December 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Strategi Marketing: Social Movement Environment

By admin - Wed Jun 27, 8:46 pm

Social movement environment saat ini sudah sangat berpengaruh pada perilaku konsumen. Itulah sebabnya social movement environment pun bisa dijadikan sebagai strategi marketing yang bagus. Hal ini disebabkan oleh berbagai macam isu lingkungan yang terus berkembang dan pada akhirnya mempengaruhi pola pikir masyarakat untuk menjaga lingkungan. Kesadaran masyarakat untuk menjaga kestabilan lingkungan ini dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan besar untuk meraup keuntungan. Beberapa aksi yang dilakukan oleh para perusahaan besar itu adalah dengan melakukan aksi atau gerakan dalam menanggulangi kerusakan lingkungan.

Social movement environmentTentu saja perusahaan-perusahaan tersebut melakukan aksi tersebut sebagai stratei jitu untuk menambah nilai perusahaan melalui peraihan pangsa pasar yang tinggi. Misalnya Anda mempunyai usaha di bidang industry manufaktur dan menyediakan kebutuhan pokok bagi masyarakat. Anda bisa mempromosikan produk Anda dengan melakukan aksi edukasi bagi masyarakat akan pentingnya lingkungan. Jadi, Anda bisa memberikan bukti kepada masyarakat terhadap lingkungan masyarakat sekitar. Dengan aksi tersebut, Anda bisa memberikan pendidikan mengenai bagaimana memulai hidup yang lebih baik dan ramah lingkungan dengan menggunakan produk yang tepat guna. Dan produk yang direkomendasikan tentu saja harus produk Anda sendiri.

Social movement environment sangat efektif karena pendekatan yang dilakukan langsung mengena di hati masyarakat. Karena sebelum merekomendasikan produk Anda, Anda sudah mendekati masyarakat dengan edukasi yang diarahkan kepada produk Anda. Tetapi untuk menghindari dampak buruk kedepannya untuk lingkungan sekitar, Anda harus memastikan bahwa produk perusahaan Anda memang benar-benar ramah lingkungan. Jangan sampai hanya karena mengejar profit yang tinggi, Anda lupa dengan misi ramah lingkungan yang Anda ciptakan. Jadi, edukasi yang Anda terapkan sebaiknya tidak hanya teori tetapi juga harus benar-benar nyata memberikan manfaat terhadap lingkungan.

Banyak yang mengatakan bahwa ini adalah salah satu strategi marketing unggulan untuk saat ini. Tetapi di era horizontal seperti ini, pengertian sudah meliputi beragam hal, bukan hanya menjual barang saja. Banyak sekali teori yang bisa Anda pelajari untuk lebih lanjut, tetapi sejatinya memang sudah jika hanya belajar teorinya saja. Artinya, di samping Anda mempelajari teori dengan matang, Anda juga harus memperhatikan perkembangan pasar dan praktik yang optimal. Sehingga Anda pun tahu teori atau strategi mana yang cocok diaplikasikan untuk jaman sekarang dengan kondisi pasar yang seperni ini, dan lain sebagainya.

Social movement environment menunjukkan suatu perubahan pada masyarakat yang juga memberikan manfaat positif bagi perusahaan, lingkungan dan juga kehidupannya. Dengan strategi marketing ini, maka perusahaan akan mampu memberikan feedback kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan agar tetap stabil dan mereka menjadi konsumen produk perusahaan Anda. Jadi, hubungan antara konsumen dan perusahaan adalah hubungan saling menguntungkan. Apapun produk di perusahaan Anda, cari tahu tentang gerakan-gerakan social yang mampu menjadikan perusahaan lebih cepat dan mengambil peluang untuk meraih pangsa pasar dan juga meningkatkan value perusahaan.

Era horizontal, dimana hubungan masyarakat sangat erat, membutuhkan strategi marketing yang mampu mempererat hubungan diantara masyarakat itu sendiri. Dan strategi marketing seperti ini sangat efektif. Tetapi yang harus Anda ingat adalah Anda tidak boleh menggunakan strategi marketing ini untuk menjatuhkan perusahaan lain. Karena jika Anda terang-terangan menjatuhkan perusahaan lain, maka akan terkesan Anda hanya profit oriented dan malah memberikan kesan buruk di masyarakat. Jadi, Anda harus waspada dalam mengembangkan strategi marketing dan jangan sampai membuat perusahaan Anda lemah dengan strategi yang tidak tepat.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS