December 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Strategi dan Keunggulan Bersaing

By admin - Wed Jun 20, 4:44 pm

Strategi dan keunggulan bersaing penting dilakukan untuk mampu berkancah di dunia bisnis. Strategi dan keunggulan bersaing akan membuat usaha Anda lebih mampu dikenal masyarakat. Berikut adalah beberapa aspek yang bisa Anda gunakan agar dapat bersaing di dunia bisnis. Aspek pertama adalah persaingan merupakan inti keberhasilan dan kegagalan. Intinya adalah kegagalan atau keberhasilan tergantung pada keberanian Anda untuk bersaing. Karena jika tanpa keberanian untuk bersaing, usaha apapun tidak akan mampu berhasil diperoleh. Yang perlu diketahui adalah tujuan bersaing. Ketika bersaing, Anda harus mempunyai tujuan untuk mempertahankan tingkat keuntungan dan posisi yang langgeng ketika menghadapi persaingan.

Strategi dan keunggulan bersaing

Aspek kedua adalah keunggulan bersaing. Anda harus mampu mengembangkan nilai usaha Anda agar mampu meningkatkan keinginan dari para pembeli untuk membeli produk Anda. Keunggulan bersaing inilah yang akan menggambarkan cara perusahaan Anda untuk memilih dan mengimplementasikan strategi generic (biaya rendah, deferensiasi dan fokus) untuk mampu mencapai dan mempertahankan keunggulan bersaing. Artinya, dalam bersaing, Anda bisa menerapkan strategi generic dalam setiap kegiatan praktis.

Strategi dan keunggulan bersaing juga berbeda berdasarkan dengan jenis dasar keunggulan bersaing, yaitu perusahaan rendah (low cost) dan juga diferensiasi. Perusahan yang berngkat dari strategi biaya rendah (low cost) cenderung mempunyai kemampuan dalam mendesain produk dan pasar yang lebih efisien daripada para pesaing. Sedangkan perusahaan yang berangkat dari diferensiasi (diferentiation) cenderung mempunyai kemampuan untuk menghasilkan barang dan jasa yang unik dan mempunyai nilai lebih (superior value) bagi para pembeli dalam bentuk kualitas produk, sifat-sifat khusus dan juga pelayanan lainnya. Jadi, termasuk jenis yang manakah bisnis Anda?

Jadi, setelah membedakan jenis perusahaan, Anda juga bisa mempelajari strategi yang tepat berdasarkan jenis perusahaan Anda. yang pertama adalah low cost strategy. Strategi ini mengandalkan keunggulan biaya yang relative rendah dalam menghasilkan barang dan jasa. Keunggulan ini berasal dari:

·         Teknologi milik sendiri.

·         Pengerjaan berskala ekonomis.

·         Kemudahan akses untuk mendapatkan bahan baku.

Strategi dan keunggulan bersaing yang kedua adalah differensiasi. Keunggulan strategi ini berasal dari kemampuan perusahaan untuk menghasilkan barang dan jasa yang unik dalam industrinya dan didalam semua dimensi secara umum dihargai pembeli. Ada beberapa bentuk yang bisa dilakukan untk strategy diferensiasi ini, diantaranya adalah:

·         Diferensiasi produk.

·         Diferensiasi system penyerahan atau penyampaian produk.

·         Diferensiasi dalam pendekatan pemasaran.

·         Diferensiasi dalam peralatan dan konstruksi.

·         Diferensiasi dalam citra produk.

Strategi-strategi tersebut sangat berguna untuk keluar dari situasi yang terpuruk maupun untuk menghindari situasi terendah dalam bisnis. Sebuah bisnis dikatakan sedang dalam return yang “supernormal”. Penerimaan “supernormal” ini akan menjadi sangat relative, tergantung pada harapan pemilik, ekonomi secara keseluruhan dan juga industry yang bersangkutan.

Jika suatu usaha sudah tidak mau dan tidak mampu untuk bersaing, maka usaha tersebut sudah bisa dipastikan akan mengalami kegagalan. Misalnya sebuah usaha warung makan penyet yang sangat banyak ditemui di lingkungan kampus. Dalam beberapa meter berjejer beberapa warung dengan jenis yang sama, yaitu penyet yang menyediakan ayam, bebek, lele, temped an tahu dan telur penyet. Jika salah satu dari beberapa warung ini tidak mampu bersaing, baik dari segi harga (low cost) maupun diferensiasi, maka kemungkinan besar akan gulung tikar. Jadi, persiapkan usaha Anda sematang mungkin dan pilih strategi mana yang akan Anda ambil.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS