November 14 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Strategi Marketing Online

Photo Gallery1 PhotoBy admin - Tue Apr 03, 4:09 pm

Strategi marketing online saat ini cukup banyak dilakukan orang untuk meningkatkan angka penjualan sebuah jasa atau produk usaha. Strategi marketing online dipercaya cukup ampuh dan lebih berefek hasilnya untuk saat ini dibandingkan dengan pemasaran di dunia nyata. Dunia online atau dunia internet merupakan ruang global yang memungkin kan siapa saja bisa masuk ke dalamnya, tanpa harus terhambat oleh batasan ruang dan waktu. Saat ini orang bisa mengakses internet kapan saja dan dimana saja.

Peluang inilah yang harus dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis, salah satunya adalah dengan cara melakukan pemasaran online yang intensif. Saat ini hampir semua perusahaan yang ada di dunia nyata juga menjelma di dunia maya, hal ini sebagai tuntutan perluasan ruang kehidupan manusia yang mulai mendominasi dunia maya. Pemasaran online merupakan bentuk pemasaran yang dilakukan di internet dunia maya dengan berbagai cara dan strategi yang bisa mendatangkan konsumen tanpa batasan tempat dan waktu. Ruang global akan memberi kesempatan yang lebih luas pada upaya pemasaran yang Anda lakukan. Bagaimana caranya agar pemasaran online yang Anda lakukan bisa berjalan dengan baik dan maksimal? Perlu dilakukan berbagai bentuk strategi yang hasilnya akan meningkatkan penjualan secara lebih drastis.

Strategi marketing online juga membutuhkan kreatifitas dan inovasi agar orang tidak jemu dengan gaya berjualan yang monoton, itu-itu saja. Untuk lebih jelasnya, berikut ini diberikan beberapa strategi pemasaran online yang bisa Anda jalankan. Pertama, perpaduan pemasaran online dan pemasaran dunia nyata. Jika Anda mulai tertarik untuk merambah ke pemasaran online, sebaiknya jangan Anda tinggalkan marketing di dunia nyata. Kombinasikan dan jalankan kedua-duanya sehingga hasil yang diperoleh akan lebih maksimal. Pasar dunia nyata juga memiliki prospek yang sangat baik, dengan cara menjalankan keduanya secara bersamaan, artinya ada dua peluang yang sudah Anda lakukan. Hasilnya, produk Anda pun akan semakin banyak dikenal orang.

Kedua, memperbanyak relasi jaringan di dunia maya. Sebelum yakin dengan pilihan pemasaran online, pastikan Anda memang memiliki jaringan yang cukup kuat di dunia maya. Misalnya Anda memiliki beberapa akun jejaring sosial yang memiliki jumlah teman yang sudah penuh, memiliki akses website yang mudah ditemukan oleh para pengguna internet dan sebagainya. Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas email untuk mempromisikan berbagai produk bisnis Anda. Namun Anda juga perlu memperhatikan etika dalam menjalankan pemasaran online, misalnya dengan tidak melakukan spaming.

Strategi marketing online yang ketiga, menjaga kredibelitas perusahaan di dunia maya. Dunia maya atau dunia online merupakan dunia yang rentan dengan kasus-kasus penipuan. Banyak orang malas dan tidak berminat membeli sebuah produk bisnis melalui internet dengan alasan takut dengan berbagai kasus penipuan. Inilah permasalahan utama dalam pemasaran online. Maka Anda perlu mengatasinya dengan menjaga kredibelitas perusahaan yang Anda miliki.

Caranya adalah dengan menunjukkan eksistensi dan identitas yang jujur dan transparan kepada pelanggan. Buktikan pelayanan yang terbaik dan sertakan identitas hukum yang membuktikan legalitas perusahaan yang Anda kelola.

Bila Anda memiliki sebuah usaha bisnis yang sudah cukup populer di dunia nyata, maka hal ini sebenarnya tak akan terlalu menjadi persoalan. Masalahnya adalah jika Anda hanya membangun usaha bisnis secara online tanpa dibarengi dengan pengembangan secara offline. Kepercayaan para pelanggan harus dijaga terhadap eksistensi, kualitas serta pelayanan yang dilakukan oleh perusahaan Anda.

Photo Gallery

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS