December 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Strategi Aman Bermain Saham

By admin - Fri Jun 22, 8:50 pm

Aman bermain saham tentu saja menjadi harapan tersendiri bagi para investor. Aman bermain saham membutuhkan beberapa trik dan strategi untuk menghindari resiko atau meminimalkan resiko. Karena seperti yang sudah diketahui public bahwa bermain saham sudah pasti bermain dengan resiko yang sangat tinggi, walaupun memang menjanjikan return yang paling tinggi pula jika dibandingkan dengan instrument investasi lainnya. Bermain saham sama dengan berbisnis, yakni pasti menyimpan kemungkinan untuk rugi atau untung.

Strategi Aman Bermain SahamBagi Anda yang masih pemain pemula, Anda bisa mempelajari permainan saham melalui analisa teknikal dan analisa fundamental. Berikut adalah beberapa strategi yang bisa Anda ikuti agar terhindar dari kerugian. Strategi pertama adalah dengan melihat secara cermat karakteristik, latar belakang dan nilai-nilai perusahaan. Cara ini biasa dikenal sebagai analisa fundamental. Di dalam analisis jenis ini, dasar pemikiran yang digunakan untuk memperkirakan harga (intrinsic value) adalah factor-faktor fundamental. Contoh factor fundamental adalah laporan keuangan dan informasi terhadap perkembangan ekonomi makro, perkembangan social, politik, cuaca dan lain sebagainya. Analisa ini dilakukan paling tidak selama dua tahun terakhir.

Aman bermain saham bisa dilakukan dengan strategi yang kedua, yaitu jangan mudah percaya dnegan data-data keuangan yang belum disahkan atau belum diaudit oleh Bapepam. Indonesia merupakan salah satu pasar yang banyak terdapat data yang unreliable. Jadi, jangan mudah percaya. Strategi ketiga adalah mencoba untuk memulai dengan mengoleksi saham-saham blue chip. Pilihlah saham blue chip yang harganya anjlok karena sentiment right issue. Biasanya harganya akan segera terkoreksi dan kembali naik dalam waktu yang tidak terlalu lama. Untuk return yang dihasilkan oleh saham blue chip biasanya average tetapi layak untuk dipertahankan dalam jangka panjang.

Strategi keempat adalah dengan melakukan aksi yang sama yang biasanya dilakukan oleh para Bandar. Untuk saham gorengan, sebaiknya Anda memainkannya sedikit saja karena saham gorengan biasanya tidak banyak beredar. Yang akhirnya harganya bisa dengan mudah dipermainkan dan dikatrol. Strategi kelima adalah dengan melakukan analisa teknikal. Analisa teknikal digunakan untuk analisa semua saham. Karena analisa teknikal ini digunakan untuk mengetahui pola pergerakan harga saham di pasar dari formasi grafik yang terbetuk oleh pergerakan harga yang sudah terjadi. Selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah bahwa analisa teknikal ini juga terdapat dua jenis, yaitu analisa teknikal modern dan analisa teknikal klasik.

Aman bermain saham juga harus menerapkan stratep kelima, yaitu disiplin. Sifat disiplin ini sangat penting untuk bisa memenangkan return yang tinggi. Jadi, Anda harus mampu menetapkan batas atas dan batas bawah. Misalnya, Anda menetapkan angka 33% di atas dan di bawah dengan angka 5%. Anda khawatir jika tidak menggunakan cut loss? Sejatinya, Anda tidak perlu khawatir jika tidak menggunakan cut loss, tetapi ada syaratnya. Yaitu harga saham sudah tergolong tinggi, Anda menggunakan margin dan ketika Anda masuk maka harga atau tren sedang berbalik arah. Strategi keenam adalah belajar fundamental ekonomi global dan emiten tertentu. Mempelajari kedua hal ini merupakan suatu keharusan agar Anda tidak salah langkah.

Kalaupun Anda menggunakan jasa broker atau yang biasa disebut dengan financial consultant, tetapi Anda tetap harus mengetahui cara atau srategi untuk bermain saham. Hal ini akan membuat Anda lebih yakin akan hasil yang akan Anda raih. Dan jika Anda seorang pemain pemula, maka hal ini akan menjadi ajang pembelajaran untuk kedepannya.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS