk menciptakan menu-menu tersebut, Anda bisa mencari informasi resep di internet dan membayar juru masak untuk warung makan Anda.
  • Tawarkan pelayanan khusus yang bisa menarik perhatian dan minat konsumen. Karena selain menawarkan berbagai olahan jamur, Anda juga bisa membuka paket wisata agribisnis jamur untuk daya tarik tersendiri bagi usaha Anda. Awalnya, Anda bisa memulainya dengan mengajak pengunjung restoran atau rumah makan Anda untuk berwisata ke kebun jamur milik Anda. Jadi, selain mereka puas dengan makanan Anda, mereka juga akan puas dengan pengetahuan baru yang mereka dapat di kebun jamur milik Anda.
  • Berikan pelayanan khusus delivery order untuk konsumen di dalam kota. Strategi ini sangat tepat untuk membangun loyalitas konsumen.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS